Motor Listrik

Wisata Alam Magelang

Bagi pecinta alam, pasti tidak ingin melewatkan kesempatan liburan setelah lebaran di Magelang. Kota yang terkenal dengan Candi Borobudur ini memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik. Berikut ini adalah 8 wisata alam Magelang yang cocok untuk liburan setelah lebaran:

Curug Sigetik

Curug Sigetik

Apa itu Curug Sigetik?
Curug Sigetik adalah air terjun yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan debit air yang cukup besar. Selain indah, Curug Sigetik juga diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Rute ke Curug Sigetik
Menuju Curug Sigetik dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam dari Magelang.

Kelebihan Curug Sigetik
Curug Sigetik menawarkan panorama yang sangat indah dengan suasana yang masih alami. Terdapat pula kolam di bawah air terjun yang bisa dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air.

Kekurangan Curug Sigetik
Untuk menuju tempat ini, trekkernya harus menempuh perjalanan yang cukup berat karena harus melewati jalur menanjak yang cukup terjal, licin, dan sempit. Jadi, disarankan bagi yang ingin berkunjung ke Curug Sigetik membawa perlengkapan yang cukup serta kondisi tubuh yang fit.

Harga dan biaya masuk ke Curug Sigetik
Agar dapat menikmati keindahan Curug Sigetik, para wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Cara menuju Curug Sigetik
Dari kota Magelang, menuju Curug Sigetik bisa ditempuh melalui rute Magelang – Mungkid – Mertoyudan – Desa Karangrejo. Setelah sampai di Desa Karangrejo, para wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Curug Sigetik.

Suroloyo Peak

Suroloyo Peak

Apa itu Suroloyo Peak?
Suroloyo Peak adalah bukit yang terletak di kawasan Dusun Giripurno, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan menjadi pusat pemandangan alam yang indah di kawasan Borobudur.

Rute ke Suroloyo Peak
Menuju Suroloyo Peak dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dan harus berjalan kaki sejauh 30 menit dari parkiran kendaraan.

Kelebihan Suroloyo Peak
Dari puncak bukit, para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sejuk dan segar. Selain itu, di puncak bukit terdapat Pura Suroloyo, yang sering digunakan sebagai tempat melakukan pertapaan.

Kekurangan Suroloyo Peak
Untuk menuju ke puncak, para pengunjung harus berjalan kaki melalui jalur yang cukup menantang dengan tanjakan yang curam dan jalan yang sempit. Namun, kerja keras Anda akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Harga dan biaya masuk ke Suroloyo Peak
Agar dapat menikmati pemandangan indah di puncak Suroloyo, para pengunjung harus membayar biaya masuk sekitar Rp8.000 per orang.

Cara menuju Suroloyo Peak
Menuju Suroloyo Peak dari Kota Magelang, para pengunjung dapat melewati rute Magelang – Mungkid – Candirejo – Giripurno – Suroloyo Peak. Waktu tempuh dari Kota Magelang sekitar 45 menit.

Kaliadem Merapi

Kaliadem Merapi

Apa itu Kaliadem Merapi?
Kaliadem Merapi adalah kawasan wisata yang terletak di bawah kaki Gunung Merapi. Tempat ini menjadi destinasi wisata karena menawarkan pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk dan nyaman.

Rute ke Kaliadem Merapi
Menuju Kaliadem Merapi dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari kota Magelang.

Kelebihan Kaliadem Merapi
Kawasan Kaliadem Merapi menawarkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kegiatan vulkanologi dari museum yang ada di tempat ini.

Kekurangan Kaliadem Merapi
Mengunjungi Kaliadem Merapi tidak disarankan bagi para tamu yang memiliki gangguan kesehatan. Hal ini karena lokasi ini merupakan kawasan bencana karena letaknya yang berada di bawah kaki gunung berapi yang aktif.

Harga dan biaya masuk ke Kaliadem Merapi
Untuk dapat menikmati pemandangan indah di kawasan ini, para pengunjung harus membayar biaya masuk sekitar Rp10.000 per orang.

Cara menuju Kaliadem Merapi
Dari Kota Magelang, menuju Kaliadem Merapi dapat ditempuh melalui rute Magelang – Cangkringan – Kaliadem. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Taman Nasional Gunung Merbabu

Taman Nasional Gunung Merbabu

Apa itu Taman Nasional Gunung Merbabu?
Taman Nasional Gunung Merbabu adalah kawasan wisata yang terletak di sebelah barat daya Kota Magelang. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 640 hektar dan menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Para penjelajah dapat menikmati hamparan luas persawahan yang menghijau serta panorama alam yang mulai terasa di sekitar ketinggian 1.600 mdpl.

Rute ke Taman Nasional Gunung Merbabu
Menuju Taman Nasional Gunung Merbabu dapat ditempuh melalui rute Magelang – Ketep Pass – Selo – Basecamp Cunthel.

Kelebihan Taman Nasional Gunung Merbabu
Taman Nasional Gunung Merbabu menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan udara yang sejuk dan segar. Selain itu, terdapat banyak tempat untuk berkemah dan hiking bagi para penjelajah.

Kekurangan Taman Nasional Gunung Merbabu
Untuk menuju ke Taman Nasional Gunung Merbabu, para pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan cukup ekstrem karena harus menempuh jalanan yang berkelok-kelok dengan tanjakan yang cukup curam.

Harga dan biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Merbabu
Agar dapat menikmati alam yang indah di Taman Nasional Gunung Merbabu, para pengunjung harus membayar biaya masuk sekitar Rp15.000 per orang.

Cara menuju Taman Nasional Gunung Merbabu
Menuju Taman Nasional Gunung Merbabu dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam dari kota Magelang.

Air Terjun Umbul Jumprit

Air Terjun Umbul Jumprit

Apa itu Air Terjun Umbul Jumprit?
Air Terjun Umbul Jumprit adalah air terjun yang terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki air yang sangat jernih.

Rute ke Air Terjun Umbul Jumprit
Menuju Air Terjun Umbul Jumprit dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam dari Magelang.

Kelebihan Air Terjun Umbul Jumprit
Air Terjun Umbul Jumprit menawarkan pemandangan yang sangat indah dan suasana yang masih alami. Terdapat pula kolam di bawah air terjun yang bisa dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air.

Kekurangan Air Terjun Umbul Jumprit
Untuk menuju tempat ini, trekkernya harus menempuh perjalanan yang cukup berat karena harus melewati jalur menanjak yang cukup terjal, licin, dan sempit. Jadi, disarankan bagi yang ingin berkunjung ke Air Terjun Umbul Jumprit membawa perlengkapan yang cukup serta kondisi tubuh yang fit.

Harga dan biaya masuk ke Air Terjun Umbul Jumprit
Agar dapat menikmati keindahan Air Terjun Umbul Jumprit, para wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Cara menuju Air Terjun Umbul Jumprit
Dari kota Magelang, menuju Air Terjun Umbul Jumprit bisa ditempuh melalui rute Magelang – Secang – Candimulyo – Desa Candirejo. Setelah sampai di Desa Candirejo, para wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Air Terjun Umbul Jumprit.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Apa itu Goa Jatijajar?
Goa Jatijajar adalah goa kars yang terletak di Dusun Jatijajar, Kelurahan Kajoran, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Goa ini memiliki stalagmit, stalaktit dan sungai bawah tanah. Goa ini juga digunakan oleh para peminat arkeologi untuk mencari fosil manusia.

Rute ke Goa Jatijajar
Menuju Goa Jatijajar dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam dari Magelang.

Kelebihan Goa Jatijajar
Goa Jatijajar menawarkan pemandangan yang unik dengan batuan karst yang menakjubkan. Selain itu, di dalam goa ini terdapat air terjun yang cukup indah dan keindahan stalagmit dan stalaktit yang memukau.

Kekurangan Goa Jatijajar
Untuk berkunjung ke Goa Jatijajar, trekkernya harus sangat hati-hati karena jalur yang ditempuh menuju goa ini cukup berat. Selain itu, disarankan bagi para pengunjung untuk membawa pakaian dan alas kaki yang sesuai dengan medan.

Harga dan biaya masuk ke Goa Jatijajar
Agar dapat menikmati keindahan Goa Jatijajar, para wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Cara menuju Goa Jatijajar
Dari kota Magelang, menuju Goa Jatijajar dapat ditempuh melalui rute Magelang – Mertoyudan – Kaliangkrik – Jatijajar. Setelah sampai di Dusun Jatijajar, para wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Goa Jatijajar.

Serayu Rafting Magelang

Serayu Rafting Magelang

Apa itu Serayu Rafting Magelang?
Serayu Rafting Magelang merupakan tempat wisata yang menawarkan aktivitas menantang dan mendebarkan yaitu melakukan rafting di sungai Serayu. Serayu Rafting Magelang ini terletak sekitar 18 km di sebelah utara Kota Magelang.

Rute ke Serayu Rafting Magelang
Menuju Serayu Rafting Magelang dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit dari Magelang.

Kelebihan Serayu Rafting Magelang
Serayu Rafting Magelang menawarkan kegiatan yang menantang dan mendebarkan yaitu rafting di sungai Serayu yang memiliki pemandangan alam yang indah. Ditambah lagi, pemandu dan petugas yang sangat profesional akan memandu setiap peserta rafting sehingga keamanan dan keselamatan diri peserta tetap terjamin.

Kekurangan Serayu Rafting Magelang
Kegiatan rafting yang diadakan di Serayu Rafting Magelang hanya memungkinkan bagi orang yang sudah memenuhi syarat berenang dan kondisi fisik yang sehat. Selain itu, kegiatan rafting juga tidak disarankan bagi mereka yang hamil, lansia, dan anak-anak.

Harga dan biaya masuk ke Serayu Rafting Magelang
Agar dapat menikmati kegiatan rafting di Serayu Rafting Magelang, para wisatawan harus membayar biaya sekitar Rp500.000 untuk group 6 orang.

Cara menuju Serayu Rafting Magelang
Dari kota Magelang, menuju Serayu Rafting Magelang dapat ditempuh melalui rute Magelang – Blabak – Bulurejo –

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Wisata Alam Magelang yang dipublish pada 7 Desember 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait