Soal Pembagian Porogapit

Dadan Suradan Pratama

Di dalam dunia matematika, terdapat hal yang sangat penting untuk dipelajari yaitu pembagian. Saat ini, kami akan membahas mengenai pembagian bersusun yang merupakan teknik pembagian yang penting dan sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembagian bersusun, bilangan yang akan dibagi disusun secara bertingkat atau bertumpuk sehingga memudahkan dalam proses pembagian.

Cara Pembagian Bersusun Puluhan

Pembagian bersusun puluhan adalah bentuk pembagian bersusun yang sangat sering digunakan. Cara pembagian bersusun puluhan bisa dijelaskan dengan tahapan berikut:

Apa itu Pembagian Bersusun Puluhan?

Pembagian bersusun puluhan adalah teknik pembagian di mana bilangan yang akan dibagi dikelompokkan menjadi bilangan-bilangan puluhan. Oleh karena itu, teknik ini disebut pembagian bersusun puluhan atau pembagian puluhan.

Mengapa Kita Harus Belajar Pembagian Bersusun Puluhan?

Belajar pembagian bersusun puluhan sangatlah penting. Dalam pembagian bersusun puluhan, bilangan yang akan dibagi dikelompokkan menjadi bilangan-bilangan puluhan sehingga memudahkan dalam penghitungan. Selain itu, teknik pembagian bersusun juga akan memudahkan dalam proses pembagian bilangan yang lebih besar dan bertingkat. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mempelajari teknik pembagian bersusun puluhan ini.

Cara Melakukan Pembagian Bersusun Puluhan

Bagaimana cara melakukan pembagian bersusun puluhan? Untuk melakukan pembagian bersusun puluhan pertama-tama adalah dengan mengelompokkan bilangan yang akan dibagi menjadi bilangan-bilangan puluhan. Setelah itu, bilangan yang disusun menjadi kelompok-kelompok akan dibagi secara terpisah-pisah dan hasilnya akan dijumlahkan kembali. Berikut adalah cara pembagian bersusun puluhan secara lengkap:

Contoh Soal:

Cara Pembagian Bersusun Puluhan

Hitunglah hasil pembagian dari 624 dibagi 4.

Jawaban:

  1. Pertama, bilangan 624 disusun ke dalam bentuk puluhan yaitu:
  2. Soal Pembagian Bersusun

  3. Setelah itu, bilangan 24 dibagi dengan bilangan pembaginya yang sama yaitu 4. Hasil pembagian adalah 6.
  4. Selanjutnya, bilangan 60 dibagi dengan bilangan pembaginya yang sama yaitu 4. Hasil pembagian adalah 15.
  5. Terakhir, bilangan 600 dibagi dengan bilangan pembaginya yang sama yaitu 4. Hasil pembagian adalah 150.
  6. Hasil akhir dari pembagian bersusun puluhan 624 dibagi 4 adalah 156.

Dari contoh soal di atas, dapat disimpulkan bahwa pembagian bersusun puluhan mempermudah dalam penghitungan bilangan.

Kesimpulan

Belajar pembagian bersusun puluhan sangat penting karena teknik ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembagian bersusun puluhan, bilangan yang akan dibagi disusun secara bertingkat atau bertumpuk sehingga memudahkan dalam proses pembagian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari teknik pembagian bersusun puluhan ini.

Demikian pembahasan mengenai pembagian bersusun puluhan. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat dan membantu dalam belajar matematika.