Contoh Surat Keterangan Biasa

Dadan Suradan Pratama

Wah, sudah nggak terasa ya besok udah weekend lagi. Kalian sudah pada bikin rencana mau ngapain aja nggak nih? Kalau gapunya ide, kita punya rekomendasi nih, yaitu bikin surat-surat penting seperti surat keterangan atau surat biasa! Ada banyak jenis surat yang bisa kita buat lho, misalnya surat keterangan umum, dinas, kerja, magang, kuliah, atau surat biasa.

Contoh Surat Keterangan Umum, Biasa, Dinas, Kerja, Magang, Kuliah

Sekarang kita udah nggak perlu ribet mau bikin surat jenis apa, karena udah ada data contohnya. Simak yuk contohnya:

Surat Keterangan Umum

Contoh Surat Keterangan Umum

Apa itu surat keterangan umum? Surat keterangan umum adalah surat yang bisa digunakan untuk menerangkan sesuatu secara umum kepada pihak yang membutuhkan. Biasanya, surat ini digunakan sebagai persyaratan dalam melamar kerja atau sewa menyewa.

Mengapa kita harus punya surat keterangan umum? Karena dengan adanya surat keterangan umum, kita bisa membuktikan identitas dan data diri kita secara resmi.

Bagaimana cara membuat surat keterangan umum? Pertama, kita harus mencantumkan alamat pengirim dan tanggal pembuatan surat. Lalu, sertakan juga identitas lengkap diri dan tujuan pembuatan surat. Selanjutnya, jangan lupa untuk menandatangani surat dan mencantumkan nama lengkap.

Contoh surat keterangan umum:

Contoh Surat Keterangan Umum

Surat Biasa

Contoh Membuat Surat Biasa

Apa itu surat biasa? Surat biasa adalah surat yang digunakan untuk membicarakan sesuatu secara pribadi atau biasa, misalnya surat pribadi yang belum tentu perlu disertai stempel resmi.

Mengapa kita harus punya surat biasa? Meskipun surat biasa nggak membutuhkan stempel resmi, tapi dengan adanya surat maka komunikasi kita dapat lebih terstruktur dan mudah dipahami.

Bagaimana cara membuat surat biasa? Kita dapat membuat surat biasa dengan menulis identitas pengirim, tanggal pembuatan surat, dan nama penerima dan alamatnya. Selanjutnya, kita dapat menulis pembukaan surat, kemudian masukkan isi surat yang ingin disampaikan. Jangan lupa untuk mengakhiri surat dengan kalimat penutup dan tandatangan.

Contoh surat biasa:

Contoh Membuat Surat Biasa

Surat Keterangan Dinas

Contoh Surat Keterangan Dinas

Apa itu surat keterangan dinas? Surat keterangan dinas adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi atau lembaga untuk keperluan tertentu. Biasanya, surat ini digunakan untuk melengkapi dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan oleh suatu pegawai atau karyawan dalam bekerja.

Mengapa kita harus punya surat keterangan dinas? Karena surat keterangan dinas dapat menjadi bukti resmi dalam urusan instansi. Selain itu, surat keterangan dinas juga dapat digunakan sebagai alat bukti pengganti kesaksian yang bersifat resmi.

Bagaimana cara membuat surat keterangan dinas? Pertama, tentukan tema dan judul surat keterangan dinas yang akan ditulis. Selanjutnya, buat salam pembuka pada surat, lalu sertakan nama, jabatan, dan unit kerja instansi pengirim dan penerima surat. Setelah itu, sertakan juga informasi singkat tentang isi surat. Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan pada surat dan stempel instansi pengirim.

Contoh surat keterangan dinas:

Contoh Surat Keterangan Dinas

Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja

Apa itu surat keterangan kerja? Surat keterangan kerja merupakan surat yang berisi informasi mengenai data diri, posisi yang dipegang, dan lamanya bekerja seorang karyawan di sebuah perusahaan. Biasanya, surat ini dibutuhkan oleh pegawai dalam mengurus pencairan kredit atau bank.

Mengapa kita harus punya surat keterangan kerja? Karena surat keterangan kerja dapat digunakan sebagai bukti resmi bagi pegawai bahwa ia memiliki penghasilan tetap dan posisi yang ditempati pada sebuah perusahaan yang memiliki identitas resmi.

Bagaimana cara membuat surat keterangan kerja? Pertama, cantumkan identitas pengirim dan nama perusahaan tempat bekerja, kemudian sertakan informasi tentang diri sendiri, seperti alamat dan nomor telepon. Selanjutnya, tuliskan jabatan, posisi, dan lama waktu bekerja pada perusahaan tersebut. Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan tempel stempel resmi perusahaan.

Contoh surat keterangan kerja:

Contoh Surat Keterangan Kerja

Surat Keterangan Magang

Contoh Surat Keterangan Magang

Apa itu surat keterangan magang? Surat keterangan magang merupakan surat resmi yang digunakan oleh perusahaan dalam memberikan informasi mengenai jadwal magang, tugas yang harus dilaksanakan, dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pegawai magang.

Mengapa kita harus punya surat keterangan magang? Karena surat keterangan magang ini dibutuhkan calon pegawai magang sebagai persyaratan dalam mendaftar pada sebuah perusahaan ataupun lembaga.

Bagaimana cara membuat surat keterangan magang? Pertama, tuliskan identitas perusahaan atau lembaga yang memberikan surat, kemudian tuliskan nama calon pegawai magang dan informasi tentang jadwal magang dan lain-lain. Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan pengirim surat dan stempel resmi perusahaan atau lembaga.

Contoh surat keterangan magang:

Contoh Surat Keterangan Magang

Surat Keterangan Kuliah

Contoh Surat Keterangan Kuliah

Apa itu surat keterangan kuliah? Surat keterangan kuliah merupakan surat yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi sebagai bukti bahwa seseorang adalah mahasiswa aktif dan sedang menempuh pendidikan di institusi tersebut.

Mengapa kita harus punya surat keterangan kuliah? Karena surat keterangan kuliah dibutuhkan sebagai persyaratan dalam mengikuti kegiatan akademik seperti seminar, workshop, maupun konferensi.

Bagaimana cara membuat surat keterangan kuliah? Pertama, tuliskan identitas perguruan tinggi atau universitas yang ditempati, kemudian tuliskan informasi singkat tentang diri mahasiswa, nomor induk mahasiswa, dan program studi. Selanjutnya, sertakan juga jumlah SKS yang sudah ditempuh dan IPK saat ini. Terakhir, beri tanda tangan pengirim surat dan stempel resmi perguruan tinggi atau universitas tersebut.

Contoh surat keterangan kuliah:

Contoh Surat Keterangan Kuliah

Nah, itu tadi contoh-contoh surat yang bisa kita buat ya. Ingat, penting banget ya untuk punya surat-surat penting ini karena suatu saat pasti kita bakal membutuhkannya. Yuk mulai bikin surat dari sekarang! Semoga bermanfaat.