Origami Payung Untuk Tk

Tidak hanya sebagai hobi, membuat origami juga bisa menjadi kegiatan yang mengasah kreativitas dan kecermatan kita dalam melipat kertas. Salah satu bentuk origami yang bisa dibuat adalah payung, yang memiliki bentuk sangat menarik dan unik. Melalui artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang apa itu origami payung, mengapa harus membuatnya, cara membuatnya, serta contoh hasilnya.

Apa Itu Origami Payung?

Origami payung merupakan salah satu bentuk origami yang menghasilkan karya 3 dimensi dengan bentuk yang menyerupai payung. Dalam istilah bahasa Jepang, origami berasal dari kata ‘ori’ yang artinya melipat dan ‘kami’ yang artinya kertas. Sehingga, origami secara harfiah dapat diartikan sebagai seni melipat kertas. Dalam hal ini, origami payung merupakan salah satu contoh origami yang cukup populer dan menarik.

Mengapa Membuat Origami Payung?

Banyak alasan mengapa kita harus membuat origami payung. Pertama, membuat origami payung dapat menjadi hobi yang mengasah kreativitas dan kecermatan kita dalam melipat kertas. Kedua, hasil karya origami payung dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan atau sebagai hadiah bagi teman atau kerabat. Selain itu, memperlihatkan hasil karya origami payung yang kita buat juga dapat menjadi sumber prestasi dan kebanggaan tersendiri.

Cara Membuat Origami Payung

Berikut langkah-langkah cara membuat origami payung:

  1. Persiapkan kertas persegi dengan ukuran 20 x 20 cm dan gunting. Gunting kertas menjadi bentuk bulat agar nantinya bentuk payung terlihat lebih cantik.
  2. Lipat kertas menjadi segitiga menggunakan teknik lipat gunung (mountain fold).
  3. Lipat lagi kertas menjadi bentuk segitiga yang lebih kecil, lalu tekan kuat pada bagian sampingnya.
  4. Balik kertas ke sisi yang lain dan lipat kedua sudut ke dalam menggunakan teknik lipat lembah (valley fold).
  5. Lipat kertas jadi kedalam menggunakan teknik lipat gunung (mountain fold). Kemudian, tekuk kertas hingga membentuk sebuah segitiga.
  6. Tekuk kedua alas kertas di atas ke dalam menggunakan teknik lipat pegunungan (mountain fold). Tekuk kembali sudut atas ke belakang, lalu tekuk kedua sudut sisi ke dalam menggunakan teknik lipat lembah (valley fold).
  7. Setelah itu, buat kendali untuk membuka payung dengan mengambil ujung kertas yang menonjol dan melipatnya ke dalam dengan teknik lipat gunung (mountain fold).
  8. Lipat kedua sudut kebagian dalam dan juga kedua sudut sisi dari kantong kertas menggunakan teknik lipat lembah (valley fold).
  9. Setelah itu, buatlah sebuah lubang membulat pada bawah-payung untuk lubang tombol atau pengait dengan memotong bagian payung tersebut. Kemudian, membentuk sebuah tali panjang dari kertas dan menggantung payung Anda di mana saja yang Anda inginkan.

Selamat! Anda telah berhasil membuat origami payung. Luangkan waktu untuk menghiasnya dengan berbagai jenis hiasan atau warna guna memberikan kesan yang lebih menarik.

Contoh Origami Payung

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil kreasi origami payung yang bisa dijadikan inspirasi bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya:

Origami Payung Cara membuat Origami Payung

Melalui video ini, kita dapat mempelajari langkah-langkah cara membuat origami payung secara visual. Video ini juga bisa dijadikan panduan praktis untuk membuat origami payung bagi yang pemula.

Bentuk Origami PayungBentuk Origami Payung Mudah Langkah Melipat Kertas Anak Berbentuk

Bentuk origami payung ini memiliki bentuk yang sangat menarik dan unik. Dengan beberapa tambahan hiasan, hasil karya origami payung ini dapat menjadi hadiah yang menarik untuk sahabat atau keluarga Anda.

Demikianlah pembahasan tentang origami payung, semoga artikel ini dapat memotivasi Anda untuk mencoba membuat karya seni melipat kertas yang unik dan menarik ini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/