Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru adalah destinasi wisata alam yang terletak di Kulon Progo, Jogjakarta. Destinasi wisata ini menawarkan pesona keindahan alam yang begitu menawan dengan pemandangan yang spektakuler. Lokasi wisata ini terletak di ujung barat Jogjakarta yang memungkinkan kita untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau. Selain itu, Kalibiru juga menawarkan berbagai macam aktivitas yang cocok bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alam sambil beraktivitas.

Apa itu Kalibiru?

Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata alam yang masih terbilang baru, tetapi sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Kalibiru terletak di Dusun Surodakan, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, dan bisa ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam dari pusat kota Jogjakarta. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan hamparan perbukitan hijau nan sejuk serta kolam-kolam air yang jernih. Selain itu, tempat ini juga menawarkan foto spot yang begitu instagramable untuk kepuasan para wisatawan.

Rute Menuju Kalibiru

Untuk menuju ke Kalibiru, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkutan umum atau taksi atau juga menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Jika Anda memilih menggunakan kendaraan umum, kemudian Anda bisa masuk ke terminal Jombor, kemudian Anda dapat menggunakan bus langsung ke Kulon Progo dan turun di pertigaan Daerah Ekonomi Kalibiru. Kemudian, Anda dapat menggunakan ojek untuk menuju ke lokasi wisata Kalibiru.

Kelebihan Kalibiru

Kalibiru menawarkan pemandangan yang sangat memukau dan merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, wisata Kalibiru juga menawarkan berbagai macam fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, warung makan, dan kamar mandi yang bersih dan nyaman. Hal yang menarik dari Kalibiru adalah tempat ini memiliki banyak spot foto yang begitu indah dan unik sehingga membuat wisatawan merasa puas dan tidak akan kehabisan ide untuk berfoto.

Kekurangan Kalibiru

Namun, seperti tempat wisata lainnya, Kalibiru juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari Kalibiru adalah tempat ini seringkali ramai dan padat dikunjungi oleh para wisatawan, terutama pada musim liburan atau akhir pekan. Selain itu, akses ke lokasi juga belum terlalu mudah, karena jalan untuk mencapai Kalibiru masih cukup terjal dan berkelok-kelok.

Harga dan Biaya

Untuk membayar biaya masuk ke Kalibiru cukup terjangkau, Anda hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya tambahan jika ingin menggunakan wisata petualangan seperti Tertinggi Tarzan, Flying Fox, dan Sky Bike yang disediakan oleh Kalibiru.

Cara Berkunjung ke Kalibiru

Untuk meyakinkan liburan di Kalibiru, Anda sebaiknya mempersiapkan diri dan membawa beberapa perlengkapan penting seperti pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan serta kamera untuk mengabadikan momen indah Anda selama di Kalibiru. Jangan lupa pula untuk menghindari waktu ramai seperti liburan dan akhir pekan serta Sediakan baik-baik perbekalan makanan dan minuman ketika menuju kesana.

wisata-kalibiru

Kesimpulan

Kalibiru adalah tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menawarkan pesona keindahan alam yang sangat memukau serta berbagai macam aktivitas yang cocok bagi siapapun yang ingin menikmati liburan yang santai. Jangan lupa untuk merencanakan waktu ke Kalibiru dengan benar, membawa perlengkapan yang dibutuhkan, dan juga menghindari waktu-waktu ramai. Dapatkan pengalaman liburan tak terlupakan di Kalibiru Kulon Progo Jogjakarta.

wisata-alam-kalibiru-by-@arissevtiee

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata yang menarik di Jogjakarta. Nikmati keindahan alam Indonesia dengan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Wisata Alam Kalibiru yang dipublish pada 7 Desember 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait