Wisata Di Merapi

Hayooo, deretan gunung dan wisata itu sudah pada tahu belum? Nah kali ini kita akan bahas Gunung Merapi nih, salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia. Gunung Merapi terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menggunakan bahasa Jawa disebut Maerapi, artinya gunung api. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Gunung Merapi ini, yuk kita cekidot teman-teman!

1. Stonehenge Yogyakarta

Kalian tau nggak sih, kalau di Jogja juga ada Stonehenge-nya loh, walaupun nggak sekokoh Stonehenge di Inggris tapi tetap menarik untu dikunjungi. Letaknya di Desa Groyokan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ada beberapa spot untuk foto-foto dengan latar belakang yang menarik, kayak monumen piramida gitu, patung Buddha hingga pohon beringin.

Apa itu Stonehenge Yogyakarta?

Stonehenge Yogyakarta adalah sebuah tempat wisata yang memiliki konsep seperti Stonehenge di Inggris namun dibangun dengan bentuk yang lebih simpel. Tempat ini berisi beberapa patung dengan beluk membuat suasana mirip seperti di Mesir. Berfoto dengan background patung atau gedung seperti di Mesir bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke sini.

Rute Menuju Stonehenge Yogyakarta

Untuk mencapai Stonehenge Yogyakarta, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dari arah Jalan Solo, kendaraan bisa berbelok ke Jalan Godean setelah terminal. Lanjutkan saja hingga menemukan perempatan Jalan Wates-Munjul. Setelah itu, belok kiri ke arah Cepit. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan jalan utama yang terdapat Warung Solo. Belok kanan menuju Desa Groyokan. Setelah menempuh beberapa jalan, tibalah kita di Stonehenge Yogyakarta.

Kelebihan Stonehenge Yogyakarta

Kelebihan Stonehenge Yogyakarta adalah terdapat banyak spot foto yang menarik, cocok buat para penggemar selfie. Selain itu, lokasi Stonehenge juga tergolong strategis dan mudah dijangkau, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan menemukan tempat ini.

Kekurangan Stonehenge Yogyakarta

Namun, yang perlu diperhatikan adalah terkadang tempat ini menjadi sangat ramai, sehingga akan ada kemungkinan sulit untuk mendapatkan spot foto yang diinginkan. Juga, terkadang harga tiket masuk cukup mahal.

Harga Tiket & Fasilitas Stonehenge Yogyakarta

Tiket masuk Stonehenge Yogyakarta seharga Rp 35.000/orang. Fasilitas yang tersedia meliputi toilet, mushola, rest area, dan tempat parkir kendaraan yang luas.

Cara Mengunjungi Stonehenge Yogyakarta

Buat yang mau ke sini, untuk mendapatkan tempat yang nyaman saat berkunjung, bisa datang di pagi hari. Buka setiap hari, mulai dari jam 09.00 pagi sampai 16.00 sore. Nah, buat kalian yang pengen lebih asyik lagi, bisa mengunjungi Stonehenge Yogyakarta saat pemandangan matahari terbenam, pasti bakal menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

2. Hutan Pinus Pengger

Gunung Merapi memang terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger. Di sini kalian akan disambut dengan hamparan pohon pinus yang rindang, suasana yang sejuk dan udara yang segar.

Apa itu Hutan Pinus Pengger?

Hutan Pinus Pengger adalah tempat wisata di lereng Gunung Merapi yang merupakan areal hutan pinus seluas 300 hektare yang terletak di Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Anehnya, pohon-pohon pinus yang ada di sini tumbuh secara alamiah, tidak ditanam khusus. Jadi, suasana hutan pinus yang terlihat alami sekali.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Jika dari Jogja, bisa melewati Jalan Kaliurang, kemudian belok kiri ke arah Jalan Pakem-Selo. Setelah itu, belok kanan ke arah Dusun Bebeng dan teruslah menyusuri jalan itu. Setelah sampai di kawasan perbukitan, kalian akan masuk area Hutan Pinus Pengger.

Kelebihan Hutan Pinus Pengger

Kelebihan Hutan Pinus Pengger adalah suasana sejuk, cocok untuk yang ingin melepas penat karena di sini tempatnya tenang dan damai. Selain itu, pemandangan jauh ke arah perbukitan yang asri menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Kekurangan Hutan Pinus Pengger

Yang perlu diperhatikan adalah karena letaknya yang berada di ketinggian, suhu udara di sini tergolong dingin, Jadi, jangan lupa bawa jaket atau pakaian yang bisa menyimpan panas, ya kalau enggak kalian pasti dingin.

Harga Tiket & Fasilitas Hutan Pinus Pengger

Fasilitas yang tersedia antara lain area parkir motor dan mobil, gazebo, tempat sampah, toilet dan warung makanan. Kalian tidak perlu membayar tiket masuk saat hendak mengunjungi hutan pinus ini.

Cara Mengunjungi Hutan Pinus Pengger

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Hutan Pinus Pengger, waktu yang tepat adalah di pagi hari saat udara masih sejuk dan tidak terlalu banyak pengunjung. Disini juga bisa menjadi tempat yang pas untuk kalian yang ingin melakukan kegiatan outbond atau bersepeda, karena jalannya yang cukup aman dan tidak terlalu menanjak.

3. Museum Merapi

Jangan cuma melihat Gunung Merapi dari kejauhan, mari kita juga belajar tentang bagaimana sejarah dan karakteristik Gunung Merapi. Untuk itu, datanglah ke Museum Merapi, yang merupakan salah satu tempat wisata edukasi di sekitar Gunung Merapi.

Apa itu Museum Merapi?

Museum Merapi merupakan salah satu tempat wisata edukatif yang dibuat khusus untuk mengenalkan letusan Gunung Merapi, sejarah dan karakteristik Gunung Merapi, kehidupan sekitar Gunung Merapi, serta kerajinan tangan yang dihasilkan dari bahan-bahan hasil letusan Gunung Merapi.

Rute Menuju Museum Merapi

Museum Merapi terletak di Jalan Kaliurang km 22, Yogyakarta, yang bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bila kalian mengambil kendaraan umum, bisa mencari angkot jurusan Kaliurang, lalu turun di depan Museum Merapi.

Kelebihan Museum Merapi

Kelebihan dari Museum Merapi adalah pembelajaran yang disajikan cukup menyenangkan, bagi yang ingin bernostalgia masuk ke masa lalu atau bagi yang ingin pengetahuan seputar Gunung Merapi, Museum Merapi adalah tempat yang cocok untuk berkunjung.

Kekurangan Museum Merapi

Yang perlu diperhatikan adalah waktu operasional Museum Merapi yang tidak panjang, yakni mulai setiap hari Senin hingga Minggu pukul 08.00 pagi hingga 14.00 sore. Jadi, jangan sampai terlambat yaa.

Harga Tiket & Fasilitas Museum Merapi

Tiket masuk Museum Merapi cukup terjangkau, yakni seharga Rp 20.000/orang. Fasilitas yang tersedia di sekitar museum antara lain toilet, mushola, tempat parkir kendaraan, serta area cuci tangan.

Cara Mengunjungi Museum Merapi

Buat kalian yang masih berniat untuk berkunjung ke Museum Merapi, siapkan waktu yang cukup untuk belajar dan mengeksplorasi berbagai benda dan informasi soal Gunung Merapi. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih terkesan, bisa mengunjungi museum di akhir pekan karena dapet guide dari pihak manajemen museum.

4. Sisa Hartaku Museum

Wisata edukasi yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan, terutama bagi kalian yang ingin menambah pengetahuan soal sejarah Jawa Tengah. Museum ini berisi barang-barang antik yang telah dikumpulkan oleh seorang perempuan bernama Nyi Roro Kidul.

Apa itu Sisa Hartaku Museum?

Sisa Hartaku Museum beralamat di Jalan Boyong No. 57, Kotagede, Yogyakarta. Museum ini merupakan museum tempat tinggal Nyi Roro Kidul ketika masih hidup yang kini menjadi salah satu pusat peninggalan kerajaan Mataram yang paling terkenal di Jogjakarta. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat berbagai barang antik, seperti lukisan, buku-buku kuno, replika candi Borobudur dan masih banyak lagi.

Rute Menuju Sisa Hartaku Museum

Jika kalian dari stasiun Tugu, bisa menggunakan angkutan kota nomer 4 dengan menuruni di Jalan Boyong, lalu berjalan kaki atau naik ojek motor sekitar 200 meter. Letaknya tepat di gang kecil di sebelah bekas bioskop Patra.

Kelebihan Sisa Hartaku Museum

Kelebihan Sisa Hartaku Museum adalah pembelajaran yang begitu dalam tentang sejarah Jawa Tengah, sangat cocok untuk penggemar sejarah ataupun mereka yang ingin menambah wawasan sejarah.

Kekurangan Sisa Hartaku Museum

Yang perlu diperhatikan adalah, untuk pengunjung yang membawa anak-anak kecil, tidak disarankan membawa barang-barang berlebih seperti stroller, karena tangga masuk keci dan tidak cukup untuknya. Selain itu, pengunjung cukup kesulitan mencari tempat parkir karena letaknya yang sulit dijangkau.

Harga Tiket & Fasilitas Sisa Hartaku Museum

Harga tiket masuk ke Sisa Hartaku Museum cukup terjangkau yakni seharga Rp 7.000/orang. Fasilitas yang tersedia di sini seperti tempat parkir dan toilet, namun tidak ada kedai yang menyediakan makanan atau minuman.

Cara Mengunjungi Sisa Hartaku Museum

Buat kalian yang ingin sekalian berjalan-jalan ke sekitar Kompleks Keraton, bisa menggunakan fasilitas yang ada di stasiun pemberhentian angkutan kota di depan pasar Beringharjo. Untuk menuju ke Sisa Hartaku Museum, bisa dijangkau dengan angkutan kota no 4 dan jalan kaki sekitar 200 meter. Museum Sisa Hartaku buka pada jam 08.00 hingga 16.00 setiap hari.

5.Pantai Parangtritis

Wisata pantai selalu jadi salah satu destinasi terbaik, termasuk Pantai Parangtritis yang terkenal dengan Wisata Air Terjun Baron dan Kedung Doong.

Apa itu Pantai Parangtritis?

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang terkenal di sekitar Jogja, berlokasi sekitar 28 km tenggara Yogyakarta. Selain pantainya yang indah, di sini kalian juga bisa menikmati berbagai objek wisata pantai lain, kayak wisata Air Terjun Baron dan Kedung Doong yang bisa dijangkau dengan perahu atau jalan kaki sejauh 1,5 km.

Rute Menuju Pantai Parangtritis

Kalian bisa mencapai Pantai Parangtritis dengan mengambil perjalanan sekitar 30 menit dari Jogja. Jika kalian mengambil kendaraan pribadi, pantai ini mudah untuk dicapai karena terletak di jalur utama menuju Pantai Gunungkidul. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa memilih angkutan kota jurusan Parangtritis yang biasanya berangkat di Terminal Giwangan.

Kelebihan Pantai Parangtritis

Kelebihan Pantai Parangtritis tentu saja Pemandangan pantainya yang indah, pasir putih serta suasana pantai yang asyik untuk bermain air atau sekadar menikmati sejuknya angin pantai. Selain itu, terdapat berbagai objek wisata pantai lain, kayak wisata Air Terjun Baron dan Kedung Doong yang bisa dijangkau dengan perahu atau jalan kaki sejauh 1,5 km.

Kekurangan Pantai Parangtritis

Yang perlu diperhatikan adalah pengunjung harus mewaspadai ombaknya, karena terkadang ombak bisa sangat tinggi dan berbahaya bagi mereka yang kurang mahir berenang. Selain itu, pengunjung juga harus waspada dengan penipuan yang bisa terjadi di sekitar pantai.

Harga Tiket & Fasilitas Pantai Parangtritis

Tiket masuk ke Pantai Parangtritis seharga lebih kurang Rp 10.000/oranag tergantung hari libur atau hari biasa. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain area parkir, toilet, gazebo, warung makan, serta tempat penitipan barang berharga.

Cara Mengunjungi Pantai Parangtritis

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah pada pagi atau sore hari, saat cuaca sedang cerah. Jika hendak mengunjungi lokasi wisata Air Terjun Baron dan Kedung Doong, kalian harus menuju ke Pantai Tamban atau Pantai Congot dan naik perahu. Jangan khawatir, di sana sudah banyak perahu yang disewakan dengan harga terjangkau.

Begitulah beberapa tempat wisata menarik di sekitar Gunung Merapi yang bisa kalian kunjungi. Ada banyak pilihan tempat yang menarik, mulai dari pemandangan alam pegunungan, wisata edukasi hingga pantai yang indah. Tentu saja, kalau ada waktu lebih sebaiknya berkunjung ke beberapa tempat sekaligus. Selamat berlibur teman-teman!

This will close in 0 seconds

https://technologi.site/