Rumah Gudang Minimalis

Dadan Suradan Pratama

Gudang adalah salah satu ruangan penting dalam sebuah rumah. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki banyak barang atau ingin membuat sebuah tempat penyimpanan yang rapih dan terorganisir. Namun, untuk rumah minimalis, seringkali sulit untuk menemukan ruang tambahan untuk membuat gudang. Namun jangan khawatir, kami sudah merangkum beberapa tips dan ide gudang rumah minimalis yang bisa kamu terapkan.

Tips dan Ide Gudang Rumah Minimalis yang Wajib Kamu Sontek

Berikut adalah beberapa tips dan ide gudang rumah minimalis yang bisa kamu terapkan:

1. Menggunakan Ruang Bawah Tangga

Ruang bawah tangga seringkali terlantar dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal, ruang tersebut bisa dijadikan sebagai gudang kecil untuk menyimpan barang-barang seperti sepatu, tas, atau dokumen penting. Untuk membuat gudang kecil di ruang bawah tangga, kamu bisa membuat rak-rak kecil atau menggunakan box-box penyimpanan yang bisa disusun rapih.

gudang minimalis

2. Menggunakan Rak Dinding atau Dapur Serba Guna

Selain ruang bawah tangga, kamu juga bisa memanfaatkan space kosong pada dinding atau pintu dapur untuk membuat rak-rak kecil sebagai gudang. Kamu bisa membeli rak-jala atau rak kayu kecil yang bisa di pasang di dinding atau membuat sebuah dapur serba guna dengan pintu yang bisa digunakan sebagai gudang.

gudang minimalis

3. Membuat Gudang di Atap atau Garasi

Jika kamu memiliki rumah yang cukup besar, kamu bisa membuat gudang di atap atau garasi. Hanya saja, pastikan gudang yang kamu buat dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik untuk menjaga kelembaban dan suhu ruangan tetap stabil.

gudang minimalis

Kelebihan Gudang Rumah Minimalis

Terdapat beberapa kelebihan jika kamu memiliki gudang di rumah minimalis:

1. Mengoptimalkan Pemanfaatan Ruang

Dengan memiliki gudang di rumah minimalis, kamu dapat mengoptimalkan pemanfaatan ruang di rumah kamu dengan lebih baik. Kamu bisa menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau hanya digunakan pada saat tertentu, sehingga ruang di dalam rumah kamu tetap terlihat rapi dan terorganisir.

2. Menjaga Barang agar Tetap Awet

Dengan menempatkan barang-barang penting di gudang, kamu dapat menjaga keawetan barang tersebut. Gudang yang memiliki suhu dan kelembaban yang tepat akan membuat barang-barang yang disimpan di dalamnya tetap awet dan tidak cepat rusak atau berkarat.

Kekurangan Gudang Rumah Minimalis

Terdapat beberapa kekurangan jika kamu memiliki gudang di rumah minimalis:

1. Biaya yang Diperlukan

Untuk membuat gudang di rumah minimalis, kamu harus menyiapkan biaya yang cukup besar tergantung dari desain dan material yang kamu gunakan. Kamu juga harus memikirkan biaya tambahan seperti sistem ventilasi dan pengaturan suhu dan kelembaban di dalam gudang.

2. Memakan Tempat

Apabila kamu memiliki rumah yang terbatas ruangannya, membuat gudang di rumah minimalis bisa memakan ruang yang seharusnya bisa digunakan untuk ruangan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan dengan baik apakah gudang benar-benar diperlukan atau tidak.

Biaya dan Cara Membuat Gudang Rumah Minimalis

Untuk menentukan biaya dan cara membuat gudang rumah minimalis, kamu harus terlebih dahulu mempertimbangkan desain gudang yang kamu inginkan. Setelahmu menentukan desain, kamu bisa mencari tahu harga material yang kamu butuhkan dan membandingkan dengan biaya yang kamu miliki. Namun, jika kamu merasa kesulitan dalam membuat gudang sendiri, kamu bisa meminta bantuan dari jasa tukang bangunan atau arsitek untuk membuatkan desain yang sesuai dengan ruang yang kamu miliki.

Contoh Desain Gudang Rumah Minimalis

Berikut adalah contoh desain gudang rumah minimalis yang bisa kamu jadikan referensi:

gudang minimalis

Itulah beberapa tips dan ide gudang rumah minimalis yang bisa kamu terapkan. Memiliki gudang di rumah memang penting untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, namun kamu harus mempertimbangkan ulang jika memiliki ruangan yang terbatas. Semoga bermanfaat!