Nomor Wa Lowongan Kerja

Ardian Suhendar

Pencari Kerja Waspada! Begini Skema Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Modus Baru Penipuan Lowongan Kerja Shopee via WhatsApp – Teknologi

[Cek Fakta] Benarkah Nomor WA Ini Resmi terkait Lowongan Kerja RANS

Penipuan dalam bentuk lowongan kerja telah menjadi ancaman serius bagi para pencari kerja. Modus penipuan semakin berkembang, dengan munculnya skema penipuan baru yang menggunakan berbagai cara untuk mengecoh dan memanipulasi calon korban. Dua skema penipuan terbaru yang patut diwaspadai adalah skema penipuan berkedok lowongan kerja Shopee melalui WhatsApp, serta skema penipuan yang mengatasnamakan RANS terkait lowongan kerja. Artikel ini akan membahas secara lebih detail mengenai kedua skema penipuan tersebut.

Modus Penipuan Lowongan Kerja Shopee

Skema penipuan lowongan kerja Shopee melalui WhatsApp menjadi salah satu ancaman terbaru bagi para pencari kerja. Modus ini memanfaatkan platform komunikasi populer seperti WhatsApp untuk menipu dan mengecoh calon korban. Berikut ini adalah bagaimana skema penipuan lowongan kerja Shopee tersebut dilakukan:

Apa yang Terjadi

Calon korban menerima pesan WhatsApp dari seseorang yang mengklaim sebagai perwakilan dari Shopee. Pesan tersebut berisi tawaran pekerjaan menarik di perusahaan Shopee, dengan iming-iming gaji yang tinggi dan banyak manfaat lainnya. Calon korban juga diberitahu bahwa proses seleksi akan dilakukan melalui WhatsApp, tanpa perlu menghadiri wawancara langsung.

Siapa yang Terlibat

Para penipu yang terlibat dalam skema ini berperan sebagai perwakilan dari Shopee. Mereka menggunakan identitas palsu dan mengaku bahwa mereka merupakan bagian dari departemen HRD atau departemen perekrutan di Shopee.

Bagaimana Modus Operandi

Setelah calon korban tertarik dengan penawaran pekerjaan yang diberikan, penipu akan meminta calon korban untuk memberikan data pribadi mereka, seperti resume, foto diri, kartu identitas, dan lain-lain. Selanjutnya, penipu akan meminta calon korban untuk membayar sejumlah uang sebagai biaya pendaftaran atau biaya administrasi. Penipu tersebut akan menjanjikan bahwa calon korban akan mendapatkan pekerjaan setelah membayar biaya tersebut.

Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Shopee

Dalam menghadapi skema penipuan lowongan kerja Shopee ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari menjadi korban:

  • Jangan terpengaruh dengan tawaran pekerjaan yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Lakukan penelitian lebih lanjut mengenai perusahaan dan posisi yang ditawarkan.
  • Verifikasi identitas perwakilan dari Shopee. Pastikan mereka benar-benar merupakan perwakilan dari perusahaan tersebut dengan menghubungi langsung perusahaan melalui alamat kontak resmi mereka.
  • Jangan memberikan data pribadi secara sembarangan. Jika diminta untuk memberikan data pribadi, pastikan bahwa permintaan tersebut berasal dari sumber yang terpercaya.
  • Jangan pernah membayar biaya pendaftaran atau biaya administrasi untuk sebuah lowongan kerja. Perusahaan yang terpercaya tidak akan meminta biaya tersebut.
  • Jika merasa telah menjadi korban penipuan, segera laporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwenang.

Contoh Kasus Penipuan Lowongan Kerja Shopee

Sebagai contoh, terdapat seorang pelamar pekerjaan yang menerima pesan WhatsApp dari seseorang yang mengaku sebagai perwakilan dari Shopee. Pelamar tersebut tertarik dengan tawaran pekerjaan yang diajukan, mengingat bahwa gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan. Pelamar diminta untuk mengirimkan data pribadi, seperti resume dan foto diri, serta membayar biaya administrasi sejumlah tertentu.

Misalnya, pelamar tersebut adalah seorang calon korban penipuan. Jika dia memberikan data pribadi dan membayar biaya administrasi, dia akan menjadi korban penipuan dan kehilangan uangnya tanpa mendapatkan pekerjaan yang dijanjikan.

Kesimpulan

Penipuan berkedok lowongan kerja memang merupakan ancaman serius bagi para pencari kerja. Skema penipuan yang semakin berkembang dan menggunakan berbagai cara untuk mengecoh calon korban perlu diwaspadai. Dua skema penipuan terbaru yang patut diwaspadai adalah skema penipuan lowongan kerja Shopee melalui WhatsApp, serta skema penipuan yang mengatasnamakan RANS terkait lowongan kerja. Untuk menghindari menjadi korban, calon korban perlu waspada dan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang telah dijelaskan sebelumnya.