Wisata Jateng

Apakah kamu sedang mencari destinasi wisata di Jawa Tengah yang bagus? Kamu akan menemukan banyak pilihan menarik yang bisa kamu kunjungi selama liburan di sana. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Jawa Tengah.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang berlokasi di Kota Semarang. Bangunan ini memiliki banyak ruang dan koridor, sehingga dinamakan Lawang Sewu yang artinya seribu pintu. Kamu bisa mengambil gambar di sana atau menjelajahi ruangan-ruangan di dalamnya.

Apa Itu Lawang Sewu?

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1917. Bangunan ini dibangun sebagai pusat administrasi perusahaan kereta api Hindia-Belanda. Setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini sempat digunakan sebagai kantor pemerintah dan tempat pelatihan militer. Sekarang, Lawang Sewu dijadikan sebagai objek wisata.

Rute Menuju Lawang Sewu

Kamu bisa menuju Lawang Sewu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti rute Semarang – Jalan Pemuda – Jalan Pahlawan – Jalan Balongsari – Jalan Tugu.

Kelebihan Lawang Sewu

  • Bangunan bersejarah yang memiliki nilai sejarah tinggi
  • Menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto dan berkeliling di dalamnya
  • Ada banyak cerita horor yang berkaitan dengan bangunan ini, membuat Lawang Sewu menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi

Kekurangan Lawang Sewu

  • Tiket masuk tergolong mahal bagi wisatawan lokal
  • Buka hanya pada jam-jam tertentu, sehingga kamu harus memperhitungkan waktu ketika ingin mengunjungi tempat ini

Harga dan Biaya Lawang Sewu

Tiket masuk ke Lawang Sewu sekitar Rp 25.000,- untuk dewasa dan Rp 15.000,- untuk anak-anak.

Cara Mengunjungi Lawang Sewu

Kamu bisa mitra grab untuk menuju Lawang Sewu atau menggunakan kendaraan pribadi.

Dieng Plateau

Dieng Plateau

Dieng Plateau adalah area dataran tinggi yang berlokasi di kabupaten Wonosobo. Di sana kamu bisa menikmati udara sejuk dan melihat keindahan alamnya. Tak hanya itu, di sana juga terdapat beberapa spot wisata menarik seperti Telaga Warna dan Candi Arjuna.

Apa Itu Dieng Plateau?

Dieng Plateau adalah dataran tinggi yang berlokasi di kabupaten Wonosobo. Di sana terdapat banyak gunung berapi yang masih aktif dan pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu, di sana juga terdapat banyak pemandian air panas dan situs sejarah peninggalan Hindu.

Rute Menuju Dieng Plateau

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju Dieng Plateau. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa melewati jalur Wonosobo – Dieng.

Kelebihan Dieng Plateau

  • Terdapat banyak spot wisata menarik yang bisa kamu kunjungi seperti Telaga Warna dan Candi Arjuna
  • Udara sejuk dan suasana tenang membuat Dieng Plateau menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat
  • Banyak pemandian air panas yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai dan menenangkan pikiran

Kekurangan Dieng Plateau

  • Akses ke Dieng Plateau cukup sulit dan tidak mudah dijangkau oleh kendaraan berukuran besar
  • Tiket masuk ke beberapa spot wisata cukup mahal bagi wisatawan lokal

Harga dan Biaya Dieng Plateau

Tiket masuk ke Dieng Plateau sekitar Rp 10.000,-. Namun, jika ingin masuk ke beberapa spot wisata di dalamnya seperti Telaga Warna atau Candi Arjuna, kamu harus membayar tiket masuk lagi sebesar Rp 5.000,- – Rp 10.000,- per spot.

Cara Mengunjungi Dieng Plateau

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju Dieng Plateau. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan yang kamu gunakan cukup bertenaga untuk melewati tanjakan yang curam di sepanjang jalur menuju Dieng Plateau.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu situs sejarah peninggalan agama Buddha yang terkenal di dunia. Kamu bisa melihat keindahan arsitektur dan patung-patung Buddha di dalamnya, serta menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar candi.

Apa Itu Candi Borobudur?

Candi Borobudur adalah situs sejarah bersejarah peninggalan agama Buddha yang dibangun pada abad ke-8. CandI ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi tersebut memiliki arsitektur dan ornamen yang indah dan terkenal di dunia.

Rute Menuju Candi Borobudur

Kamu bisa menuju Candi Borobudur menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa melewati jalur Magelang – Borobudur.

Kelebihan Candi Borobudur

  • Merupakan situs sejarah dan budaya yang terkenal dan memiliki nilai sejarah yang tinggi
  • Ornamen dan arsitekturnya yang indah membuat Candi Borobudur menjadi tempat yang cocok untuk berfoto

Kekurangan Candi Borobudur

  • Tiket masuk ke Candi Borobudur tergolong mahal jika dibandingkan dengan situs sejarah lainnya di Indonesia
  • Candi Borobudur dikunjungi oleh banyak wisatawan, sehingga kadang terasa ramai dan tidak memiliki suasana yang tenang dan damai

Harga dan Biaya Candi Borobudur

Tiket masuk ke Candi Borobudur sekitar Rp 80.000,- – Rp 400.000,- tergantung pada kelas tiket yang kamu pilih.

Cara Mengunjungi Candi Borobudur

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju Candi Borobudur. Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan yang kamu gunakan cukup bertenaga untuk melewati jalur menuju Candi Borobudur yang terjal.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata air yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Di sana kamu bisa menikmati air segar dan melihat keindahan alam yang di sekitarnya. Tak hanya itu, di sana juga terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang dan tempat pemancingan.

Apa Itu Umbul Ponggok?

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata air yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini terkenal dengan airnya yang segar dan jernih, serta pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Di sana juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan seperti kolam renang dan tempat pemancingan.

Rute Menuju Umbul Ponggok

Kamu bisa menuju Umbul Ponggok menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa melewati jalur Klaten – Polanharjo – Desa Ponggok.

Kelebihan Umbul Ponggok

  • Terkenal dengan airnya yang segar dan jernih
  • Banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan seperti kolam renang dan tempat pemancingan
  • Terletak di tengah-tengah pemandangan alam yang indah, membuat Umbul Ponggok menjadi tempat wisata yang menarik untuk berkunjung

Kekurangan Umbul Ponggok

  • Tiket masuk tergolong mahal bagi wisatawan lokal
  • Seringkali ramai karena menjadi tempat wisata yang populer di Jawa Tengah

Harga dan Biaya Umbul Ponggok

Tiket masuk ke Umbul Ponggok sekitar Rp 25.000,- per orang. Namun, jika ingin menggunakan fasilitas seperti kolam renang atau tempat pemancingan, kamu harus membayar tiket masuk khusus lagi.

Cara Mengunjungi Umbul Ponggok

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju Umbul Ponggok.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir atau disebut juga Bukit Teletubbies adalah bukit kecil yang terletak di Dieng Plateau, Wonosobo. Di sana kamu bisa menikmati pemandangan indah yang berpadu dengan warna-warni langit saat matahari terbit dan terbenam.

Apa Itu Bukit Sikunir?

Bukit Sikunir adalah bukit kecil yang terletak di Dieng Plateau, Wonosobo. Di sana kamu bisa menikmati pemandangan indah yang berpadu dengan warna-warni langit saat matahari terbit dan terbenam. Tak hanya itu, Bukit Sikunir juga terkenal karena menyerupai bukit dalam film Teletubbies.

Rute Menuju Bukit Sikunir

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju Bukit Sikunir. Namun, kamu harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh untuk mencapai lokasi ini.

Kelebihan Bukit Sikunir

  • Menawarkan pemandangan alam yang indah dan berpadu dengan warna-warni langit
  • Menyerupai bukit dalam film Teletubbies yang populer di kalangan anak-anak
  • Menjadi tempat yang cocok untuk berfoto dan berselfie di tengah pemandangan alam yang indah

Kekurangan Bukit Sikunir

  • Tak memiliki banyak fasilitas dan hanya bisa dijangkau dengan perjalanan yang cukup melelahkan
  • Tidak terdapat banyak pilihan makanan dan penginapan di sekitar Bukit Sikunir

Harga dan Biaya Bukit Sikunir

Tidak ada biaya khusus untuk memasuki Bukit Sikunir. Namun, jika ingin menikmati beberapa fasilitas di sekitarnya, kamu harus membayar untuk tiket masuk.

Cara Mengunjungi Bukit Sikunir

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju Bukit Sikunir. Namun, kamu harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh dan melelahkan.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bagus di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi selama liburan. Jangan lupa siapkan diri dan anggaran yang cukup, serta jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan merespek lingkungan sekitar selama kamu berwisata. Selamat liburan!

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Wisata Jateng yang dipublish pada 30 November 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait