Produk Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sekarang ini. Saat ini terdapat berbagai jenis perusahaan asuransi di Indonesia, dan semuanya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut adalah 10 perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di OJK:

1. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Poster perusahaan asuransi
Asuransi jiwa Manulife membantu masyarakat untuk menyimpan dana dan melindungi diri dari risiko. Selama bertahun-tahun, perusahaan ini terus memberikan layanan asuransi jiwa dengan produk yang inovatif dan mendorong seluruh nasabahnya untuk merencanakan keuangan jangka panjang dengan bijak. Produk yang ditawarkan di antaranya adalah Manulife InvestLink, Manulife Asuransi Unit-Linked, dan Manulife Syariah Link. Manulife juga menyediakan akses layanan online untuk memudahkan pelanggan untuk mengakses informasi terbaru setiap saat dan dimana saja.

2. PT AIG Insurance Indonesia

Poster perusahaan asuransi
AIG Insurance Indonesia menawarkan berbagai produk asuransi, seperti asuransi mobil, rumah, travel, kebakaran, jiwa, dan banyak lagi. AIG Insurance Indonesia berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi setiap nasabahnya dengan layanan terbaik. Pelanggan dapat menghubungi AIG melalui aplikasi mobile secara mudah untuk memperoleh informasi setiap saat. Dalam 12 bulan terakhir, AIG Insurance Indonesia meraih banyak penghargaan mulai dari asuransi terbaik di Indonesia hingga asuransi terbaik di Asia Pasifik.

3. PT Asuransi Allianz Life Indonesia

Poster perusahaan asuransi
Asuransi Allianz Life Indonesia memiliki visi untuk memberikan perlindungan dan investasi yang paling menguntungkan bagi masyarakat. Produk yang ditawarkan meliputi asuransi jiwa, investasi, dan asuransi kesehatan. Allianz juga menyediakan akses ke layanan online, yang memudahkan nasabah untuk mengakses informasi dan layanan selama 24 jam sehari. Produk asuransi jiwa lancar, seperti Allianz Life Protection Plan, terus mendapatkan dukungan dari masyarakat.

4. PT Chubb General Insurance Indonesia

Poster perusahaan asuransi
Chubb General Insurance Indonesia memberikan layanan asuransi kecuali asuransi jiwa, sebagai bagian dari Chubb Limited, yang mengoperasikan bisnis asuransi di seluruh dunia. Menawarkan solusi asuransi bagi para pemilik usaha termasuk solusi untuk industri otomotif dan real estate, Chubb juga menawarkan solusi untuk kebakaran, risiko engineering, dan asuransi tanggung jawab serta produk-produk asuransi jiwa keluarga dan sebagainya. Melalui aplikasi mobile, Chubb memudahkan nasabah untuk mengelola polis prapenjualan dan claim di pergantian barang.

5. PT Tugu Pratama Indonesia

Poster perusahaan asuransi
Tugu Pratama Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi dan reasuransi terkemuka di Indonesia, dengan spesialisasi dalam layanan asuransi terkait transportasi dan energi serta jenis polis asuransi lainnya. Berdiri sejak tahun 1981, Tugu Pratama Indonesia adalah bagian dari Grup Pertamina, sebuah perusahaan minyak berbasis di Indonesia. Nasabah dapat mengakses produk dan layanan Tugu Pratama Indonesia melalui agen, perantara asuransi, atau melalui aplikasi mobile.

6. PT Astra Aviva Life

Poster perusahaan asuransi
Astra Aviva Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di OJK. Perusahaan ini didukung oleh dua perusahaan, yakni PT Astra International Tbk dan Aviva. Dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tidak menentu, PT Astra International Tbk dan Aviva terus mengembangkan produk-produk asuransi jiwa yang inovatif dan mendorong nasabahnya untuk merencanakan keuangan jangka panjang dengan bijak. Produk-produk asuransi yang ditawarkan oleh Astra Aviva Life mencakup Asuransi Allure, Asuransi Lifestage, Asuransi Edukasionplus, dan Asuransi Syariah.

7. PT Sompo Insurance Indonesia

Poster perusahaan asuransi
Sompo Insurance Indonesia adalah perusahaan asuransi umum yang berfokus pada asuransi pengangkutan dan reasuransi dengan menyediakan produk-produk yang berkualitas di Indonesia. Menawarkan perlindungan kebal kepada pemilik usaha, serta perlindungan untuk mobil, properti, dan surety bonds. Melalui aplikasi mobile miliknya, Sompo Insurance Indonesia memudahkan nasabah untuk mengakses informasi dan layanan yang mereka butuhkan di dalam genggaman mereka.

8. PT Asuransi MSIG Indonesia

Poster perusahaan asuransi
MSIG Indonesia merupakan perusahaan asuransi umum terdaftar di OJK, yang merupakan bagian dari MS&AD Insurance Group Holdings, Inc., dengan fokus pada asuransi jiwa dan umum. Dengan jaringan luas di seluruh Indonesia dan keahlian bisnis yang mendalam, MSIG Indonesia memberikan perlindungan terkait dengan risiko kecelakaan, pencurian, dan kerugian dari keterlibatan dalam kecelakaan. Produk-produk asuransi di MSIG Indonesia cukup beragam termasuk asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi PSSI, atau asuransi kecelakaan kerja.

9. PT BNI Life Insurance

Poster perusahaan asuransi
PT BNI Life Insurance menyediakan produk asuransi jiwa dan unit link. BNI memiliki keuntungan berupa kekuatan finansial yang kuat serta dukungan asuransi di Jepang. BNI Life Insurance memanfaatkan teknologi tinggi dalam bisnisnya, salah satunya adalah aplikasi mobile untuk memudahkan nasabah dalam mengakses layanan dan informasi terbaru yang diperlukan.

10. PT Asuransi CIGNA

Poster perusahaan asuransi
Asuransi CIGNA merupakan perusahaan asuransi kesehatan terbesar di dunia, yang memiliki program asuransi kesehatan yang inovatif dan terjangkau di Indonesia. Berkomitmen untuk selalu memberikan solusi terpercaya dan menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat, produk-produk kesehatan yang ditawarkan oleh CIGNA di antaranya adalah Cigna Health Access, Cigna Health Plan, dan Cigna Health Flexi. Layanan asuransi kesehatan dari CIGNA memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka, sangat tepat untuk kamu yang realistis dengan kesehatan dan menginginkan layanan yang efektif dan efisien.

Perusahaan Asuransi Tingkatkan Penjualan Produk Lewat Kanal Digital

Gambar promosi asuransi
Seperti halnya industri lainnya, perusahaan asuransi juga bergerak untuk meningkatkan penjualan produk dari kanal digital. Hal ini karena peningkatan pengguna internet di Indonesia, membuat nasabah asuransi lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan dan melihat produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dalam era digital ini, penggunaan media digital dapat menjadi solusi dari perusahaan asuransi untuk meningkatkan penjualan produk dan pelayanan selama 24 jam.

Solusi Pemulihan Ekonomi pada Pandemi Covid-19, Andre Rosiade Dorong Perusahaan Asuransi Buat Produk yang Dapat Proteksi Masyarakat

Gambar Andre Rosiade
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang besar bagi perekonomian seluruh dunia, termasuk Indonesia. Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade mendorong perusahaan asuransi untuk membuat produk asuransi jiwa, kesehatan, dan risiko ancaman gaya hidup yang lebih terjangkau bagi masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dari dampak pandemi Covid-19 dengan cara memperluas jangkauan produk asuransi yang ditawarkan dan meningkatkan layanan asuransi.

5 Produk Asuransi Kebakaran Terbaik 2020 di Indonesia

Gambar asuransi kebakaran
Kebakaran merupakan risiko yang sering dialami oleh pemilik rumah atau properti. Namun perlu diingat bahwa risiko ini bisa terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, asuransi kebakaran sangat penting untuk melindungi aset dan kenyamanan keluarga dari risiko kebakaran tersebut. Berikut adalah beberapa produk asuransi kebakaran terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian dari Lifepal Indonesia:

  • Axa Mandiri Proteksi Kebakaran (cakupan paling luas)
  • Allianz Kembara Proteksi (tersedia basic dan premium)
  • Namaste Proteksi Kebakaran (cocok untuk pemilik rumah sederhana)
  • Asuransi Kebakaran Mandiri
  • Mayapada Protection

Jenis Asuransi Jiwa dan Alasan yang Membuat Premi Asuransi Jiwa Menjadi Tinggi

Gambar asuransi jiwa
Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang melindungi keluarga dari risiko mengalami kerugian finansial akibat kematian. Produk asuransi jiwa saat ini bervariasi, mulai dari asuransi jiwa dasar hingga produk unit link yang melibatkan aspek investasi. Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang umum dan sering kali dipilih oleh nasabah, seperti berikut:

  1. Whole Life Insurance: Produk ini memberikan perlindungan seumur hidup dan menawarkan kestabilan premi dengan kenaikan nilai tunai setiap tahun. Selain itu perlindungan yang diberikan mencakup risiko sakit kritis, dan cacat total dan tetap.
  2. Term Life Insurance: Produk ini memberikan perlindungan untuk jangka waktu tertentu pada premi yang lebih murah dibandingkan dengan whole life insurance. Akan tetapi, ketika masa perlindungan berakhir nasabah tidak akan mendapatkan nilai tunai apapun dari premi yang dibayar.
  3. Endowment Insurance: Produk ini memberikan proteksi jiwa dalam jangka waktu tertentu, seperti asuransi jiwa tentu diperkirakan masa aktifnya. Pada akhir masa pertanggungan, nasabah akan menerima uang tunai yang bisa digunakan sebagai tabungan atau dana pensiun.

Alasan mengapa premi asuransi jiwa menjadi tinggi adalah karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menanggung risiko kematian pada nasabah. Biaya-biaya tersebut mencakup biaya administrasi, asumsi kematian, pemrosesan klaim, pembayaran premi, dan layanan pelanggan.

Conclusion

Dalam kehidupan yang selalu penuh risiko, perusahaan asuransi hadir untuk memberikan perlindungan dan keamanan terhadap risiko yang mungkin terjadi pada nasabah. Berbagai jenis produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan dapat membantu mengendalikan risiko-risiko tersebut, mulai dari asuransi jiwa, kebakaran, kendaraan bermotor, hingga kesehatan. Penerapan layanan digital juga dapat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi dan mengakses informasi setiap saat. Selain itu, mengambil peran dalam penguatan ekonomi dengan produk-produk perlindungan juga dapat menjadi langkah tepat di masa-masa sulit seperti pandemi Covid-19 sekarang ini. 

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Produk Perusahaan Asuransi yang dipublish pada 21 Desember 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait