Jawer Kotok Obat

Dadan Suradan Pratama

Jawer Kotok adalah jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Tumbuhan ini memiliki banyak khasiat dan telah digunakan secara turun temurun oleh masyarakat Asia sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, Jawer Kotok juga diyakini dapat membantu mengurangi gejala Covid-19. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang khasiat, dampak, kegunaan, dimana dapat ditemukan, kelebihan, kekurangan, cara penggunaan, merk, dan harga dari Jawer Kotok.

Apa itu Jawer Kotok?

Jawer kotok (Perilla frutescens L.) adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Timur, terutama China, Jepang, dan Korea. Tumbuhan ini umumnya diolah sebagai bahan masakan atau sebagai obat. Dalam bahasa Korea, tumbuhan ini disebut Deulkkae. Bahasa Jepang menyebutnya Shiso. Sementara itu, nama Jawer Kotok berasal dari bahasa Jawa, yakni jawer yang berarti daun dan kotok yang berarti seluruh. Sehingga, Jawer Kotok artinya daun yang diseluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan.

Dampak kesehatan dari Jawer Kotok

Jawer Kotok telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari tumbuhan ini antara lain:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melawan radikal bebas
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko kanker
  • Mengurangi risiko penyakit diabetes
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Kegunaan dari Jawer Kotok

Selain dikonsumsi sebagai makanan, Jawer Kotok juga digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu dan obat-obatan herbal. Berikut adalah beberapa kegunaan dari Jawer Kotok:

  • Membantu mengurangi gejala asma
  • Membantu menghilangkan bau mulut dan bau badan
  • Membantu meringankan sakit tenggorokan
  • Membantu mengatasi sakit kepala dan migrain
  • Memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi nyeri tubuh
  • Membantu mengatasi batuk dan pilek

Dimana dapat ditemukan Jawer Kotok?

Jawer Kotok dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun toko obat herbal di seluruh Indonesia. Biasanya tumbuhan ini dijual dalam bentuk segar atau kering. Selain itu, masyarakat juga dapat menanam tumbuhan ini di pekarangan rumah atau lahan kosong sebagai tanaman hias atau sebagai tanaman obat keluarga.

Kelebihan dan Kekurangan dari Jawer Kotok

Kelebihan

Jawer Kotok merupakan herbal alami yang mudah ditemukan dan dapat digunakan dalam bentuk segar ataupun kering. Selain itu, Jawer Kotok juga tak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Kekurangan

Meskipun Jawer Kotok memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun, penggunaan Jawer Kotok juga memiliki efek samping. Efek samping dari penggunaan Jawer Kotok ini yaitu gangguan pada pencernaan seperti diare, mual, dan muntah.

Cara penggunaan Jawer Kotok

Jawer Kotok dapat digunakan dalam bentuk segar ataupun kering. Beberapa cara penggunaan Jawer Kotok adalah sebagai berikut:

  • Dalam masakan, Jawer Kotok dapat ditambahkan ke dalam sup atau dimasak bersama sayuran untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.
  • Dalam bentuk minuman, Jawer Kotok dapat diolah menjadi teh untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk.
  • Dalam bentuk obat-obatan, Jawer Kotok dapat diolah menjadi ekstrak atau serbuk untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti asma, sakit kepala, dan sakit perut.

Merk dan Harga Jawer Kotok

Berikut beberapa merk dan harga Jawer Kotok yang dapat ditemukan di pasaran:

  • Jawer Kotok Segar (per ikat) – Rp 5.000,-
  • Jawer Kotok Kering (per gram) – Rp 2.000,-
  • Jawer Kotok Kapsul 60 kapsul – Rp 70.000,-

Jawer Kotok

Penutup

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Jawer Kotok merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, tumbuhan ini juga mudah ditemukan dan dapat digunakan sebagai bahan makanan, jamu, maupun obat-obatan herbal. Namun, seperti halnya penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan Jawer Kotok harus dilakukan dengan hati-hati dan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan tubuh.

Jawer Kotok

Jawer Kotok Diyakini Mampu Sembuhkan Gejala Covid-19, Kini Dicari

Selain itu, Jawer Kotok juga diyakini mampu membantu mengurangi gejala Covid-19. Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, Jawer Kotok mengandung senyawa aktif yang mampu membantu melawan virus Corona. Oleh karena itu, saat ini Jawer Kotok menjadi salah satu tumbuhan yang dicari dan digunakan sebagai obat alami bagi yang terinfeksi Covid-19 atau ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memperkuat daya tahan tubuh.