Kata Kata Email Lamaran Kerja

Apa Itu Lamaran Kerja dan Cara Mengirimnya Melalui Email?

Pendahuluan

Lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus disiapkan oleh setiap individu yang ingin melamar pekerjaan. Dokumen ini berisi informasi mengenai data pribadi, keahlian, pengalaman kerja, dan motivasi yang menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi yang dilamar.

Dalam era digital seperti sekarang ini, pengiriman lamaran kerja melalui email telah menjadi trend. Metode ini dikatakan lebih efisien, praktis, dan cepat daripada menggunakan pos konvensional. Namun, agar lamaran kerja dapat diterima dengan baik oleh pihak perusahaan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam cara mengirim lamaran kerja melalui email. Artikel ini akan menjelaskan secara detail bagaimana cara yang baik dan benar dalam mengirimkan lamaran kerja melalui email.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email yang Baik dan Benar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengirim lamaran kerja melalui email memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode konvensional. Anda dapat menghemat waktu, biaya kirim surat fisik, dan mempercepat proses pengiriman dokumen tersebut. Namun, agar lamaran kerja Anda dapat diterima dengan baik oleh pihak perusahaan, perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Pilih Subject Email yang Menarik

Subject email yang Anda pilih adalah hal pertama yang akan dilihat oleh penerima email. Pastikan subject email tersebut menarik perhatian dan menggambarkan secara singkat isi dari lamaran kerja yang Anda kirim. Hindari penggunaan subject email yang terlalu umum atau ambigu, seperti “Lamaran Kerja” atau “Pengajuan Lamaran”. Optimalnya, gunakan subject email yang mencerminkan posisi yang Anda lamar, misalnya “Lamaran Kerja: Digital Marketing Specialist – [Nama Anda]”.

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Via Wa

Gambar 1: Cara Menanyakan Lowongan Kerja Via Wa

Jaga Kesan Profesional dalam Penggunaan Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam lamaran kerja harus memperlihatkan bahwa Anda adalah seorang yang serius dan profesional. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai, seperti kata-kata slang, singkatan, atau kalimat yang ambigu. Pastikan menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar. Periksa kembali tulisan Anda sebelum mengirimkan lamaran kerja melalui email.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email yang Baik dan Benar

Gambar 2: Cara Mengirim Lamaran Lewat Email yang Baik dan Benar

Perhatikan Format dan Penyusunan Lamaran Kerja

Susun lamaran kerja Anda dengan rapi dan terstruktur. Gunakan format yang sesuai dan jelas, misalnya gunakan font Times New Roman atau Arial dengan ukuran 11 atau 12 dalam tata letak yang rapi. Selain itu, pastikan dokumen yang Anda kirim dalam format PDF atau dokumen yang dapat dibuka oleh semua jenis perangkat.

Berikut adalah susunan utama dalam penyusunan lamaran kerja melalui email:

  1. Data pribadi: cantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang aktif.
  2. Tujuan: jelaskan secara singkat tujuan Anda melamar pekerjaan tersebut.
  3. Pengalaman kerja: uraikan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar, termasuk nama perusahaan, jabatan, dan tanggung jawab yang pernah Anda emban.
  4. Pendidikan: cantumkan riwayat pendidikan yang lengkap, termasuk nama institusi, jurusan, dan tahun lulus.
  5. Keahlian: sebutkan keahlian atau kompetensi yang dimiliki yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  6. Motivasi: jelaskan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana kontribusi Anda akan berguna bagi perusahaan.
  7. Penutup: akhiri lamaran kerja dengan kalimat penutup yang sopan, misalnya “Demikian lamaran kerja ini saya sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya siap untuk menghadiri tahap seleksi lebih lanjut. Hormat saya, [Nama Anda]”.

Definisi Lamaran Kerja

Lamaran kerja adalah surat formal yang berisi permohonan seorang individu untuk diterima bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Surat ini umumnya disampaikan oleh calon pekerja yang ingin melamar posisi tertentu yang sedang dibuka oleh perusahaan tersebut.

5 Tips Singkat Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Gambar 3: 5 Tips Singkat Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Proses Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Proses pengiriman lamaran kerja melalui email dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  1. Selidiki dan temukan alamat email yang benar untuk mengirimkan lamaran kerja. Biasanya, alamat email akan disebutkan dalam iklan lowongan kerja atau di website perusahaan tersebut.
  2. Buat email baru dengan subject yang menarik. Gunakan format email yang jelas, misalnya “Nama Anda – Lamaran Pekerjaan – Nama Posisi”.
  3. Pastikan lampiran berisi lamaran kerja dan dokumen pendukung lainnya (CV, sertifikat, atau portfolio) yang telah diubah menjadi format PDF atau yang dapat dibuka oleh semua jenis perangkat.
  4. Jelaskan secara singkat tujuan Anda melamar posisi tersebut dalam isi email.
  5. Sertakan salam pembuka dan penutup yang sopan, serta tanda tangan digital jika diperlukan.
  6. Periksa kembali email yang akan dikirim untuk memastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau format yang salah.
  7. Kirim email dan tunggu konfirmasi bahwa email Anda sudah diterima dan sedang diproses oleh pihak perusahaan.

Hasil yang Diharapkan Setelah Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Setelah Anda mengirimkan lamaran kerja melalui email, ada beberapa hasil yang dapat Anda harapkan, antara lain:

  1. Konfirmasi penerimaan lamaran: perusahaan akan mengirimkan email balasan untuk mengkonfirmasi bahwa lamaran kerja Anda telah diterima.
  2. Undangan untuk tahap seleksi: jika lamaran kerja Anda lolos seleksi awal, Anda dapat menerima undangan untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, seperti tes tertulis, wawancara, atau pengujian kemampuan.
  3. Tidak lolos seleksi: jika lamaran kerja Anda tidak memenuhi kriteria atau berkompetisi dengan kandidat yang lebih baik, Anda mungkin tidak menerima kabar balasan dari perusahaan tersebut.

Contoh Lamaran Kerja Melalui Email

Berikut ini adalah contoh lamaran kerja melalui email yang baik dan benar:

Subject: Lamaran Kerja: Digital Marketing Specialist – John Doe

Kepada Yth.,
HRD PT Contoh Perusahaan
Jl. Contoh Alamat No. XX
Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama lengkap: John Doe
  2. Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 1 Januari 1990
  3. Alamat: Jl. Contoh Alamat No. XX, Jakarta
  4. Nomor telepon: 08123456789
  5. Email: john.doe@gmail.com

Dalam kesempatan ini, saya ingin melamar posisi Digital Marketing Specialist di PT Contoh Perusahaan. Berikut adalah data pendukung mengenai kualifikasi dan pengalaman kerja saya:

Pengalaman Kerja:

  • Marketing Executive di PT ABC, Jakarta (2018-2020)
    Tanggung jawab:

    • Mengelola kampanye pemasaran digital
    • Melakukan analisis pasar dan persaingan
    • Membuat laporan hasil kampanye
  • Digital Marketing Specialist di PT XYZ, Jakarta (2020-sekarang)
    Tanggung jawab:

    • Merancang dan melaksanakan strategi pemasaran digital
    • Mengelola media sosial perusahaan
    • Meningkatkan visibilitas online perusahaan

Pendidikan Terakhir:

  • Sarjana Manajemen Pemasaran, Universitas ABC, Jakarta (2018)

Keahlian:

  1. Menguasai strategi pemasaran digital
  2. Mampu menggunakan Google Ads dan Facebook Ads
  3. Menguasai analisis data dan penggunaan Google Analytics

Berdasarkan pengalaman dan keahlian yang saya miliki, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi PT Contoh Perusahaan. Saya memiliki motivasi tinggi untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang pemasaran digital.

Demikian lamaran kerja ini saya sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya siap untuk menghadiri tahap seleksi lebih lanjut. Hormat saya,

John Doe

Kesimpulan

Dalam melakukan pengiriman lamaran kerja melalui email, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting agar lamaran kerja dapat diterima dengan baik oleh pihak perusahaan. Pilih subject email yang menarik, jaga kesan profesional dalam penggunaan bahasa, dan perhatikan format dan penyusunan lamaran kerja. Ikuti proses pengiriman lamaran kerja melalui email dengan benar, dan harapkan hasil seperti konfirmasi penerimaan lamaran atau undangan untuk tahap seleksi.

Dengan mengikuti panduan dan contoh yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengirim lamaran kerja melalui email dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Sukses dalam mencari dan melamar pekerjaan yang diinginkan!

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/