Wisata Alam Magelang

Jika Anda adalah pecinta wisata alam dan mencari tempat wisata yang menenangkan di sekitar Magelang, maka Anda harus mengunjungi beberapa tempat yang ada dalam daftar wisata alam di sini. Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 tempat wisata alam di Magelang yang benar-benar menakjubkan dan membuat indah liburan Anda.

Sungai Elo

Foto Sungai Elo

Sungai Elo adalah sebuah tempat wisata alam di Magelang yang sangat terkenal dan populer. Terletak di Dusun Ketep, Desa Candimulyo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sungai Elo menawarkan banyak hal bagi para pengunjungnya.

Apa itu Sungai Elo?

Sungai Elo adalah satu sungai kecil yang terletak di kaki Gunung Merbabu. Sungai ini cukup bersih dan airnya sangat jernih. Selain itu, Sungai Elo dikelilingi dengan hutan pinus yang menakjubkan dan pemandangan indah yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Ini adalah sebuah tempat wisata yang cocok buat pengunjung yang ingin mencari ketenangan, keindahan alam dan ingin menikmati suasana pedesaan yang nyaman dan menenangkan.

Rute ke Sungai Elo

Bagi para pengunjung yang ingin berkunjung ke Sungai Elo, rute yang harus dilalui cukup mudah. Pertama-tama, Anda perlu pergi ke Desa Candimulyo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari Stasiun Magelang, pengunjung bisa mengambil bus atau mobil umum untuk menuju desa tersebut. Setelah sampai di desa, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan menuju ke taman wisata Sungai Elo. Setelah itu, pengunjung bisa turun dekat dermaga dan menikmati keindahan disana.

Kelebihan Sungai Elo

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelebihan Sungai Elo adalah keindahan alam yang memukau. Airnya yang jernih, hutan pinus serta udara yang sejuk dan segar menjadi magnet bagi para pengunjung. Selain itu, tempat wisata ini cocok sebagai tempat rekreasi keluarga, berkemah dan picnic. Jika pengunjung memiliki anak-anak, Sungai Elo bisa menjadi sarana untuk menimbulkan minat dan rasa cinta terhadap alam dan lingkungan.

Kekurangan Sungai Elo

Nama Sungai Elo memang sudah terkenal luas, namun popularitasnya menurun sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan para wisatawan kurang memerhatikan kebersihan Sungai. Dalam beberapa kasus, sampah disebarkan sembarangan dan tak sedikit para pengunjung yang kurang memasukkan kegiatan rafting ke dalam agenda liburan mereka. Namun, masih ada banyak pengunjung yang bertanggung jawab dan mempraktikkan kegiatan ekoturisme.

Harga dan Biaya

Untuk masuk ke kawasan Sungai Elo, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Namun, bagi orang-orang yang ingin camping atau berkemah, akan dikenakan biaya sekitar Rp 75.000/orang. Biaya ini meliputi sewa tenda, perlengkapan camping seperti sleeping bag, matras, serta makanan dan minuman untuk konsumsi saat di camping.

Cara Ke Sungai Elo

Anda bisa menuju ke Magelang dengan naik kereta api. Keretapi ini memiliki jurusan Surabaya-Via Magelang, Semarang-Via Magelang dan Solo-Via Magelang.

Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan salah satu warisan dunia UNESCO yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda berada di Magelang. Candi ini merupakan satu dari beberapa candi berkualitas tinggi yang dapat ditemukan di Indonesia dan menjadi bukti bahwa pada saat itu begitu tingginya kemampuan teknologi serta keagungan kebudayaan yang dimiliki oleh lampau.

Apa itu Candi Prambanan?

Candi Prambanan adalah komplek candi pertama di Indonesia yang dapat dikenali sebagai candi Hindu. Komplek ini terdiri dari 8 bangunan utamayang menjadi tempat suci untuk Dewa Siwa, Wisnu dan juga Brahma. Selain itu, di komplek itu juga terdapat makam-makam, kanal dan istana dari kerajaan Kalingga.

Rute ke Candi Prambanan

Letak Candi Prambanan tidak terlalu jauh dari kota Magelang. Wisatawan bisa pergi dengann menggunakan angkutan umum seperti bus dan kereta api yang menuju ke Terminal Tugu Jogyakarta. Dari terminal tersebut, para wisatawan bisa melanjutkan ke Candi Prambanan dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kendaraan di dalam kota.

Kelebihan Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan bukti dalam sejarah bahwa kebudayaan dan teknologi yang tinggi pada zaman dahulu. Keindahan dan detail di setiap bangunan terlihat sangat menawan dan luar biasa. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama dengan sangat leluasa. Selain itu, kompleks ini dapat merelaksasi para pengunjung karena suasana tenang dan sejuk serta pantulan sinar matahari di atas batu-batu yang menjadikan kompleks ini terlihat sangat memesona.

Kekurangan Candi Prambanan

Sumber daya manusia yang terbatas di Candi Prambanan saat ini menjadi hambatan bagi pengunjung yang ingin menikmati keseluruhan makam dan raja-raja yang dilewati tampaknya sedang dalam proses pemugaran atau restorasi. Namun, proses ini menghasilkan dampak positif untuk mempertahankan warisan budaya dan sejarah ini agar tetap bertahan lama.

Harga dan Biaya

Untuk memasuki kompleks Candi Prambanan, biaya masuknya berkisar Rp.35.000 per orang untuk lokal dan Rp. 325.000 untuk pengunjung asing. Selain itu, Candi Prambanan juga memberikan paket tur untuk wisatawan Indonesia seharga Rp.50.000 dan Rp. 245.000 untuk wisatawan asing.

Cara ke Candi Prambanan

Cara terbaik untuk ke Candi Prambanan adalah dengan mengambil pesawat ke Bandara Adisumarmo. Kemudian, Anda dapat pergi dengan naik kereta api ke Stasiun Magelang. Setelah itu, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau taksi untuk menuju ke Candi Prambanan.

Hutan Pinus Nglanggeran

Foto Hutan Pinus Nglanggeran

Hutan Pinus Nglanggeran merupakan tempat wisata alam di Magelang yang cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan. Terletak di Dusun Nglanggeran, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Apa itu Hutan Pinus Nglanggeran?

Hutan Pinus Nglanggeran adalah hutan dengan pemandangan indah dan udara segar yang berasal dari ketinggian. Hutan ini sangat terkenal karena terdapat banyak tempat wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjungnya di antaranya, yaitu tracking hiking, Petilasan Sunilalad, air terjun Nglanggeran, Sarangan, dan Pandawa Lima.

Rute ke Hutan Pinus Nglanggeran

Jika Anda ingin mengunjungi Hutan Pinus Nglanggeran, rute terdekat adalah melalui jalur Dusun Rukem, Desa Cepit, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kemudian, dari Dusun Rukem, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua hingga menempuh jarak sekitar 2 km untuk tiba di area parkir Hutan Pinus Nglanggeran.

Kelebihan Hutan Pinus Nglanggeran

Banyak tempat wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang ke Hutan Pinus Nglanggeran dan mencatat pengalaman yang unik, seperti air terjun dan pemandangan cantik dari puncak bukit Nglanggeran. Hutan Pinus Nglanggeran juga memiliki udara sejuk serta warna hijau dari pepohonan pinus yang dapat memberikan efek menenangkan dan relaksasi bagi pengunjungnya.

Kekurangan Hutan Pinus Nglanggeran

Kekurangan dari Hutan Pinus Nglanggeran adalah jalur, lokasi, dan aksesibilitas yang kurang ramah bagi pengunjung handycap atau lansia. Beberapa jalan di hutan pinus berbatu besar atau terjal sehingga sulit dijangkau oleh pengunjung dengan keterbatasan motorik.

Harga dan Biaya

Tidak ada biaya masuk yang dikenakan ketika mengunjungi Hutan Pinus Nglanggeran, namun jika ingin bertualang dan menjelajahi tempat-tempat wisata dalam hutan, tentunya akan dikenakan beberapa biaya seperti sewa kendaraan, camping gear, dan tour guide.

Cara ke Hutan Pinus Nglanggeran

Anda bisa menuju ke Bandara Adisucipto di Yogyakarta dan kemudian naik taksi atau bus menuju Hutan Pinus Nglanggeran dari kota.

Bukit Rhema

Foto Bukit Rhema

Bukit Rhema adalah tempat wisata alam di Magelang yang sangat cocok dijadikan sebagai pilihan tempat relaksasi pada saat Anda berkunjung ke kota abangan ini. Bukit ini terletak di desa Kembanglimus, temanggung, Jawa Tengah.

Apa itu Bukit Rhema?

Bukit Rhema adalah bentuk geografi yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Bukit ini dikenal dengan nama “bukit cross” atau “Gereja Ayam” karena memiliki bentuk yang unik seperti burung ayam dan tempat ini populer karena bangunan arsitektur gerejanya.

Rute Ke Bukit Rhema

Anda bisa datang ke Bukit Rhema melalui beberapa rute. Jika Anda ingin datang menggunakan jalur darat, dapat menggunakan jalur desa jendela alam dari arah Magelang-Salatiga-Temanggung-Kembanglimus. Kemudian jika menggunakan jalur udara bisa mendarat di Bandara Adisucipto dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan menuju Bukit Rhema.

Kelebihan Bukit Rhema

Kelebihan dari Bukit Rhema adalah dapat dilihat dari arah mana pun, sebuah landmark yang sangat cantik dengan bangunan yang unik. Di dalam gereja terdapat koleksi patung-patung bersejarah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, pemandangan Bukit Rhema begitu memukau dan membuat pengunjung betah di sana.

Kekurangan Bukit Rhema

Sisi konservatif dari lokasi ini merupakan hal utama yang menjadi kekurangan dari Bukit Rhema. Kendati demikian, kekonservatifan ini hanya menyangkut pemakaian sementara saja, yakni peraturan berpakaian (pakaian sopan) ketika memasuki tempat suci seperti gereja dan sejenisnya.

Harga dan Biaya

Untuk masuk ke Bukit Rhema, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 5.000 per orang. Namun, jika Anda ingin mengambil tur, Anda harus membayar biaya tambahan sekitar Rp 18.000 secara keseluruhan.

Cara ke Bukit Rhema

Anda bisa menuju ke Bandara Adisumarmo di Yogyakarta dan kemudian naik taksi atau bus menuju Bukit Rhema dari kota.

Demikianlah beberapa tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Magelang dan sekitarnya. Setiap tempat wisata memiliki daya tarik dan keunikannya masing-masing yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan alam dan menjaga kebersihan setiap tempat wisata yang dikunjungi.

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Wisata Alam Magelang yang dipublish pada 7 Desember 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait