Peluang Kerja Bisnis Digital

Dadan Suradan Pratama

Berbicara tentang peluang kerja dan bisnis di era digital, kita tentu tidak bisa menyepelekan potensi yang dimiliki oleh bidang digital marketing. Digital marketing memang menjadi salah satu sektor paling menjanjikan dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin cenderung online, terutama pada masa pandemi ini. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dari segi apa itu digital marketing, mengapa hal ini menjadi hal penting, di mana saja peluang bisnis dan kerja yang dapat diambil, kelebihan dan kekurangan, cara menjadi seorang digital marketer, dan tentunya diperkaya dengan contoh nyata dari perusahaan-perusahaan ternama.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital seperti internet, website, platform media sosial, email, hingga ponsel pintar. Hal ini dilakukan dengan cara menjangkau calon konsumen dengan konten, iklan, hingga informasi yang relevan dengan bidang usaha kita.

Mengapa Digital Marketing Penting?

Seperti yang kita ketahui, era digital membuat kita menyaksikan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin cenderung online. Baik ketika mencari informasi, berkomunikasi, hingga melakukan transaksi. Dalam hal ini, digital marketing dapat membantu bisnis kita untuk terhubung dengan calon pelanggan secara lebih mudah dan efektif.

Di Mana Saja Peluang Bisnis dan Kerja di Digital Marketing?

Peluang bisnis dan kerja di digital marketing sangat terbuka lebar. Beberapa jenis pekerjaan di bidang ini antara lain:

  • Content Writer
  • Social Media Specialist
  • SEO Strategist
  • Email Marketing Specialist
  • PPC Specialist
  • Graphic Designer
  • Web Developer

Tak hanya itu, digital marketing juga dapat membuka peluang bisnis dengan menjadi agen digital marketing, bekerja sebagai konsultan bisnis digital, hingga membuka bisnis online.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Menjangkau target pasar secara efektif
  • Memperkuat brand awareness
  • Memungkinkan perusahaan kita untuk lebih terlihat kreatif dan inovatif
  • Memberikan hasil yang signifikan dalam waktu singkat
  • Membantu bisnis skala kecil yang terbatas dalam modal untuk ‘berkompetisi’ dengan perusahaan besar

Kekurangan

  • Mungkin lebih mahal dibandingkan metode pemasaran lainnya
  • Membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar dalam pengembangan strategi
  • Perlu adaptasi pada setiap perubahan dan perkembangan teknologi

Cara Menjadi Digital Marketer

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang digital marketer, antara lain:

  • Mempelajari dasar-dasar digital marketing melalui literatur ataupun kursus yang tersedia
  • Memiliki kemampuan menulis dan menyunting konten yang menarik dan informatif
  • Mengetahui dan mengevaluasi berbagai metrik dalam digital marketing, seperti SEO, analytics, hingga UX
  • Berlatih dalam menggunakan beberapa media sosial dan Google AdWords untuk mempromosikan perusahaan atau produk

Contoh Perusahaan dengan Strategi Digital Marketing yang Sukses

Apple

Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Salah satu keunggulannya terletak pada strategi pemasaran mereka melalui media sosial, yaitu penggunaan kampanye Hashtag di Twitter dan Instagram yang menjadi salah satu cara untuk memperkuat loyalitas para konsumen mereka.

Zara

Brand fashion asal Spanyol ini menunjukkan eksistensinya dengan pandai dalam bersaing di era digital. Salah satu strategi terbaik Zara adalah dengan menganalisa data pelanggan dan mengirimkan newsletter yang menampilkan koleksi baru, diskon, dan promo menarik yang membuat pelanggan kembali ke toko daring mereka.

Coca-Cola

Brand minuman legendaris ini terus memperkuat brand awareness mereka melalui digital marketing. Kampanye mereka yang sukses adalah #ShareACoke, yaitu kampanye yang memperbolehkan konsumen untuk membuat label minuman dengan nama mereka sendiri. Hal ini menghasilkan pendekatan yang intim dan personal dengan para pelanggan mereka.

Dari beberapa contoh di atas, kita dapat mengetahui bagaimana strategi digital marketing dapat membantu perusahaan-perusahaan ternama dalam memperkuat loyalitas dan interaksinya dengan para pelanggan mereka.