Fungsi Tombol Fn Pada Laptop

Pada laptop atau komputer kita, terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi khusus. Salah satu tombol yang cukup terkenal adalah tombol Fn. Tombol ini biasanya berada di sudut kiri bawah pada keyboard laptop. Namun, perlu diingat bahwa fungsi tombol Fn pada setiap merk laptop bisa berbeda-beda, dan kita perlu memahami fungsi dari tombol ini agar dapat memaksimalkan penggunaan laptop kita.

Berikut adalah beberapa fungsi tombol Fn pada beberapa merk laptop yang perlu kita pahami:

Fungsi Tombol Fn pada Laptop Asus

Image of Laptop Asus

Apa itu tombol Fn pada laptop Asus?

Tombol Fn pada laptop Asus adalah tombol yang dapat digunakan untuk mengaktifkan fungsi alternatif pada berbagai tombol pada keyboard laptop. Fungsi alternatif ini berbeda-beda tergantung pada tombol yang dikombinasikan dengan tombol Fn.

Kelebihan Fungsi Tombol Fn pada Laptop Asus

Dengan adanya fungsi tombol Fn pada laptop Asus, kita dapat lebih mudah dalam mengakses berbagai fungsi alternatif pada keyboard laptop. Kita tidak perlu lagi mencari tombol alternatif pada keyboard, sehingga dapat memaksimalkan produktivitas kita saat menggunakan laptop.

Kekurangan Fungsi Tombol Fn pada Laptop Asus

Biasanya, kombinasi tombol Fn pada laptop Asus cukup sulit untuk diingat. Selain itu, terkadang tombol Fn ini tidak mempunyai penanda khusus pada keyboard, sehingga kita perlu memperhatikan posisinya agar tidak salah dalam mengaktifkan fungsi alternatif pada keyboard.

Cara Menggunakan Fungsi Tombol Fn pada Laptop Asus

Untuk menggunakan fungsi tombol Fn pada laptop Asus, kita hanya perlu menekan tombol Fn yang terdapat di bagian kiri bawah keyboard laptop, lalu menekan tombol alternatif yang sesuai dengan fungsi yang kita inginkan. Misalnya, apabila kita ingin mengaktifkan fungsi volume pada laptop Asus, kita dapat menekan tombol Fn + tombol F10.

Spesifikasi Laptop Asus dengan Fungsi Tombol Fn

Beberapa laptop Asus yang memiliki tombol Fn di antaranya adalah Asus ROG Strix Scar III, Asus ZenBook Pro 14 UX480FD, dan Asus VivoBook S510UQ. Tekan-tahan tombol Fn pada laptop Asus selama kurang lebih 2 detik, maka akan muncul tampilan mengenai fungsi tombol Fn pada layar laptop.

Harga Laptop Asus dengan Fungsi Tombol Fn

Harga laptop Asus dengan fungsi tombol Fn bervariasi tergantung pada spesifikasi dan model dari laptop tersebut. Beberapa laptop Asus dengan tombol Fn yang sudah disebutkan di atas mempunyai harga mulai dari Rp 15 jutaan.

Fungsi Tombol Fn pada Laptop Lenovo

Image of Laptop Lenovo

Apa itu tombol Fn pada laptop Lenovo?

Tombol Fn pada laptop Lenovo hampir sama dengan fungsi pada Laptop Asus, yaitu mengaktifkan fungsi alternatif pada tombol-tombol pada keyboard laptop. Perbedaannya hanya terletak pada kombinasi tombol yang perlu ditekan untuk mengakses fungsi alternatif pada keyboard.

Kelebihan Fungsi Tombol Fn pada Laptop Lenovo

Dengan adanya tombol Fn pada laptop Lenovo, kita juga dapat lebih mudah mengakses berbagai fungsi alternatif pada keyboard laptop. Selain itu, tombol Fn pada laptop Lenovo juga sudah dilengkapi dengan tanda khusus pada keyboard, sehingga memudahkan kita dalam mengakses fungsi alternatif.

Kekurangan Fungsi Tombol Fn pada Laptop Lenovo

Salah satu kelemahan dari tombol Fn pada laptop Lenovo adalah kombinasi tombolnya cukup banyak dan rumit. Kita perlu memperhatikan kombinasi tombol yang tepat agar tidak salah dalam mengakses fungsi alternatif pada keyboard.

Cara Menggunakan Fungsi Tombol Fn pada Laptop Lenovo

Untuk menggunakan fungsi tombol Fn pada laptop Lenovo, kita hanya perlu menekan tombol Fn yang terdapat di bagian kiri bawah keyboard laptop, lalu menekan tombol alternatif yang sesuai dengan fungsi yang kita inginkan. Misalnya, apabila kita ingin mengaktifkan fungsi volume pada laptop Lenovo, kita dapat menekan tombol Fn + tombol F1.

Spesifikasi Laptop Lenovo dengan Fungsi Tombol Fn

Beberapa laptop Lenovo yang memiliki tombol Fn antara lain adalah Lenovo Ideapad S145, Lenovo Yoga C940, dan Lenovo Legion Y540. Pada keyboard laptop Lenovo, tombol Fn sudah diberi tanda khusus pada tombol-tombol alternatif pada keyboard.

Harga Laptop Lenovo dengan Fungsi Tombol Fn

Harga laptop Lenovo dengan fungsi tombol Fn bervariasi tergantung pada spesifikasi dan model laptop yang dibeli. Beberapa laptop Lenovo dengan tombol Fn yang sudah disebutkan di atas mempunyai harga mulai dari Rp 9 jutaan.

Kesimpulannya, fungsi tombol Fn ini sangat penting dalam penggunaan laptop. Kita perlu memahami fungsi dari tombol Fn pada setiap merk laptop agar dapat menggunakan laptop secara optimal. Dengan begitu, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai fungsi alternatif pada keyboard laptop sesuai dengan kebutuhan kita. Terlebih lagi, dengan hadirnya tombol Fn pada keyboard laptop, kita dapat memaksimalkan produktivitas kita saat menggunakan laptop.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Fungsi Tombol Fn Pada Laptop yang dipublish pada 26 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait