Tombol Full Screen Laptop

Sebagai seorang pengguna komputer atau laptop, tentunya sering kali kita memerlukan pengambilan screenshot layar. Salah satu cara melakukan hal tersebut adalah dengan menggunakan tombol print screen pada keyboard atau dengan tombol kombinasi lainnya. Namun, masih banyak orang yang belum familiar dengan cara mengambil screenshot layar komputer atau laptop. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot layar komputer atau laptop.

Cara Mengambil Screenshot Layar Komputer atau Laptop

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Gambar Keyboard

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menekan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard. Setelah itu, Anda dapat mengedit atau memotong hasil screenshot tersebut dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Adobe Photoshop.

2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Gambar Dell Keyboard

jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot layar. Hasil screenshot tersebut akan otomatis tersimpan di folder Pictures Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Gambar Screenshot Pro

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot layar. Beberapa di antaranya adalah Screenshot Pro, Snagit, dan Lightshot. Aplikasi-aplikasi ini dapat menangkap screenshoot dengan lebih banyak opsi.

Apa Itu Chuột Cảm Ứng?

Chuột cảm ứng adalah perangkat input yang mampu menggantikan peran mouse tradisional pada komputer. Chuột cảm ứng ini digunakan pada touchpad laptop dan merupakan perangkat lunak yang sangat penting bagi pengguna laptop dan notebook. Pada dasarnya, touchpad adalah perangkat input yang menggantikan peran mouse pada laptop atau notebook untuk mempermudah dan mempercepat berbagai macam aktivitas, seperti scrolling, klik kanan, dan klik kiri.

Kelebihan Chuột Cảm Ứng

1. Praktis

Gambar Touchpad

Chuột cảm ứng sangat praktis dan memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan komputer atau laptop. Selain itu, touchpad juga ringan dan mudah dibawa-bawa sehingga dapat digunakan dimana saja.

2. Penghematan Ruang

Gambar Slim

Touchpad berukuran kecil sehingga dapat menghemat ruang pada komputer atau laptop. Bahkan, touchpad ini sering kali digunakan untuk mencegah kinerja sistem terganggu atau lelet.

3. Mudah Digunakan

Gambar Penggilasan

Touchpad sangat mudah digunakan dan bahkan dapat menggantikan fungsi mouse pada komputer. Penggunaan touchpad ini dapat dilakukan dengan gerakan jari pada touchpad sehingga sangat memudahkan dalam pengoperasian komputer atau laptop.

Kekurangan Chuột Cảm Ứng

1. Tidak Cocok Bagi Pengguna Lama

Banyak pengguna yang telah menggunakan mouse selama bertahun-tahun mungkin akan merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan touchpad. Selain itu, touchpad memiliki kelebihan ukuran yang lebih kecil daripada mouse sehingga mengakibatkan sedikit kesulitan dalam menghapus atau memodifikasi detail pada dokumen atau gambar.

2. Tidak Cocok Untuk Prosesor Intensive

Pengoperasian atau pemakaian touchpad pada komputer atau laptop dengan prosesor intensive dan beban kerja yang tinggi dapat mempengaruhi kinerja sistem. Bahkan, ada saat-saat dimana touchpad tidak akan bekerja dan menyebabkan masalah.

Spesifikasi Chuột Cảm Ứng

1. Desain

Chuột cảm ứng hadir dengan desain yang sangat tipis dan tamper yang biasa digunakan pada laptop atau notebook. Biasanya memiliki dimensi panjang dari 6 inci hingga 8 inci, sebagai alternatif pengganti mouse. Selain itu, pada laptop yang lebih baru touchpad biasanya dilengkapi dengan tombol klik kiri dan kanan dan beberapa bahkan datang dengan beberapa fitur tambahan

2. Kompatibilitas

Keberadaan touchpad terutama pada laptop atau notebook biasanya sudah terintegrasi pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Perangkat ini biasanya dapat langsung digunakan setelah komputer atau laptop dicolokkan ke port USB.

3. Sensor

Secara umum, sensor pada touchpad biasanya memiliki kinerja yang moderat dan berasal dari beberapa merek terkenal seperti Synaptics.

Merk dan Harga Chuột Cảm Ứng

Beberapa merk yang menyediakan chuột cảm ứng diantaranya Dell, HP, dan Asus. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari brand, spesifikasi, dan fungsi touchpad. Harga touchpad bervariasi mulai dari 400-900ribu rupiah.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengambil screenshot layar komputer atau laptop dan ulasan mengenai chuột cảm ứng. Dengan memahami cara mengambil screenshot layar dan kelebihan serta kekurangan chuột cảm ứng, Anda dapat memilih perangkat mana yang paling cocok untuk membantu aktivitas sehari-hari pada komputer atau laptop Anda.

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/