Pasar Wisata Tawangmangu

Sudahkah kamu mengunjungi Pasar Wisata Tawangmangu atau Pasar Wisata Badau? Kedua pasar ini menyimpan tempat wisata yang menarik dan bisa jadi destinasi liburanmu selanjutnya. Yuk, simak ulasan kami berikut ini!

Pasar Wisata Tawangmangu

Daftar Isi

Pasar Wisata Tawangmangu

Pasar Wisata Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Di pasar ini kamu akan menemukan berbagai oleh-oleh khas daerah Tawangmangu sekaligus sebagai pusat jual-beli sayur dan buah-buahan di daerah tersebut. Namun, keunikan pasar ini adalah terdapat beberapa kios yang menjual aneka suvenir dengan bentuk yang unik dan menarik. Seperti topi Gurkha, stick wayang kulit, celana batik, jaket kulit, dan masih banyak lagi.

Apa itu Pasar Wisata Tawangmangu?

Pasar Wisata Tawangmangu adalah pasar yang menjadi pusat jual-beli sayur dan buah-buahan. Namun, pasar ini juga menyediakan berbagai jenis souvenir dan oleh-oleh khas Tawangmangu.

Rute untuk ke Pasar Wisata Tawangmangu

Pasar Wisata Tawangmangu berada di Jl Tawangmangu No.2, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Kemudahan akses sangat mudah melalui jalan raya, kendaraan umum, atau mobil pribadi.

Kelebihan Pasar Wisata Tawangmangu

  • Menjualan souvenir dan oleh-oleh Tawangmangu yang unik dan menarik
  • Pusat jual-beli sayur dan buah-buahan di daerah Tawangmangu
  • Terletak di kaki Gunung Lawu, suasana alam yang asri dan sejuk

Kekurangan Pasar Wisata Tawangmangu

  • Tidak ada tempat parkir yang luas
  • Sarana toilet yang kurang memadai
  • Jumlah kios souvenir dan oleh-oleh yang terbatas

Harga dan Biaya di Pasar Wisata Tawangmangu

Harga di Pasar Wisata Tawangmangu sangat terjangkau, kamu bisa mendapatkan oleh-oleh mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 100.000,-, tergantung dari barang yang kamu beli.

Cara ke Pasar Wisata Tawangmangu

  1. Naik bus di Terminal Tirtonadi- Solo menuju terminal Tawangmangu
  2. Setelah sampai di terminal, naik angkot ke Pasar Wisata Tawangmangu
  3. Atau, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute Solo- Karanganyar-Tawangmangu

Pasar Wisata Badau

Pasar Wisata Badau

Pasar Wisata Badau berada di perbatasan Indonesia-Malaysia, di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pasar ini juga dikenal dengan sebutan
“Wisata Berbelanja di Batas Negara”. Luasnya mencapai 16.000m2, menjadikan Pasar Wisata Badau menjadi pasar terluas di wilayah perbatasan, dengan berbagai macam komoditas baik dari Indonesia maupun Malaysia.

Apa itu Pasar Wisata Badau?

Pasar Wisata Badau adalah pasar yang terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia, dengan luas mencapai 16.000m2. Pasar ini menjual berbagai macam komoditas dari Indonesia dan Malaysia.

Rute untuk ke Pasar Wisata Badau

Pasar Wisata Badau terletak di Jalan Raya Trans Kalimantan, KM 13, Dusun Tanah Hitam, Desa Badau, Kecamatan Nunukan Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Akses menuju pasar sangat mudah melalui jalan raya, kendaraan umum, atau mobil pribadi.

Kelebihan Pasar Wisata Badau

  • Menjual berbagai macam komoditas baik dari Indonesia maupun Malaysia
  • Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau
  • Tidak terbatas hanya pada pasar, tetapi juga terdapat tempat wisata di sekitarnya seperti Pantai Lihunu, Tortor Island, dan Space Radar PK

Kekurangan Pasar Wisata Badau

  • Kurangnya sarana dan prasarana pendukung seperti toilet dan tempat parkir yang luas
  • Harga di Pasar Wisata Badau cukup mahal, terutama untuk barang-barang yang diimpor
  • Tidak semua pedagang bisa berbahasa Indonesia dengan lancar

Harga dan Biaya di Pasar Wisata Badau

Harga di Pasar Wisata Badau beragam, tergantung dari jenis barang yang kamu beli. Harga bagi barang-barang lokal biasanya lebih terjangkau daripada barang yang diimpor.

Cara ke Pasar Wisata Badau

  1. Naik pesawat dari kota besar seperti Jakarta atau Surabaya menuju Bandara International Sepinggan Balikpapan
  2. Setelah itu, kamu bisa naik pesawat atau kapal menuju Bandara Internasional Tarakan, kemudian naik taksi atau angkutan umum ke Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan
  3. Terakhir, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu menuju Pulau Nunukan

Nah, itulah sedikit ulasan tentang Pasar Wisata Tawangmangu dan Pasar Wisata Badau. Menarik kan? Kedua pasar ini menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda dan menarik, baik bagi wisatawan lokal maupun luar negeri. Jadi, jika kamu mencari tempat wisata baru yang berbeda, Pasar Wisata Tawangmangu atau Pasar Wisata Badau bisa menjadi pilihanmu!

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pasar Wisata Tawangmangu yang dipublish pada 20 November 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait