Wisata Budaya Adalah

Yuk, kita bahas destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi! Kali ini kita akan membahas tentang 2 situs warisan dunia dan tradisi unik yang bisa dijumpai di Indonesia. Yuk simak apa saja yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke sana!

Borobudur

Borobudur

Borobudur adalah situs candi Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sailendra dan kemudian ditinggalkan selama beberapa abad sebelum akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1814.

Apa itu Borobudur?

Borobudur adalah situs candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sailendra dan terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Rute

Untuk menuju ke Borobudur, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau kereta api. Jarak dari kota Semarang atau Yogyakarta ke Borobudur kurang lebih 90 km.

Kelebihan

Borobudur memiliki keindahan arsitektur yang unik dan penuh makna. Di sini, pengunjung dapat mempelajari ajaran Buddha dan merenungkan makna hidup.

Kekurangan

Borobudur merupakan situs warisan dunia yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, pengunjung harus siap antre dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung.

Harga dan Biaya

Harga tiket masuk Borobudur adalah Rp 30.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp 475.000,- untuk wisatawan asing. Namun, harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu.

Cara

Untuk pengunjung yang datang dari Yogyakarta, bisa menggunakan bus TransJogja Menuju ke halte Jombor di Yogyakarta dengan Tarif sekitar Rp 3.000,-, lalu naik bus jurusan Borobudur dengan tarif sekitar Rp 20.000,- atau bisa menumpang travel biasanya di Turgo, arah jalur wisata Borobudur, Magelang.

Nyepi di Bali

Nyepi di Bali

Selain Borobudur, ada tradisi unik yang dapat dijumpai di Bali yaitu Nyepi. Nyepi adalah hari raya umat Hindu di Bali yang jatuh pada tanggal 14 hari setelah Hari Raya Kuningan. Pada hari ini, umat Hindu di Bali melakukan upacara melasti, persembahan bunga, dan tari-tarian kesenian Bali. Namun, yang paling khas dari Nyepi adalah adanya catur brata penyepian, yaitu larangan untuk makan, bekerja, memasak, atau bahkan merokok selama 24 jam.

Apa itu Nyepi di Bali?

Nyepi adalah hari raya umat Hindu di Bali yang jatuh pada tanggal 14 hari setelah Hari Raya Kuningan. Pada hari ini, umat Hindu di Bali melakukan upacara melasti, persembahan bunga, dan tari-tarian kesenian Bali. Namun, yang paling khas dari Nyepi adalah adanya catur brata penyepian, yaitu larangan untuk makan, bekerja, memasak, atau bahkan merokok selama 24 jam.

Rute

Untuk menuju ke Bali, pengunjung bisa menggunakan pesawat terbang dari kota asal mereka menuju Bandara Ngurah Rai. Setelah itu, bisa menggunakan transportasi umum, taksi atau bisa juga menyewa sepeda motor atau mobil untuk menuju tempat-tempat wisata.

Kelebihan

Kegiatan Nyepi memberikan pengalaman yang unik bagi para wisatawan yang ingin merasakan budaya lokal di Bali. Selain itu, pemandangan langit Bali yang gelap pada hari Nyepi menjadi salah satu keindahan tersendiri.

Kekurangan

Selama 24 jam, pengunjung diharuskan untuk membatasi aktivitas dan berdiam diri di dalam hotel atau penginapan. Namun, larangan ini juga yang membuat Nyepi menjadi pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Harga dan Biaya

Tidak ada biaya khusus untuk mengikuti perayaan Nyepi. Namun, pengunjung harus mempersiapkan budget untuk akomodasi selama tinggal di Bali.

Cara

Untuk menuju ke destinasi wisata di Bali, dapat menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum dan jasa sewa mobil atau sepeda motor.

Jadi, itulah beberapa destinasi wisata dan tradisi unik yang bisa di jumpai di Indonesia. Gimana, sudah siap berwisata? Semoga bermanfaat!

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/