Wisata Agro Wonosari

Mau tahu wisata sejuk di kawasan Wonosari yang bikin hati dan pikiran terasa tenang? Kamu harus coba berkunjung ke perkebunan teh Wonosari yang terletak di daerah Lawang, Malang. Dalam wisata agro ini kamu bisa menjelajahi keindahan kebun teh sekaligus menikmati segarnya udara pegunungan. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari seluk-beluk perkebunan teh dan jenis-jenis teh yang dihasilkan.

Wisata Sejuk Perkebunan Teh Wonosari

Perkebunan teh Wonosari merupakan tempat wisata yang sudah populer di kalangan wisatawan, bukan hanya lokal tetapi juga mancanegara. Terdapat sekitar 750 hektar kawasan perkebunan teh hijau, hitam dan oolong yang menjadi objek wisata agro. Setelah memasuki area parkir, kamu akan disambut oleh pemandangan khas perkebunan teh dan cuaca pegunungan yang sejuk. Di sini, kamu bisa melihat keindahan pemandangan perbukitan dari jauh dan tentunya udara yang segar.

Wisata Sejuk Perkebunan Teh Wonosari

Apa Itu Wisata Agro?

Wisata agro merupakan wisata yang menawarkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pertanian seperti berkebun, memelihara binatang, dan memasak masakan tradisional. Di sini, kamu bisa belajar dan merasakan langsung aktivitas yang biasanya dilakukan para petani atau pedesaan. Berwisata agro sangat cocok bagi mereka yang tertarik dengan kegiatan outdoor dan ingin merasakan suasana pedesaan yang nyaman.

Rute Menuju Perkebunan Teh Wonosari

Lokasi perkebunan teh Wonosari terletak di Jl. Raya Arjosari-Rampal Celaket, Desa Toyomarto, Lawang, Malang. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi atau dengan memilih paket wisata yang telah disediakan oleh travel agent yang ada di daerah Malang. Sebaiknya waktu kedatangan lebih pagi agar kamu bisa menikmati udara segar dan keindahan pemandangan yang masih sangat asri.

Kelebihan dan Kekurangan Wisata Sejuk Perkebunan Teh Wonosari

Kelebihan:

  • Udara yang segar dan sejuk di kawasan perbukitan
  • Menyediakan banyak spot foto yang menarik
  • Tersedia tour guide yang ramah dan informatif mengenai perkebunan teh
  • Tempat wisata yang mudah dijangkau dari Malang
  • Menyediakan banyak souvenir lokal dalam kawasan perkebunan teh

Kekurangan:

  • Tidak banyak tempat duduk di sepanjang jalan di perkebunan teh
  • Lokasi perkebunan terkini tanah tinggi sehingga cenderung lembab pada saat tertentu
  • Tidak disediakan banyak warung makanan di sekitar area

Harga dan Biaya

Untuk masuk ke dalam kawasan perkebunan teh Wonosari, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar RP10.000,-. Namun jika kamu ingin melihat dan mempelajari lebih jauh seluk-beluk dari perkebunan teh dan produksi teh, kamu bisa memesan paket tur yang tersedia. Paket tur ini mulai dari harga RP50.000,- hingga RP200.000,-.

Cara Berkunjung Ke Perkebunan Teh Wonosari

Untuk menuju ke kawasan perkebunan teh Wonosari, kamu bisa menggunakan kendaraan umum ke arah daerah Lawang atau memilih paket wisata yang telah disediakan oleh travel agent. Namun jika kamu ingin lebih bebas dan menghemat biaya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat beberapa rute yang bisa kamu ambil menuju perkebunan teh Wonosari seperti:

  • Rute 1: Malang – Singosari – Lawang – Desa Toyomarto
  • Rute 2: Malang – Pandesari – Karangploso – Krebet – Desa Toyomarto
  • Rute 3: Batu – Sumberbrantas – Lawang – Desa Toyomarto

Setelah sampai di kawasan perkebunan teh Wonosari, jangan lupa untuk menyewa guide atau membeli peta agar lebih mudah dalam menjelajahi kawasan perkebunan teh ini.

Wisata Agro Wonosari Kebun Teh Lawang

Selain perkebunan teh Wonosari, kamu juga bisa mengeksplorasi wisata agro lainnya di area sekitar Lawang. Satu di antaranya adalah kebun teh Lawang yang terletak di kaki gunung Arjuno. Kebun teh Lawang ini menawarkan pemandangan kebun teh hijau yang asri dan juga fasilitas wisata agro lainnya seperti berkebun jagung, memerah kambing, dan kegiatan-kegiatan lain yang menghibur. Kamu bisa membeli produk-produk khas daerah Lawang seperti teh dan keripik ketela di toko souvenir yang ada di dalam kawasan wisata.

Wisata Agro Wonosari Kebun Teh Lawang

Jangan khawatir dengan fasilitas di kebun teh Lawang ini, karena di sini juga disediakan banyak wahana permainan dan warung makanan. Cocok banget nih buat kamu yang ingin berwisata keluarga atau sekadar berlibur bersama teman-teman. Untuk masuk ke kawasan kebun teh Lawang, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar RP10.000,- untuk dewasa dan RP5.000,- untuk anak-anak.

Selain wisata agro, Malang juga memiliki tempat wisata alam yang indah. Mulai dari pantai, gunung hingga air terjun, semuanya ada di sini. Kamu bisa mengeksplorasi keindahan alam Malang dengan memilih paket-paket wisata yang disediakan oleh travel agent. Pastikan budgetmu mencukupi ya, karena destinasi wisata di Malang memang cukup bervariasi.

Itulah ulasan mengenai wisata sejuk di perkebunan teh Wonosari dan kebun teh Lawang. Jangan lupa untuk mengunjunginya ya! Dapatkan pengalaman baru dan pengetahuan mengenai kebun teh yang menarik. Happy traveling! 🙂

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/