Tempat Wisata Pangalengan Bandung

Hai teman-teman yang gemar traveling! Bagi kalian yang sedang mencari tempat wisata sekitar Bandung, jangan lewatkan loh destinasi wisata Pangalengan. Pangalengan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Berikut kami hadirkan kepada kalian beberapa spot wisata di Pangalengan yang patut untuk dikunjungi:

Tempat Wisata Pangalengan

Bagi kalian penggemar seni budaya Indonesia, pasti tidak asing dengan unsur kesenian wayang. Di Pangalengan kamu dapat menemukan wahana wisata yang bernuansa wayang, yaitu Wayang Windu. Wayang Windu memiliki banyak fasilitas yang menarik, mulai dari pasar tradisional, kolam renang, tempat parkir yang luas, dan masih banyak lagi. Selain itu, Wayang Windu juga menyuguhkan pertunjukan boneka wayang yang unik dan menarik. Bagi kalian yang ingin mencoba menikmati pesona alam Pangalengan, juga dapat mengunjungi Curug Malela. Curug Malela memiliki air terjun yang cantik dan cukup terkenal di daerah Bandung.

gambar wayang windu

Apa Itu Wisata Wayang Windu?

Wayang Windu merupakan tempat wisata yang memadukan unsur seni budaya Indonesia, khususnya wayang dan wisata modern yang menarik. Di dalam Wayang Windu terdapat panggung wayang, pasar tradisional, tempat untuk kuliner, dan masih banyak lagi. Selain itu, di dalam wayang windu terdapat berbagai agen wisata yang menawarkan paket-paket wisata ke objek-objek wisata yang ada di sekitar Pangalengan.

Rute Menuju Wayang Windu

Jika kalian berasal dari pusat kota Bandung, dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum menuju pangalengan. Setelah itu, dapat mengikuti rute menuju Pasar Cileunyi, kemudian belok ke arah Kampung Cikidang, dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit.

Kelebihan Wayang Windu

  1. Menawarkan konsep wisata yang berbeda dari objek wisata lainnya
  2. Terdapat berbagai jenis souvenir dan oleh-oleh khas Pangalengan
  3. Harga tiket masuk yang cukup terjangkau
  4. Menawarkan wisata sekaligus kuliner

Kekurangan Wayang Windu

  • Fasilitas toilet terbilang kurang memadai
  • Pengunjung harus menaiki tangga yang cukup banyak untuk mencapai berbagai wahana wisata
  • Kurangnya informasi promosi mengenai Wayang Windu sehingga sulit dibandingkan dengan objek wisata lainnya

Harga Tiket Masuk Wayang Windu

Tiket masuk ke Wayang Windu cukup variatif tergantung dari jenis wahana wisata yang ingin dikunjungi. Berikut harga tiket masuk ke Wayang Windu beserta jenis wahana wisata yang ditawarkan:

Jenis Wahana Wisata Harga Tiket Masuk
Panggung Wayang Rp. 25.000,- per orang
Kolam Renang Rp. 20.000,- per orang
Rumah Adat Rp. 15.000,- per orang
Flying Fox Rp. 25.000,- per orang

Cara Menuju Curug Malela

Jika kalian berasal dari Jalur Soreang-Kabupaten Bandung, kalian dapat menempuh jalan sejauh 26 kilometer. Kemudian, belok kiri masuk ke Jl. Raya Pangalengan – Pameunpeuk. Lalu, belok kanan ke arah Desa Cisitu dekat dengan kafe The Peak. Setelahnya, kalian akan menemukan jalan setapak yang menelusuri sungai. Terakhir, kalian harus berjalan sejauh 15 menit untuk mencapai Curug Malela.

Kelebihan Curug Malela

  1. Pesona alam dan udara yang sejuk
  2. Fasilitas parkir kendaraan yang cukup luas
  3. Terdapat trek hiking yang dapat menantang adrenalin kalian

Kekurangan Curug Malela

  • Fasilitas toilet dan rest area terbilang tidak nyaman
  • Sulit untuk dicapai dengan transportasi umum
  • Kendaraan mobil yang besar sulit masuk ke lokasi

gambar kampung singkur

Destinasi Wisata Keluarga Kampung Singkur

Kampung Singkur adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik di Pangalengan. Di sini, kalian dapat merasakan suasana pedesaan yang tenang dan alami. Bagi kalian yang membawa anak-anak, Kampung Singkur menyediakan bebagai wahana pendidikan, mulai dari mengenalkan cara bertani, memberi makan hewan ternak, hingga membuat kerajinan tangan. Selain itu, kalian juga dapat melakukan hiking di sekitar kampung atau melakukan aktivitas berkemah yang menarik.

Apa itu Kampung Singkur?

Kampung Singkur merupakan kampung wisata yang memadukan nuansa pedesaan Indonesia dengan edukasi dan kuliner yang menarik. Di Kampung Singkur, kalian dapat merasakan suasana kampung yang tenang dan damai. Selain itu, kalian juga dapat belajar memasak makanan khas Indonesia serta mendapatkan pengenalan akan cara bercocok-tanam yang baik.

Rute Menuju Kampung Singkur

Jika kalian berasal dari pusat kota Bandung, dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum menuju Pangalengan. Kemudian, kalian dapat belok ke arah pasar Pangalengan, dan mengikuti jalan setapak menuju ke arah Kampung Singkur dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.

Kelebihan Kampung Singkur

  1. Menawarkan suasana kampung yang damai dan tenang
  2. Menyuguhkan edukasi tentang cara bercocok-tanam dan pengolahan makanan khas Indonesia
  3. Terdapat wahana hiking yang menarik dan aktivitas berkemah yang menyenangkan
  4. Menawarkan kuliner khas Indonesia

Kekurangan Kampung Singkur

  • Sulit dijangkau menggunakan transportasi umum
  • Fasilitas penginapan terbilang kurang memadai
  • Terdapat banyak tempat yang tertutup dan membuat suasana kampung kurang terlihat

Harga Paket Wisata Kampung Singkur

Harga paket wisata menuju Kampung Singkur bervariasi tergantung dari jenis fasilitas yang ditawarkan. Berikut harga paket wisata ke Kampung Singkur beserta jenis fasilitas yang ditawarkan:

Jenis Fasilitas Harga Paket Wisata
Camping Dan Edukasi Rp. 200.000,- per orang
Makanan Khas Indonesia Rp. 100.000,- per orang
Aktivitas Hiking Rp. 50.000,- per orang

Itulah beberapa spot wisata yang bisa kamu kunjungi di Pangalengan. Yuk, jangan sampai ketinggalan mendatangi destinasi-destinasi wisata yang cantik dan menarik ini!

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/