Objek Wisata Di Medan

Untuk kamu yang ingin menjelajahi keindahan kota Medan, salah satu objek wisata yang patut kamu kunjungi adalah Istana Maimun. Istana Maimun terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Medan Maimun dan didefinisikan sebagai sebuah tempat yang mempesona dengan berbagai kisah dan cerita masa lalu.

Istana Maimun, Sejarah dan Keunikan

Istana Maimun memiliki sejarah yang kaya dan penuh dengan romantisme. Istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alamsyah sebagai simbol kekuasaannya dan sebagai kediaman keluarga kerajaan. Istana Maimun adalah warisan dari kota Medan, dan dibangun di sebuah tanah seluas 2.772 meter persegi.

Setiap sudut dan ruangan dari Istana Maimun memiliki keunikan dan cerita tersendiri. Mulai dari arsitektur bangunan yang khas hingga ukiran-ukiran dinding yang tertata rapi, menjadikan Istana Maimun sebagai tempat wisata yang unik dan menarik untuk dijelajahi.

Apa Itu Istana Maimun?

Istana Maimun adalah bangunan bersejarah yang menjadi simbol kebesaran Kerajaan Deli. Istana ini terletak di Medan Maimun, Sumatera Utara, Indonesia. Istana ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya sejarah kebudayaan yang tercipta pada masa lalu.

Rute Menuju Istana Maimun

Menuju Istana Maimun cukup mudah, kamu bisa menuju ke Jalan Brigadir Jenderal Katamso di Medan Maimun menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota ataupun kendaraan pribadi. Jika kamu menggunakan angkutan kota, maka kamu bisa menaiki angkutan nomor 11, 29 atau 25 dan turun di Terminal Amplas, Medan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota nomor 10 atau 11 yang akan membawamu tepat di lokasi Istana Maimun.

Kelebihan dari Istana Maimun

Salah satu kelebihan dari Istana Maimun adalah arsitektur bangunan dan interior yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, bangunan ini juga mampu menghadirkan atmosfir yang berbeda saat kamu melangkah memasuki ruang Istana Maimun. Kamu juga bisa mengetahui sejarah mengenai keturunan kerajaan Deli dan kebiasaan-kebiasaan yang mereka jalani saat masih berkuasa di Istana Maimun ini.

Kekurangan dari Istana Maimun

Meskipun bangunan dan interior Istana Maimun terjaga dengan baik, namun masih ada beberapa sudut yang belum dibereskan dengan baik. Selain itu, Istana Maimun juga cukup padat saat hari libur sehingga membuat pengunjung harus mengantri untuk memasuki gedung utama. Namun, jangan khawatir, karena antrean tidak memakan waktu yang lama dan kamu tetap bisa menikmati pengalaman yang menyenangkan di Istana Maimun.

Harga dan Biaya Masuk

Untuk urusan harga masuk, Istana Maimun cukup terjangkau. Untuk harga tiket standar hanya sebesar Rp12.500,-saja. Namun, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Istana Maimun, kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang disediakan dengan harga Rp20.000,- per orang.

Cara Berkunjung ke Istana Maimun

Jika kamu ingin mengunjungi Istana Maimun, disarankan untuk datang pada hari kerja, Sabtu atau Minggu. Karena pada hari tersebut jumlah pengunjung dikatakan sedikit jika dibandingkan pada hari libur nasional. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jam operasi Istana Maimun yang hanya dibuka antara pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Istana Maimun

Catatan Penutup

Itulah informasi mengenai Istana Maimun, tempat yang patut kamu kunjungi saat berada di kota Medan. Selain sebagai objek wisata, Istana Maimun juga menjadi tempat bersejarah sehingga kamu bisa mengeksplorasi dan menambah pengetahuanmu terhadap sejarah Indonesia khususnya sejarah Sumatera Utara.
Selamat menjelajah!

Wisata di Medan

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Objek Wisata Di Medan yang dipublish pada 26 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait