Pengertian Wisata Budaya

Wisata budaya adalah jenis wisata yang mengedepankan pengalaman dan eksplorasi terhadap kebudayaan suatu daerah. Dalam wisata budaya, para wisatawan dapat memperoleh pengalaman yang tak terlupakan melalui kegiatan mengenal kebudayaan lokal seperti tradisi, seni, arsitektur, sejarah, bahasa, makanan, pakaian, dan belajar dari penduduk setempat.

Pengertian Wisata Budaya

Wisata budaya memiliki pengertian sebagai bentuk wisata yang bertujuan mengenal kebudayaan lokal suatu daerah. Wisatawan melakukan kegiatan kebudayaan seperti mengunjungi museum, tempat bersejarah, taman wisata, menonton pertunjukan seni dan budaya, serta mengenal dan belajar dari penduduk setempat.

Wisata Budaya

Apa Itu Wisata Budaya?

Wisata budaya adalah bentuk wisata yang memfokuskan pada kegiatan pengenalan dan eksplorasi terhadap kebudayaan sebuah daerah. Wisatawan dapat melakukan kunjungan ke tempat wisata yang menyajikan seni dan budaya, seperti museum, poin wisata bersejarah, theater seni, atau melakukan aktivitas berpartisipasi dalam kegiatan kebudayaan lokal untuk dapat memahami dan mengenal tradisi serta kebudayaan setempat.

Rute Wisata Budaya

Wisata budaya biasanya dilakukan dengan cara mengunjungi lokasi wisata yang menyajikan kegiatan seni dan budaya setempat. Beberapa contoh rute wisata budaya yang populer di Indonesia seperti kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Candi Borobudur, Museum Nasional Jakarta, Museum Rekor Indonesia, Gedung Sate Bandung, atau menonton pertunjukan tari tradisional di Bali.

Rute Wisata Budaya

Kelebihan Wisata Budaya

Wisata budaya menawarkan kelebihan yang tak ditemukan di jenis wisata lainnya, seperti pengalaman mendalam mengenai budaya dan tradisi lokal, serta kemungkinan untuk belajar lebih banyak tentang keragaman kebudayaan Indonesia. Selain itu, wisata budaya juga memberikan dampak positif pada keberlanjutan budaya dan lingkungan, turisme lokal dan perekonomian serta membantu meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya.

Kekurangan Wisata Budaya

Beberapa kekurangan yang mungkin terkait dengan jenis wisata ini adalah kurangnya aksesibilitas ke tempat-tempat wisata budaya di kawasan pedesaan serta adanya kecenderungan kurangnya fasilitas pendukung seperti akomodasi, transportasi dan lainnya. Selain itu, adanya masalah dengan keberlanjutan fasilitas dan lingkungan karena beberapa tempat wisata budaya biasanya terbuka untuk umum.

Harga Dan Biaya Wisata Budaya

Harga dan biaya wisata budaya sangat bervariasi tergantung pada tujuan wisata dan jenis kegiatan yang dilakukan. Ada beberapa tempat wisata budaya yang mematok harga tiket masuk serendah Rp10.000 / orang, namun tarif biaya yang dibutuhkan untuk mengeksplorasi kebudayaan lokal lebih besar termasuk transportasi, biaya makan dan penginapan.

Cara Wisata Budaya

Untuk melakukan wisata budaya, wisatawan perlu melakukan riset terlebih dahulu terkait lokasi wisata dan kegiatan kebudayaan apa yang akan dilakukan. Selanjutnya, perencananya dapat disesuaikan dengan durasi, budget, dan ketersediaan penginapan dan transportasi. Kemudian, perlu mempersiapkan diri dengan untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi saat di lokasi wisata seperti alat transportasi, jam buka wisata dan kondisi fisik saja.

Wisata budaya adalah salah satu jenis wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan mengenalkan kebudayaan lokal suatu daerah. Selama melakukan kegiatan kebudayaan, wisatawan dapat memperoleh banyak keuntungan, seperti belajar dan memahami tradisi dan kebiasaan lokal, mendukung keberlanjutan budaya dan lingkungan, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian warisan budaya Indonesia serta dapat memperkaya pengetahuan seseorang tentang Indonesia dan budaya dunia. Sebab itulah, wisata budaya menjadi salah satu jenis wisata paling disukai oleh para wisatawan lokal maupun internasional.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pengertian Wisata Budaya yang dipublish pada 26 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait