Tempat Wisata Dekat

Dadan Suradan Pratama

Percayakah kamu bahwa di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki tempat wisata yang indah dan menarik? Bukan hanya di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, namun daerah yang lebih kecil seperti Sukabumi juga memiliki tempat-tempat yang patut dikunjungi. Yup, di artikel kali ini kita akan membahas sepuluh tempat wisata terdekat dari Stasiun Sukabumi yang wajib kamu datangi, so check it out now!

1. Gunung Gede Pangrango National Park

Gambar Gunung Gede Pangrango National Park

Apa itu Gunung Gede Pangrango National Park? Tempat ini adalah kawasan hutan belantara yang cukup luas yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memiliki area sekitar 24.270 hektar, kawasan ini menjadi habitat bagi banyak spesies satwa yang dilindungi seperti Javan Hawk-eagle, Leopard, serta Javan Gibbon. Selain itu, kawasan ini juga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Kamu dapat menjelajahi hutan belantara dengan melakukan trekking atau hiking ke puncak-puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Tentu saja, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Bagi kamu pecinta alam, tempat ini menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah dari rutinitas sehari-hari dan ingin berwisata yang menyenangkan.

Rute untuk menuju Gunung Gede Pangrango National Park cukup mudah, kamu bisa menuju terminal Sukabumi terlebih dahulu, kemudian ambil angkutan umum menuju Cibodas. Setelah itu, kamu bisa menuju Cagar Alam Gunung Gede Pangrango. Untuk masalah harga, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,- untuk warga negara Indonesia dan Rp 30.000,- untuk wisatawan asing. Selain itu, kamu perlu membayar biaya untuk guide yang akan membantumu selama pendakian.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa setiap tempat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari tempat ini adalah alamnya yang sangat indah dan menyegarkan, serta cocok untuk kamu yang suka melakukan aktivitas outdoor. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah akses transportasi yang cukup sulit, kamu perlu menggunakan angkutan umum untuk menuju ke tempat ini. Jadi, pastikan untuk membawa kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel andalanmu.

2. Danau Cibeureum

Gambar Danau Cibeureum

Apa itu Danau Cibeureum? Danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan merupakan salah satu danau alami yang cukup populer di Sukabumi. Kamu dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau atau sekadar menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya. Di tempat ini kamu juga bisa memancing dan menikmati ikan segar hasil tangkapanmu.

Rute untuk menuju ke Danau Cibeureum juga terbilang mudah. Kamu bisa menggunakan angkutan umum menuju Cibodas, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau bersepeda motor selama 3,5 km. Untuk harga tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000,- untuk warga negara Indonesia dan Rp 250.000,- untuk wisatawan asing.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat menenangkan dan cocok untuk kamu yang ingin menikmati liburan yang santai. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang masih cukup terbatas dan minim, sehingga mungkin kamu perlu menyiapkan segala kebutuhan yang kamu butuhkan sebelum berangkat.

3. Air Terjun Cibereum

Gambar Air Terjun Cibereum

Apa itu Air Terjun Cibereum? Tempat ini adalah air terjun yang terletak di Desa Cikondang, Kecamatan Cicurug, Sukabumi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan disebut sebagai air terjun tertinggi di Sukabumi. Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan menyusuri sungai dan melakukan aktivitas rafting yang menantang. Selain itu, tempat ini juga cocok bagi kamu yang ingin berkemah dan menginap di sana semalaman.

Rute untuk menuju ke Air Terjun Cibereum cukup mudah. Kamu dapat menuju Terminal Sukabumi, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum yang menuju desa Cikondang. Setelah itu, kamu masih perlu berjalan kaki selama kurang lebih 2 km untuk menuju ke lokasi air terjun. Untuk harga tiket masuknya, kamu perlu membayar sekitar Rp 5.000,- hingga Rp. 10.000,- per orang.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang tiada tara, dan kamu bisa menikmati aliran sungai dengan rafting. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah akses jalan yang terbilang cukup sulit, kamu perlu berjalan kaki cukup jauh untuk sampai ke lokasi air terjun.

4. Kawasan Wisata Puncak Guha

Gambar Kawasan Wisata Puncak Guha

Apa itu Kawasan Wisata Puncak Guha? Tempat ini adalah sebuah tempat wisata yang telah menjadi favorit bagi wisatawan. Lokasi wisatanya berada di kaki Gunung Gede Pangrango, dan menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan pohon-pohon pinus yang sangat meneduhkan. Kamu dapat menikmati panorama alam yang indah dengan berjalan-jalan atau sekadar duduk dan menikmati suasana sekitar. Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa wahana seperti flying fox dan canopy walk yang dapat membuat liburanmu semakin seru.

Rute untuk menuju ke Kawasan Wisata Puncak Guha cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal Sukabumi menuju Wangun Harja, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan pribadi. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, sekitar Rp 5.000,- per orang.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat menenangkan dan cocok untuk kamu yang suka dengan pemandangan alam yang hijau.

Sementara kekurangan dari tempat ini adalah ramainya pengunjung saat hari libur, tentu akan membuat liburan kita terasa terganggu dengan kepadatan pengunjung.

5. Situ Gunung

Gambar Situ Gunung

Apa itu Situ Gunung? Tempat ini adalah sebuah danau besar yang terletak di Sukabumi Barat. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan indah, ditambah dengan hamparan pohon-pohon pinus yang hijau di sekelilingnya. Kamu dapat berjalan-jalan disekitar danau, menikmati keindahan alam, ataupun sekadar duduk santai dan menenangkan diri. Di tempat ini kamu juga bisa melakukan olahraga air seperti berperahu dan memancing.

Rute untuk menuju ke Situ Gunung cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal Sukabumi menuju Desa Lumintang, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor. Untuk harga tiket masuknya, kamu perlu membayar sekitar Rp 5.000,- per orang.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat memukau dan cocok bagi kamu yang ingin menikmati liburan yang santai. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang masih terbilang minim dan cukup ramainya pengunjung saat hari liburan, sehingga perlu kamu perhatikan.

6. Pantai Cipatujah

Gambar Pantai Cipatujah

Apa itu Pantai Cipatujah? Pantai ini terletak di Kabupaten Sukabumi dan memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Tentu saja, kamu dapat menikmati keindahan pantai, berenang, atau sekadar berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, pantai ini juga memiliki wisata kuliner yang khas, terutama seafood dan asian food.

Rute untuk menuju ke Pantai Cipatujah cukup mudah. Kamu bisa menggunakan transportasi umum menuju Sukabumi, kemudian naik angkutan umum yang menuju ke terminal Cikdomas. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat indah dan pantas jika kamu mengunjungi pantai ini. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah jumlah pengunjung yang lumayan padat pada akhir pekan, sehingga kamu perlu berhati-hati terhadap barang berharga yang kamu bawa.

7. Curug Sawer

Gambar Curug Sawer

Apa itu Curug Sawer? Curug Sawer adalah sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, dan memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan menyusuri sungai dan melompat ke air terjun. Selain itu, tempat ini juga cocok bagi kamu yang ingin berkemah dan menginap di sana semalaman.

Rute menuju ke Curug Sawer cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel untuk menuju Kecamatan Cicantayan. Setelah itu, kamu perlu berjalan kaki sekitar 1-2 km untuk sampai ke lokasi.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat mempesona dan cocok untuk kamu yang suka melakukan aktivitas outdoor. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang masih cukup minim dan akses transportasi yang terbilang sulit.

8. Gunung Tampomas

Gambar Gunung Tampomas

Apa itu Gunung Tampomas? Gunung ini adalah sebuah tempat wisata yang masih baru di Sukabumi. Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dari puncak Gunung Tampomas. Selain itu, tempat ini juga disebut sebagai tempat wisata petualangan, karena terdapat beberapa aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan, seperti flying fox, canopy bridge, camping, dan climbing.

Rute untuk menuju ke Gunung Tampomas cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan berjalan kaki sekitar 900 meter. Harga tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 25.000,- per orang.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat indah dan cocok untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas outdoor yang menantang. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang masih terbilang minim dan terdapat beberapa jalur pendakian yang cukup terjal dan sulit, sehingga perlu kamu perhatikan dengan baik.

9. Puncak Darma

Gambar Puncak Darma

Apa itu Puncak Darma? Tempat ini adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Cibitung, Sukabumi. Di tempat ini kamu akan disambut oleh hamparan sawah dan perkebunan teh. Tempat ini juga memiliki keindahan alam yang sangat menenangkan, sehingga cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dan menikmati liburan yang santai.

Rute untuk menuju ke Puncak Darma cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan kemudian berjalan kaki sekitar 500 meter. Untuk harga tiket masuknya, kamu cukup membayar sekitar Rp 5.000,- per orang.

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat menenangkan dan cocok bagi kamu yang ingin menikmati liburan yang santai. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang masih terbilang minim dan terdapat beberapa jalur pendakian yang cukup terjal dan sulit, sehingga perlu kamu perhatikan dengan baik.

10. Mandalawangi

Gambar Mandalawangi

Apa itu Mandalawangi? Mandalawangi adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Cicurug, Sukabumi. Di tempat ini kamu dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau, ditambah lagi keadaan yang masih asri dan tenang. Selain itu, di tempat ini kamu juga dapat mengeksplorasi kehidupan sehari-hari masyarakat Sukabumi, termasuk cara membuat keripik tempe ataupun memetik buah durian langsung dari pohonnya.

Rute untuk menuju ke Mandalawangi cukup mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel dari terminal Sukabumi. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, sekitar Rp 5.000,-

Kelebihan dari tempat ini adalah keindahan alamnya yang sangat memukau dan cocok bagi kamu yang ingin menikmati liburan yang santai. Sedangkan kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang