Tempat Wisata Keluarga Di Jakarta

Buat keluarga yang tinggal di Jakarta atau ada rencana berkunjung ke Jakarta, pasti ingin mencari tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Berikut ini adalah 10 tempat wisata keluarga di Jakarta yang paling menarik dikunjungi:

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Apa itu taman ini?

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah sebuah taman wisata budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Taman ini memiliki area seluas 150 hektar dan didesain sebagai miniatur Indonesia yang dilengkapi dengan wahana permainan, danau buatan, kebun binatang mini dan masih banyak lagi.

Rute:

Taman Mini Indonesia Indah dapat dicapai melalui tol dalam kota dan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dari pusat kota Jakarta.

Kelebihan:

Taman Mini Indonesia Indah menawarkan banyak atraksi dan pilihan kegiatan yang cocok untuk keluarga, mulai dari menikmati keindahan bangunan rumah adat Indonesia, menaiki kereta mini atau menikmati wahana air di waterpark area.

Kekurangan:

Karena luasnya yang sangat besar, pengunjung mungkin memerlukan waktu lebih dari satu hari bagi keluarga untuk mengeksplor seluruh area Taman Mini Indonesia Indah.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke TMII cukup terjangkau, hanya sekitar Rp20.000,- per orang.

Cara:

Untuk menuju ke Taman Mini Indonesia Indah, bisa menggunakan angkutan umum, taksi online atau kendaraan pribadi.

2. Ancol Dreamland

Ancol Dreamland

Apa itu Ancol Dreamland?

Ancol Dreamland adalah area rekreasi yang terletak di dekat pantai di Jakarta utara. Terdiri dari berbagai fasilitas dan wahana, seperti pantai, taman bermain, wahana permainan, pantai pasir putih dan masih banyak lagi.

Rute:

Ancol Dreamland dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi.

Kelebihan:

Ancol Dreamland menawarkan berbagai macam pilihan wahana permainan, pantai pasir putih yang indah, lokasi yang sangat dekat dengan pusat kota Jakarta dan juga banyak pilihan tempat makan. Cocok dikunjungi bersama keluarga besar.

Kekurangan:

Karena popularitasnya yang tinggi, Ancol Dreamland dapat sangat ramai terutama pada hari libur atau akhir pekan.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke Ancol Dreamland cukup terjangkau, mulai dari Rp25.000,- per orang, sementara tiket masuk ke dunia fantasi dapat mencapai Rp450.000,-.

Cara:

Untuk menuju ke Ancol Dreamland, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi. Apabila menggunakana kendaraan pribadi, pastikan untuk membayar tiket parkir sebelum memasuki area Ancol Dreamland.

3. Ragunan Zoo

Ragunan Zoo

Apa itu Ragunan Zoo?

Ragunan Zoo adalah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi binatang seperti gajah, jerapah, harimau, dan masih banyak lagi.

Rute:

Ragunan Zoo dapat dicapai menggunakan transportasi umum seperti bus atau transjakarta, atau kendaraan pribadi jika ingin lebih mudah.

Kelebihan:

Ragunan Zoo memiliki koleksi satwa yang sangat lengkap, tempat yang luas, banyaknya pengunjung yang membuat suasana di sini menjadi hidup. Cocok dikunjungi bersama keluarga untuk mendapatkan pengalaman baru dan juga edukatif.

Kekurangan:

Ragunan Zoo bisa sangat ramai terutama pada akhir pekan atau saat liburan sekolah, sehingga pengunjung mungkin harus menunggu lama untuk masuk.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke Ragunan Zoo cukup terjangkau, hanya sekitar Rp10.000,- per orang. Namun, ada biaya tambahan untuk menyewa kereta dorong atau kereta kuda jika keluarga ingin mengelilingi bagian dalam Ragunan Zoo.

Cara:

Untuk menuju ke Ragunan Zoo, bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau transjakarta, atau kendaraan pribadi. Pastikan untuk mempersiapkan waktu lebih jika memilih transportasi umum.

4. KidZania Jakarta

KidZania Jakarta

Apa itu KidZania Jakarta?

KidZania Jakarta adalah taman edukasi dalam ruangan yang terletak di lantai 6 Pacific Place Mall, Jakarta Selatan. Tempat ini mengajarkan anak-anak mengenai dunia kerja dengan cara yang menyenangkan dan bermain.

Rute:

KidZania Jakarta dapat dicapai memalui transportasi umum atau kendaraan pribadi yang memudahkan tempat ini untuk diakses.

Kelebihan:

KidZania Jakarta sangat cocok sebagai tempat mencari pengalaman baru dan pendidikan. Anak-anak dapat belajar membuat kue di bakery, menjadi polisi, pilot, dan masih banyak lagi. Tidak hanya anak-anak yang bermain, orang dewasa bisa menikmati hari yang menyenangkan di dalamnya juga.

Kekurangan:

Harga tiket KidZania Jakarta bisa sangat mahal tergantung pada jenis tiket yang dibeli. Selain itu karena keterbatasan jam kunjungan, mungkin pengunjung harus antre agar anak bisa menyelesaikan semuanya dalam satu hari.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke KidZania Jakarta tergantung dari jenis tiket yang dibeli, mulai dari Rp100.000,- hingga Rp400.000,-.

Cara:

Untuk menuju ke KidZania Jakarta, bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi yang memudahkan tempat ini untuk diakses. Namun pastikan untuk mengecek jam operasional terlebih dahulu.

5. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Apa itu Taman Impian Jaya Ancol?

Taman Impian Jaya Ancol atau Ancol Dreamland adalah kompleks rekreasi keluarga dengan wahana bermain yang modern dan kebun binatang. Terletak di Jakarta Kota dan menyajikan berbagai atraksi wisata seperti pantai, kolam renang, air mancur, wahana permainan dll.

Rute:

Taman Impian Jaya Ancol dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi.

Kelebihan:

Taman Impian Jaya Ancol memiliki segalanya, dari hiburan, air, danau, taman, pantai hingga kebun binatang. Sangat menyenangkan untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anggota yang beragam usia.

Kekurangan:

Tempat wisata ini cenderung ramai terutama pada akhir pekan atau hari libur, sehingga pengunjung harus bersabar antri di setiap wahana yang akan dilakukan.

Harga dan biaya:

Tiket masuk Ancol Dreamland berkisar dari Rp30.000,- hingga Rp450.000,- tergantung pada jenis kunjungan dan juga wahana yang dipilih. Sedangkan untuk biaya parkir di Taman Impian Jaya Ancol dimulai dari Rp20.000,- hingga Rp40.000,- untuk sepeda motor dan mobil.

Cara:

Untuk menuju ke Taman Impian Jaya Ancol, bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum seperti bus atau taksi. Pastikan untuk membayar tiket parkir sebelum memasuki area Ancol Dreamland.

6. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium

Apa itu Jakarta Aquarium?

Jakarta Aquarium adalah salah satu tempat wisata keluarga di Jakarta yang menawarkan pengalaman melihat bermacam-macam spesies ikan dalam satu tempat. Terletak di Neo Soho, Jakarta Barat dengan luas sekitar 7.200 meter persegi.

Rute:

Jakarta Aquarium dapat dicapai melalui jalur bus dan taksi atau kendaraan pribadi untuk memudahkan dalam perjalanan.

Kelebihan:

Jakarta Aquarium menawarkan pengalaman baru yang unik bagi keluarga dengan mengetahui lebih dalam tentang isi laut dan jenis ikan-ikan yang bisa ditemukan di Indonesia. Ruangan-ruangan tematik menjadikan Aquarium ini salah satu yang menarik untuk dikunjungi.

Kekurangan:

Karena popularitasnya yang tinggi, pengunjung mungkin harus mengantri untuk membeli tiket masuknya. Selain itu Jakarta Aquarium buka setiap hari, namun pengunjung harus memerhatikan jam operasionalnya agar tidak kecewa.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke Jakarta Aquarium cukup terjangkau, mulai dari Rp60.000,- hingga Rp120.000,-.

Cara:

Untuk menuju ke Jakarta Aquarium, bisa menggunakan jalur bus dan taksi atau kendaraan pribadi untuk memudahkan dalam perjalanan. Letaknya sangat strategis, tepat dengan pintu masuk selatan Neo Soho.

7. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Apa itu Dunia Fantasi?

Dunia Fantasi atau Dufan adalah taman bermain yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Dunia Fantasi menawarkan bermacam-macam wahana permainan seperti rollercoaster, flying fox, wahana air, dan masih banyak lagi.

Rute:

Dunia Fantasi dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi.

Kelebihan:

Dunia Fantasi menawarkan berbagai macam pilihan wahana permainan seperti rollercoaster yang sangat mengasyikkan dan cocok bagi pencinta adrenalin. Selain itu, Dunia Fantasi juga sangat terkenal dan menjadi destinasi favorit untuk liburan keluarga.

Kekurangan:

Harga tiket masuk ke Dunia Fantasi relatif lebih mahal dibandingkan tempat lain, dan karena popularitasnya yang tinggi, pengunjung mungkin harus mengantri dalam waktu yang lama untuk masuk ke wahana permainan tertentu.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke Dunia Fantasi tergantung dari jenis tiket yang dibeli, mulai dari Rp70.000,- hingga Rp450.000,-.

Cara:

Untuk menuju ke Dunia Fantasi, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi, dan pastikan untuk membayar tiket parkir sebelum memasuki area Ancol Dreamland.

8. Seaworld Ancol

Seaworld Ancol

Apa itu Seaworld Ancol?

Seaworld Ancol adalah tempat wisata keluarga yang menampilkan berbagai macam spesies binatang laut seperti ikan hiu, kerang, kurap, dan lain-lain. Terletak di Jakarta, Seaworld Ancol menawarkan pengalaman unik dalam melihat keberagaman laut secara langsung.

Rute:

Seaworld Ancol dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi, dan pastikan untuk memeriksa jam operasional.

Kelebihan:

Seaworld Ancol merupakan tempat edukasi yang sangat baik untuk keluarga mengenai lingkungan laut dan spesies binatang laut. Anak-anak juga bisa menerima informasi detail mengenai perilaku ikan serta melihat berbagai macam spesies binatang laut.

Kekurangan:

Karena popularitasnya yang tinggi, Seaworld Ancol dapat sangat ramai terutama pada hari libur atau akhir pekan dan mungkin membutuhkan waktu lama untuk masuk ke dalam.

Harga dan biaya:

Tiket masuk ke Seaworld Ancient cukup terjangkau, mulai dari Rp25.000,- hingga Rp150.000,-.

Cara:

Untuk menuju ke Seaworld Ancol, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi dan pastikan untuk memeriksa jam operasional terlebih dahulu.

9. Dufan Sea World

Dufan Sea World

Apa itu Dufan Sea World?

Dufan Sea World tidak lain adalah jembatan penghubung dua tempat wisata keluarga utama, yaitu Dunia Fantasi dan Sea World Ancol. Ini merupakan area yang dihuni oleh ratusan spesies hewan air termasuk gurita, hiu, lumba-lumba, dan masih banyak lagi.

Rute:

Dufan Sea World dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi atau menggunakan jasa shuttle dari hotel sekitar Jakarta.

Kelebihan:

Dufan Sea World tidak hanya menawarkan pemandangan bawah laut yang indah tetapi juga menumbuhkan kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan laut dan keanekaragaman hayati. Selain itu, wahana permainan yang cukup menantang juga tersedia di dalam area Sea World

Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tempat Wisata Keluarga Di Jakarta yang dipublish pada 27 Mei 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait

Leave a Comment