Cara Menggiring Bola Basket Dengan Benar Adalah

Gerak Spesifik Permainan Bola Basket

Gerak Spesifik Permainan Bola Basket

Pengertian Dan Teknik Cara Menggiring Bola Basket Yang Benar – Teknik

Bola basket adalah olahraga yang cukup populer di dunia, termasuk di Indonesia. Permainan bola basket melibatkan kecepatan, kekuatan, ketangkasan, dan strategi dalam mencetak poin. Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket adalah menggiring bola dengan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas pengertian serta teknik cara menggiring bola basket yang benar.

Apa Itu Menggiring Bola Basket?

Menggiring bola basket adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan cara menggerakkan bola basket dari satu tangan ke tangan lainnya secara berulang. Menggiring bola adalah cara untuk menggerakkan bola menuju ring lawan dengan menghindari serangan dari pemain lawan. Teknik menggiring bola yang baik akan memberikan keuntungan dalam mengontrol permainan dan membangun strategi serangan yang efektif.

Jadwal Pertandingan Bola Basket

Jadwal pertandingan bola basket dapat dilihat di berbagai media, seperti di TV, internet, atau di arena pertandingan secara langsung. Pertandingan bola basket bisa bersifat lokal, regional, nasional, bahkan internasional. Biasanya, pertandingan bola basket diadakan dalam format kompetisi dengan babak penyisihan, semifinal, dan final. Setiap tim akan bertanding melawan tim lainnya untuk memperebutkan gelar juara.

Peraturan dalam Permainan Bola Basket

Setiap olahraga pasti memiliki peraturan yang harus diikuti oleh pemainnya. Demikian juga dengan permainan bola basket. Beberapa peraturan dalam permainan bola basket antara lain:

  • Setiap tim terdiri dari lima pemain yang berada di lapangan pada saat bertanding.
  • Terdapat waktu pertandingan yang terbagi menjadi beberapa quarter atau babak.
  • Tiap babak memiliki waktu tertentu yang harus dijalani oleh kedua tim.
  • Setiap tim memiliki giliran untuk menyerang dan bertahan.
  • Pemain yang memiliki bola hanya boleh menggiring bola selama beberapa detik, setelah itu harus melakukan operan kepada rekan satu timnya atau mencoba mencetak poin dengan melempar bola ke ring lawan.
  • Ada beberapa zona yang dibatasi oleh garis-garis pada lapangan, di mana pemain tidak boleh melanggar garis tersebut selama menggiring bola atau bertahan.
  • Pemain yang melakukan pelanggaran berulang kali dapat mendapatkan hukuman berupa kartu kuning atau merah, tergantung pada tingkat kesalahan yang dilakukan.

Cara Menggiring Bola Basket Dengan Benar

Menggiring bola basket dengan benar membutuhkan teknik dan latihan yang teratur. Berikut adalah langkah-langkah cara menggiring bola basket yang benar:

  1. Pastikan posisi tubuh tetap tegap dan kaki dalam keadaan selebar bahu.
  2. Pegang bola dengan kedua tangan dan posisikan tangan pembawa bola di atas bola. Jari-jari tangan harus berada di belakang bola, sementara ibu jari menopang sisi bola.
  3. Lakukan gerakan awal dengan mengayunkan tangan pembawa bola ke depan. Posisikan bola selemparan kira-kira cukup untuk menggerakkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya.
  4. Saat bola sedang berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya, pastikan bola berada di sisi luar badan. Ini untuk menghindari bola direbut oleh pemain lawan.
  5. Saat melakukan gerakan penggiring, bola harus tetap berada dekat dengan tanah dan tidak terlalu tinggi. Jaga kecepatan penggiran bola agar tak terlalu cepat atau terlalu lambat.
  6. Selalu perhatikan pemain lawan dan arah gerakan mereka. Hindari melakukan penggiring bola di dekat pemain lawan yang berusaha merebut bola.
  7. Gunakan kedua tangan untuk menggiring bola saat ada tekanan dari pemain lawan. Hal ini akan mempermudah dalam mengontrol bola dan menghindari kemungkinan terjadinya turnover atau kehilangan bola.
  8. Latih dan perkuat otot-otot lengan, tangan, dan pergelangan tangan untuk meningkatkan kekuatan dan kecepatan dalam menggiring bola.

Cara Menggiring Bola Basket Dengan Benar Adalah

Cara Menggiring Bola Basket Dengan Benar Adalah

Kesimpulan

Menggiring bola basket dengan benar adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik menggiring bola yang baik akan memberikan keuntungan dalam mengontrol permainan dan membangun strategi serangan yang efektif. Selain itu, penting juga untuk memahami peraturan dalam permainan bola basket agar bisa bermain dengan fair dan menghindari pelanggaran. Dengan menguasai teknik menggiring bola dan memahami peraturan, pemain bisa menjadi lebih kompetitif dan memperbaiki kemampuan dalam permainan bola basket.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menggiring Bola Basket Dengan Benar Adalah yang dipublish pada 20 November 2023 di website Homecare24

Artikel Terkait