Wisata Kintamani

Foto Wisata Kintamani Bali

Wisata Kintamani, Pesona Keindahan Di Sekitar Kaldera Bali

Apakah kamu ingin merasakan pengalaman berlibur yang berbeda dari biasanya? Jika iya, kamu wajib mengunjungi wisata Kintamani yang ada di Bali. Destinasi wisata ini memiliki pesona keindahan alam yang memukau dan penuh dengan petualangan seru yang bisa membuat liburanmu jauh lebih menyenangkan.

Apa Itu Wisata Kintamani?

Kintamani adalah sebuah kawasan wisata yang berlokasi di wilayah Bangli, Bali. Terkenal dengan keindahan gunung berapi aktif, Gunung Batur yang berada di tengah-tengah kawasan ini. Wisatawan bisa menikmati pemandangan spektakuler dari ketinggian gunung atau bisa mengeksplorasi sekitar danau terbesar kedua di Bali, Danau Batur. Suhu udara di kawasan ini juga cukup dingin, sehingga wisatawan bisa merasakan suhu udara yang berbeda dari kebanyakan wisata di Bali.

Rute Menuju Wisata Kintamani

Ada beberapa rute menuju ke wisata Kintamani, antara lain:

  1. Dari Denpasar, melalui rute Ubud – Kintamani dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.
  2. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, melalui rute Sanur – Gianyar – Bangli – Kintamani dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam.
  3. Dari kawasan Kuta/Uluwatu, bisa melalui rute Seminyak – Kerobokan – Canggu – Tabanan – Kintamani dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam.

Kelebihan Wisata Kintamani

Berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke wisata Kintamani, antara lain:

  • Pemandangan alam yang spektakuler di sekitar Gunung Batur
  • Atmosfir yang sejuk karena kawasan ini memiliki suhu udara yang relatif lebih dingin
  • Banyaknya jenis fauna dan flora endemik yang bisa ditemukan di kawasan wisata ini
  • Terdapat banyak pilihan aktivitas liburan yang seru, seperti trekking, camping, dan bersepeda di sekitar Danau Batur
  • Wisata kuliner di kawasan Kintamani yang beragam dan lezat, seperti bebek betutu, nasi campur, dan sate lilit

Kekurangan Wisata Kintamani

Meski memiliki banyak kelebihan, wisata Kintamani juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Kawasan wisata yang relatif lebih sepi dari pengunjung dibandingkan dengan wisata lain di Bali
  • Aktivitas yang dilakukan di kawasan Kintamani membutuhkan fisik yang cukup kuat dan stamina yang baik
  • Transportasi ke kawasan Kintamani tidak mudah dan memakan waktu cukup lama

Harga dan Biaya

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati wisata Kintamani? Berikut adalah estimasi biaya untuk perjalanan kamu:

  • Tiket masuk wisata Kintamani sekitar Rp 30.000,-/orang
  • Biaya trekking atau hiking sekitar Rp 400.000,- – Rp 500.000,- /orang
  • Biaya sewa kendaraan dalam kawasan Kintamani sekitar Rp 200.000,- – Rp 350.000,- /hari
  • Biaya makanan dan minuman sekitar Rp 50.000,- – Rp 150.000,-/orang
  • Biaya penginapan sekitar Rp 500.000,- – Rp 1.500.000,- /malam (tergantung tipe penginapan dan fasilitas)

Cara Menuju Wisata Kintamani

Bagaimana cara menuju ke wisata Kintamani? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu dapatkan:

  1. Pilih moda transportasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. Apakah ingin menyewa kendaraan, menggunakan jasa travel, atau melalui agen perjalanan.
  2. Usahakan untuk datang sekitar pagi hari agar kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Batur dari mulai fajar hingga matahari tenggelam.
  3. Bawalah pakaian yang sesuai dengan cuaca dan aktifitas yang akan dilakukan, juga jangan lupa untuk bawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya agar tidak kelaparan selama perjalanan.
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphonemu agar bisa mengabadikan momen-momen indah selama di kawasan Kintamani.

Foto Destinasi Wisata Kintamani Bali

Wisata Kintamani, 14 Destinasi Dan Aktivitas Liburan Seru Di Kawasan Ini

Berikut adalah beberapa destinasi dan aktivitas liburan seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke wisata Kintamani:

1. Gunung Batur

Gunung Batur adalah salah satu daya tarik utama kawasan Kintamani. Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian sekitar 1.717 mdpl. Gunung ini juga menjadi destinasi mountenerring yang populer dan direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencoba trekking.

Foto Gunung Batur Bali

2. Danau Batur

Danau Batur adalah danau terbesar kedua di Bali yang juga memiliki pesona keindahan yang memikat. Danau ini berlokasi di ketinggian sekitar 1.000 mdpl dan memiliki luas sekitar 16 km2. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam sekitar danau atau mencoba beberapa aktivitas seru seperti bersepeda, camping, atau trekking.

Foto Danau Batur Bali

3. Desa Kintamani

Desa Kintamani adalah tempat peristirahatan yang nyaman setelah menikmati keindahan alam di sekitar Gunung Batur dan Danau Batur. Desa ini menawarkan suasana yang tenang dan asri dengan udara yang segar dan sejuk. Kamu juga bisa menikmati wisata kuliner lokal dan produk kerajinan tangan khas Bali di pasar tradisional Kintamani.

Foto Desa Kintamani Bali

4. Sunrise Hiking

Sunrise hiking atau hiking yang dilakukan saat fajar, adalah aktivitas yang sangat populer di kawasan Kintamani. Kamu bisa menikmati keindahan landscape dan sunrise yang menawan dari atas Gunung Batur.

Foto Panorama Kintamani

5. Perahu Kayuh di Danau Batur

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dekat dengan alam sekitar Danau Batur, kamu bisa mencoba aktivitas perahu kayuh yang seru. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitarnya dan melihat kehidupan nelayan yang berada di sekitar Danau Batur.

Foto Perahu Kayuh Danau Batur

6. Panorama di Bukit Kintamani

Bukit Kintamani adalah salah satu tempat di kawasan Kintamani yang menawarkan panorama keindahan alam yang luar biasa. Wisatawan bisa menikmati keindahan puncak Gunung Batur dengan latar belakang Danau Batur yang memukau.

Foto Panorama Bukit Kintamani

7. Wisata Kuliner Khas Bali

Kamu juga harus mencoba wisata kuliner khas Bali yang tersedia di sekitar kawasan Kintamani. Beberapa makanan yang harus kamu coba antara lain bebek betutu, nasi campur, sate lilit, dan jajan pasar Bali.

Foto Bebek Betutu Bali

8. Agro Wisata di Kintamani

Kintamani juga memiliki kebun-kebun yang menawarkan agro wisata, seperti perkebunan kopi, coklat, dan buah-buahan tropis. Kamu bisa mencoba langsung memetik buah atau menikmati kopi segar langsung dari pengolahan bijinya.

Foto Agro Wisata Kopi di Kintamani

9. Taman Nasional Gunung Batur

Kawasan Gunung Batur juga memiliki taman nasional yang cukup terkenal. Kamu bisa menikmati keragaman flora dan fauna khas Bali di taman nasional ini.

Foto Taman Nasional Gunung Batur

10. Belajar Tatah Sungging Bali

Kamu juga bisa mencoba belajar tatah sungging, seni ukir tradisional khas Bali. Seni ukir ini tentu saja memerlukan keterampilan khusus, namun siapa tahu dengan coba, kamu akan menemukan bakat baru.

Foto Tatah Sungging Bali

11. Air Panas Toya Devasya

Setelah lelah beraktivitas di sekitar kawasan Kintamani, kamu bisa memanjakan diri kamu dengan berendam di air panas Toya Devasya. Destinasi wisata berupa pemandian air panas di sekitar Danau Batur ini dipercaya bisa menenangkan pikiran dan membantu mengatasi kelelahan fisik.

Foto Air Panas Toya Devasya Bali

12. Museum Geopark Batur

Jika kamu tertarik dengan ilmu pengetahuan dan sejarah, kamu bisa mengunjungi Museum Geopark Batur. Museum ini memiliki koleksi berupa batuan, fosil dan sejarah terkait terbentuknya Gunung Batur di masa lalu.

Foto Museum Geopark Batur Bali

13. Mangrove Forest Bali

Meski lokasinya tidak di kawasan Kintamani, Mangrove Forest Bali bisa menjadi tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Tempat ini berada di sekitar pantai Sanur dan menawarkan aktivitas seperti bersepeda, menaiki sampan, dan menikmati pantai pasir putih.

Foto Mangrove Forest Bali

14. Rafting di Bali

Rafting di Bali juga menjadi aktivitas yang seru untuk dicoba. Kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar dari atas air sungai yang jernih. Salah satu penyedia layanan rafting di Bali adalah di kawasan Kintamani.

Foto Rafting di Bali

Dadan Suradan Pratama

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Wisata Kintamani yang dipublish pada 30 November 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait