Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura: Harga, Jam Operasional, dan Tips Berkunjung

Dadan Suradan Pratama

Informasi Umum tentang Air Terjun Madakaripura

tiket masuk air terjun madakaripura terbaru
Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lombang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini tersembunyi di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sehingga untuk mencapai lokasinya, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 30 km dari Kota Probolinggo.

Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan terkenal akan keindahan alamnya. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang tertutup oleh vegetasi hijau yang lebat. Ketika air terjun jatuh dari atas, terciptalah semburan air yang menakjubkan, menciptakan suasana yang begitu indah dan menyejukkan.

Daya tarik utama dari Air Terjun Madakaripura adalah keunikan dan keindahannya yang mempesona. Air terjun ini terkenal sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur dan juga menjadi air terjun paling tersembunyi di Indonesia. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan berjalan melalui lorong batu yang indah dan terjal. Jika cuaca cerah, pengunjung juga dapat melihat pelangi yang terbentuk karena semburan air terjun yang tinggi.

Air Terjun Madakaripura juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Konon, air terjun ini merupakan tempat pertapaan atau meditasi bagi Patih Gajah Mada, seorang pejuang dan negarawan terkenal dari Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu, air terjun ini juga memiliki nilai spiritual dan menjadi tempat ziarah bagi beberapa orang.

Tidak heran bahwa Air Terjun Madakaripura menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alamnya yang menakjubkan, kisah sejarahnya yang menarik, serta akses yang mudah membuat air terjun ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lombang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 30 km dari Kota Probolinggo.

Tinggi dan Keindahan Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Keindahan air terjun ini terletak pada semburan air yang menciptakan suasana yang begitu indah dan menyejukkan. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang tertutup oleh vegetasi hijau yang lebat.

Keunikan dan Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terkenal sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur dan juga menjadi air terjun paling tersembunyi di Indonesia. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan berjalan melalui lorong batu yang indah dan terjal. Jika cuaca cerah, pengunjung juga dapat melihat pelangi yang terbentuk karena semburan air terjun yang tinggi. Air Terjun Madakaripura juga memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi.

Tiket Masuk dan Harga di Air Terjun Madakaripura

terjun madakaripura travelspromo tertinggi pulau probolinggo aktivitas tiket dijuluki abadi barat sehingga ketinggian sebagai ditempatkan agustus ragam
Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, Anda perlu membeli tiket masuk terlebih dahulu. Berikut ini adalah informasi tentang tiket masuk dan harga di Air Terjun Madakaripura.

Untuk tiket masuk ke Air Terjun Madakaripura, terdapat beberapa jenis tiket yang tersedia. Tiket masuk ini dibedakan berdasarkan kategori pengunjung, seperti dewasa, anak-anak, pelajar, dan kelompok. Setiap kategori tiket memiliki harga yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis tiket masuk dan harganya:

Tiket Dewasa

Tiket dewasa berlaku untuk pengunjung yang berusia di atas 12 tahun. Harga tiket dewasa untuk masuk ke Air Terjun Madakaripura adalah Rp 25.000 per orang.

Tiket Anak-Anak

Terdapat harga khusus untuk tiket anak-anak yang berusia antara 6 hingga 12 tahun. Harga tiket anak-anak untuk masuk ke Air Terjun Madakaripura adalah Rp 15.000 per orang.

Tiket Pelajar

Bagi pelajar yang ingin mengunjungi Air Terjun Madakaripura, terdapat harga khusus yang lebih murah. Harga tiket pelajar untuk masuk ke Air Terjun Madakaripura adalah Rp 10.000 per orang. Untuk mendapatkan harga khusus ini, pelajar perlu menunjukkan kartu pelajar yang masih berlaku.

Tiket Kelompok

Jika Anda berencana mengunjungi Air Terjun Madakaripura bersama kelompok, terdapat harga khusus untuk tiket kelompok. Harga tiket kelompok untuk masuk ke Air Terjun Madakaripura adalah Rp 20.000 per orang. Namun, untuk mendapatkan harga khusus ini, kelompok minimal terdiri dari 10 orang.

Dalam harga tiket masuk ke Air Terjun Madakaripura sudah termasuk akses masuk ke lokasi air terjun dan penggunaan fasilitas umum di sekitar area wisata. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga tiket tidak termasuk biaya parkir kendaraan dan biaya tambahan untuk menggunakan jasa pemandu lokal.

Jam Operasional Air Terjun Madakaripura

tiket masuk air terjun madakaripura terbaru
Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun ini, penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar perjalanan Anda berjalan lancar.

Jam operasional Air Terjun Madakaripura berlangsung dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Dalam rentang waktu ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh air terjun ini. Namun, disarankan untuk datang sebelum pukul 03.00 sore agar memiliki waktu yang cukup untuk menikmati keindahan air terjun sebelum tutup.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura adalah saat musim kemarau. Pada musim ini, debit air terjun cenderung lebih kecil dan cuaca lebih cerah, sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun tanpa terhalang hujan atau air yang terlalu deras.

Pengunjung juga perlu memperhatikan batasan waktu yang ditetapkan saat tinggal di area air terjun. Pengelola membatasi waktu kunjungan hingga pukul 05.00 sore agar pengunjung memiliki waktu yang cukup untuk kembali ke tempat parkir dan meninggalkan area air terjun sebelum malam tiba.

Mengetahui jam operasional Air Terjun Madakaripura memiliki banyak manfaat. Pertama, Anda dapat mengatur jadwal perjalanan Anda dengan baik agar sesuai dengan jam operasional air terjun. Kedua, dengan mengetahui waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun, Anda dapat menghindari cuaca buruk atau debit air yang terlalu tinggi. Terakhir, dengan memperhatikan batasan waktu tinggal di area air terjun, Anda dapat menghindari risiko terjebak di area air terjun saat malam tiba.

Jadi, pastikan Anda memperhatikan jam operasional Air Terjun Madakaripura sebelum mengunjunginya agar perjalanan wisata Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Fasilitas dan Sarana di Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura menawarkan berbagai fasilitas dan sarana yang dapat memenuhi kebutuhan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Air Terjun Madakaripura:

Toilet

Di Air Terjun Madakaripura, terdapat fasilitas toilet yang tersedia bagi para pengunjung. Toilet ini memiliki standar kebersihan yang baik dan terawat dengan baik. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini untuk keperluan pribadi mereka.

Warung Makan

Selain toilet, terdapat juga warung makan di Air Terjun Madakaripura. Warung makan ini menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang merasa lapar atau haus setelah beraktivitas di air terjun. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Tempat Istirahat

Untuk pengunjung yang membutuhkan istirahat sejenak, terdapat juga tempat istirahat di Air Terjun Madakaripura. Tempat ini dilengkapi dengan bangku dan meja sehingga pengunjung dapat duduk dan bersantai sejenak sambil menikmati udara segar dan pemandangan sekitar.

Selain fasilitas di atas, terdapat juga fasilitas lain yang tersedia di Air Terjun Madakaripura seperti tempat parkir yang aman dan nyaman untuk kendaraan pengunjung. Selain itu, terdapat juga mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah dan area bermain untuk anak-anak yang ingin bermain dan bersenang-senang.

Sebelum berkunjung ke Air Terjun Madakaripura, penting bagi pengunjung untuk mempersiapkan diri dengan fasilitas yang ada. Pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi seperti handuk, baju ganti, dan perlengkapan mandi jika ingin mandi di air terjun. Selain itu, pastikan juga untuk membawa uang tunai yang cukup untuk membeli makanan dan minuman di warung serta untuk membayar tiket masuk dan biaya parkir. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, pengunjung dapat lebih nyaman dan menikmati pengalaman di Air Terjun Madakaripura.

Tips dan Panduan Berkunjung ke Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di Probolinggo, Jawa Timur, dan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang indah. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke sana, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Perlengkapan dan Pakaian yang Sebaiknya Dibawa

Sebelum menuju Air Terjun Madakaripura, ada beberapa perlengkapan dan pakaian yang sebaiknya Anda bawa. Berikut ini adalah daftar yang perlu Anda persiapkan:

  • Pakaian yang nyaman dan mudah kering
  • Sepatu yang nyaman dan anti air
  • Topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari atau hujan
  • Minuman dan makanan ringan
  • Perlengkapan medis pribadi (jika diperlukan)
  • Selimut atau jaket (untuk menjaga kehangatan saat malam hari)

Tingkat Kesulitan dan Keamanan Saat Mendaki

Mendaki menuju Air Terjun Madakaripura membutuhkan usaha fisik yang cukup. Jalur pendakian cukup curam dan berbatu, sehingga Anda perlu berhati-hati saat melangkah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang sehat dan siap untuk mendaki
  • Jangan mendaki saat hujan atau cuaca buruk
  • Ikuti petunjuk dan instruksi dari pemandu lokal
  • Gunakan perlengkapan keselamatan seperti helm dan tali pengaman (jika tersedia)
  • Jangan meninggalkan jalur pendakian yang telah ditentukan
  • Hindari berenang di kolam di bawah air terjun jika arus air terlalu kuat

Panduan Perjalanan yang Rinci

Berikut adalah panduan perjalanan yang rinci untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura:

Hari Pertama Hari Kedua
  • Tiba di Probolinggo
  • Pergi ke Air Terjun Madakaripura
  • Mendaki menuju air terjun
  • Menikmati keindahan air terjun
  • Kembali ke penginapan
  • Bangun pagi dan sarapan
  • Pergi ke tempat wisata sekitar
  • Explore alam sekitar
  • Kembali ke Probolinggo
  • Pulang ke kota asal

Ringkasan FAQ

Apakah ada tiket masuk yang tersedia di Air Terjun Madakaripura?

Ya, terdapat tiket masuk yang dapat dibeli untuk mengunjungi Air Terjun Madakaripura.

Berapa harga tiket masuk untuk setiap jenis tiket?

Harga tiket masuk ke Air Terjun Madakaripura bervariasi tergantung pada jenis tiket yang dipilih. Tiket reguler untuk dewasa biasanya sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000, sementara tiket anak-anak dan pelajar biasanya memiliki harga diskon.

Apakah terdapat harga khusus untuk anak-anak, pelajar, atau kelompok?

Ya, terdapat harga khusus untuk anak-anak, pelajar, atau kelompok. Biasanya, mereka mendapatkan harga tiket dengan diskon yang lebih murah.

Apa saja fasilitas yang tersedia di Air Terjun Madakaripura?

Di Air Terjun Madakaripura, Anda dapat menemukan fasilitas seperti toilet, warung makan, dan tempat istirahat untuk istirahat sejenak.

Apakah terdapat fasilitas lain seperti tempat parkir, mushola, atau area bermain?

Ya, terdapat fasilitas lain seperti tempat parkir, mushola, dan area bermain di sekitar Air Terjun Madakaripura.

Apa saja tips yang bisa diberikan kepada pengunjung Air Terjun Madakaripura?

Beberapa tips yang dapat diberikan kepada pengunjung Air Terjun Madakaripura antara lain: mempersiapkan pakaian yang nyaman, membawa perlengkapan yang diperlukan, memperhatikan keamanan, dan mengikuti panduan perjalanan yang disarankan.