Tempat Wisata Magelang Terbaru

Dadan Suradan Pratama

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Indonesia memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ada di kota Magelang, yang menyimpan sejuta pesona dari wisata alamnya yang indah hingga wisata sejarahnya yang memukau.

Wisata Magelang Terbaru yang Lagi Hits

Ingin tahu apa saja sih tempat wisata Magelang yang lagi hits dan terbaru? Berikut ini kami sajikan 36 tempat wisata Magelang terbaru yang sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan:

1. Borobudur Sunrise

Borobudur Sunrise

Apa itu Borobudur Sunrise? Borobudur Sunrise adalah kegiatan menikmati matahari terbit dari atas Candi Borobudur. Anda bisa menikmati keindahan Borobudur dan kabut yang menghampar di sekitarnya dari ketinggian.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Borobudur Sunrise adalah dengan berangkat dari Magelang, lalu menuju ke Candi Borobudur. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan.

Kelebihan dari Borobudur Sunrise adalah keindahan pemandangan matahari terbit dari atas Borobudur, yang sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, kekurangannya adalah harga tiket masuk yang cukup mahal sekitar 380.000 – 500.000 per orang.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Borobudur Sunrise adalah tiket masuk yang sudah termasuk makan pagi dengan harga 500.000 untuk liburan dalam negeri dan 650.000 untuk wisatawan asing.

Cara untuk menikmati Borobudur Sunrise adalah dengan memesan tiket secara online maupun offline di website resmi Borobudur Sunrise atau langsung membeli tiket di lokasi saat hari-H.

2. Bukit Lumbung

Bukit Lumbung

Apa itu Bukit Lumbung? Bukit Lumbung adalah tempat wisata di Magelang yang menawarkan pemandangan indah dari atas bukit yang tinggi.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Bukit Lumbung adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Kecamatan Sawangan. Setelah itu, Anda bisa menuju ke Bukit Lumbung dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit.

Kelebihan dari Bukit Lumbung adalah pemandangan indah yang bisa dinikmati dari atas bukit, serta hampir tidak perlu biaya untuk menikmati tempat wisata ini. Namun, kekurangannya adalah akses jalan yang lumayan menantang dan cukup melelahkan.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Bukit Lumbung hampir tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Namun, jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka harus membayar biaya parkir.

Cara untuk menikmati Bukit Lumbung adalah dengan datang ke tempat wisata tersebut pada pagi hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Apa itu Candi Prambanan? Candi Prambanan adalah salah satu destinasi wisata di Magelang yang menakjubkan dengan kerlip lampu-lampu layaknya di masa lampau yang mengesankan.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Candi Prambanan adalah dengan berangkat dari Kota Yogyakarta ke Candi Prambanan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum seperti Transjogja atau ojek.

Kelebihan dari Candi Prambanan adalah sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan tentu memiliki banyak keindahan dan nilai sejarah yang diungkapkan dalam bangunan-bangunan yang ada di sana. Namun, kekurangannya adalah harga tiket masuk yang relatif mahal sekitar 450.000 rupiah per orang.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Candi Prambanan yaitu dengan membayar tiket masuk seharga 450.000 rupiah untuk wisatawan asing dan 325.000 untuk wisatawan dalam negri.

Cara untuk menikmati Candi Prambanan adalah dengan menggunakan panduan wisata atau dengan mengunjungi situs resmi Candi Prambanan yang menyediakan berbagai macam informasi seputar Candi Prambanan.

4. Museum Karmawibangga

Museum Karmawibangga

Apa itu Museum Karmawibangga? Museum Karmawibangga adalah salah satu tempat wisata Magelang yang cocok untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan sejarah pada masa lalu Indonesia.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Museum Karmawibangga adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Kecamatan Mungkid. Setelah itu, Anda bisa ke Museum Karmawibangga jarak tempuhnya sekitar 18KM dari Magelang.

Kelebihan dari Museum Karmawibangga adalah dapat menambah pengetahuan sejarah Indonesia dan banyak koleksi benda-benda peninggalan sejarah di Indonesia yang sangat menarik. Namun, kekurangannya adalah museum tersebut hanya buka pada hari kerja saja dan tiket masuk yang cukup mahal, yaitu sekitar 50.000 per orang.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Museum Karmawibangga adalah hanya sebesar 50.000 rupiah untuk tiket masuk.

Cara untuk menikmati Museum Karmawibangga adalah dengan mempersiapkan waktu dan tiket masuk, serta mempersiapkan diri untuk mengetahui sejarah Indonesia yang sangat berharga.

5. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Apa itu Hutan Pinus Pengger? Hutan Pinus Pengger adalah salah satu tempat wisata Magelang yang ingin memberikan ketenangan dan keindahan alam Indonesia yang masih asli dan memukau.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Hutan Pinus Pengger adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Kecamatan Secang. Setelah itu, Anda bisa ke Hutan Pinus Pengger dengan menyeberangi Sungai Progo dengan jembatan gantung, atau bisa juga melalui jalur darat.

Kelebihan dari Hutan Pinus Pengger adalah pemandangan alam yang masih sangat asli, serta suasana yang tenang dan damai sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepas penat. Namun, kekurangannya adalah akses yang cukup sulit dan kemungkinan cuaca hujan ketika melewati jalur jembatan gantung.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Hutan Pinus Pengger adalah tiket masuk gratis, namun jika membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir sekitar 10.000 rupiah.

Cara untuk menikmati Hutan Pinus Pengger adalah dengan menikmati pemandangan dan udara segar yang begitu khas, dan membawa bekal makanan atau minuman untuk menunjang hiburan yang berkesan.

6. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Apa itu Goa Jatijajar? Goa Jatijajar adalah salah satu tempat wisata hutan di Magelang yang menyajikan keindahan dan kesejukan alam.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Goa Jatijajar adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Kecamatan Muntilan lalu menuju ke jalan Raya Magelang-Yogyakarta (Jalan Raya Borobudur), lalu belok kiri masuk ke arah dari gerbang wisata Kedung pengilon.

Kelebihan dari Goa Jatijajar adalah keindahan alamnya yang asri dan fasilitas wisata lengkap mulai dari pendopo untuk istirahat hingga tempat parkir yang luas. Namun, kekurangannya adalah kemungkinan antri untuk masuk ke tempat wisata dan tiket masuk yang cukup mahal sekitar 25.000 rupiah per orang.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Goa Jatijajar adalah tiket masuk seharga 25.000 rupiah per orang.

Cara untuk menikmati Goa Jatijajar adalah dengan menyusuri gua yang inspiratif dan berpetualang di dalam gua, dan jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman untuk menemani aktifitas Anda.

7. Hutan Kota Magelang

Hutan Kota Magelang

Apa itu Hutan Kota Magelang? Hutan Kota Magelang adalah salah satu tempat wisata Magelang yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati alam Indonesia yang masih asri dan alami.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Hutan Kota Magelang adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Kecamatan Mertoyudan. Setelah itu, Anda bisa ke Hutan Kota Magelang dengan menyebrangi Sungai Progo dengan jembatan gantung, atau bisa juga melalui jalur darat.

Kelebihan dari Hutan Kota Magelang adalah pemandangan alam yang sangat indah, serta suasana yang tenang sehingga cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dan bersantai. Namun, kekurangannya adalah akses yang lumayan menantang dan cuaca yang bisa hujan ketika musim hujan tiba.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Hutan Kota Magelang adalah tiket masuk gratis, namun jika membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir sekitar 5.000 rupiah.

Cara untuk menikmati Hutan Kota Magelang adalah dengan menikmati pemandangan dan udara segar yang begitu khas, serta membawa bekal makanan dan minuman untuk menunjang hiburan yang menyenangkan.

8. Taman Wisata Candi Umbul

Taman Wisata Candi Umbul

Apa itu Taman Wisata Candi Umbul? Taman Wisata Candi Umbul adalah salah satu destinasi wisata Magelang yang menawarkan pemandangan indah nan menyejukkan di tengah alam Indonesia yang indah dan alami.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Taman Wisata Candi Umbul adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Kecamatan Bandongan. Setelah itu, Anda bisa ke Taman Wisata Candi Umbul dengan jalan kaki selama sekitar 10 menit.

Kelebihan dari Taman Wisata Candi Umbul adalah keindahan pemandangan mata air yang sangat memukau dan unik, serta suasana yang sejuk dan menenangkan. Namun, kekurangannya adalah akses yang tidak mudah dan waktu kunjungan yang tidak begitu lama.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Taman Wisata Candi Umbul adalah tiket masuk seharga 15.000 rupiah per orang, dengan fasilitas paket outbound seharga 50.000 rupiah per orang.

Cara untuk menikmati Taman Wisata Candi Umbul adalah dengan membawa bekal makanan dan minuman untuk menambah kenyamanan dan menikmati indahnya pemandangan di Taman Wisata Candi Umbul.

9. Curug Silawe

Curug Silawe

Apa itu Curug Silawe? Curug Silawe adalah salah satu tempat wisata Magelang yang menawarkan suasana alam yang begitu asri dan memikat, dengan air terjun yang sangat indah.

Rute yang harus dilalui untuk mencapai Curug Silawe adalah dengan berangkat dari Kota Magelang menuju Desa Jambu dan lanjut menuju ke perkebunan kopi Sindoro via Kecamatan Secang.

Kelebihan dari Curug Silawe adalah pemandangan air terjun yang sangat indah, serta suasana yang menyejukkan dan membuat Anda seperti merasa berada di tempat yang asing. Namun, kekurangannya adalah akses jalan yang tidak mudah dan harus menyusuri jalur yang cukup berat ketika musim hujan tiba.

Harga & Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati Curug Silawe tidak ditarik biaya atau gratis.

Cara untuk menikmati Curug Silawe adalah dengan membawa peralatan trekking dan mendaki, serta membawa bekal yang cukup untuk dinikmati saat di perjalanan.

10. Gamburan Hill

Gamburan Hill

Apa itu Gamburan Hill? Gamburan Hill adalah salah satu tempat wisata Magelang yang menawarkan suasana al