Takaran Oli Shock

Takaran Oli Shock Depan pada Motor: Pentingnya Perawatan yang Tepat

Memiliki motor yang selalu dalam kondisi prima dan aman untuk digunakan adalah keinginan setiap pemilik motor. Salah satu hal penting untuk menjaga kinerja motor adalah dengan melakukan perawatan yang baik, termasuk perawatan pada sistem suspensi, khususnya shock depan. Bagian ini memiliki peran penting dalam kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Untuk memastikan kinerjanya tetap optimal, takaran oli pada shock depan perlu diperhatikan dengan baik.

Ilustrasi Pengecekan Oli Shock Depan di Motor

Pentingnya Takaran Oli Shock Depan

Shock depan pada motor menggunakan sistem peredam yang menggunakan oli khusus. Fungsi oli pada shock depan sangatlah penting untuk menjaga performa dan keawetan komponen. Oli pada shock depan tidak hanya berperan sebagai peredam, tetapi juga sebagai pelumasan bagi komponen internal. Oleh karena itu, takaran oli pada shock depan perlu diperhatikan agar komponen-komponen tersebut tetap berfungsi dengan baik.

Jika takaran oli pada shock depan tidak tepat, maka kemungkinan terjadinya kerusakan akan semakin besar. Ketika takaran oli terlalu sedikit, maka shock depan akan kehilangan kinerjanya dalam menyerap guncangan. Hal ini bisa membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan berisiko tinggi terhadap kerusakan pada komponen lainnya. Di sisi lain, takaran oli yang terlalu banyak juga tidak baik karena dapat menyebabkan shock depan menjadi terlalu kaku dan tidak fleksibel saat menghadapi guncangan.

Apa Itu Takaran Oli pada Shock Depan?

Penjelasan Tentang Takaran Oli Shock Depan Vario 125

Takaran oli pada shock depan adalah jumlah oli yang tepat yang harus diisi ke dalam sistem suspensi bagian depan motor. Takaran ini umumnya diukur dalam mL (milliliter) atau cc (cubic centimeter). Setiap motor memiliki takaran oli yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan modelnya. Kesalahan dalam mengisi takaran oli pada shock depan bisa berakibat buruk pada kinerja motor dan bahkan memperpendek usia pakai komponen suspensi.

Takaran oli yang tepat pada shock depan sangat penting untuk menjaga kinerja suspensi yang optimal. Oli yang kurang dari takaran yang disarankan bisa membuat shock depan kehilangan kemampuan peredamannya. Sebaliknya, jika takaran oli terlalu banyak, maka shock depan akan kaku dan tidak fleksibel.

Bagaimana Cara Mengetahui Takaran Oli Shock Depan Motor?

Untuk mengetahui takaran oli yang tepat pada shock depan motor, Anda bisa merujuk pada buku manual yang disediakan oleh pabrikan. Di dalam buku manual tersebut, biasanya terdapat informasi mengenai spesifikasi dan takaran oli yang harus digunakan. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan mekanik atau bengkel resmi yang memiliki pengalaman dalam melakukan perawatan motor.

Jika Anda tidak memiliki buku manual atau tidak bisa menghubungi mekanik, Anda bisa mencari informasi di internet. Terdapat banyak sumber yang memberikan informasi mengenai takaran oli shock depan berdasarkan jenis dan model motor tertentu.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Takaran Oli yang Berbeda?

Setiap takaran oli pada shock depan motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan ini agar Anda bisa memilih takaran oli yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Takaran Oli Shock Depan pada Motor Honda

Ilustrasi Pengecekan Takaran Oli Shock Depan Motor Mio M3

Mio M3

Takaran Oli Shock Depan: 135 cc

Apa itu: Takaran oli yang disarankan pada shock depan motor Mio M3 adalah sebesar 135 cc.

Biaya: Biaya penggantian oli shock depan bisa bervariasi tergantung dari tempat dan bengkel yang Anda kunjungi. Namun, secara rata-rata biaya penggantian oli shock depan Mio M3 biasanya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Kelebihan: Dengan menggunakan takaran oli yang sesuai, performa shock depan Mio M3 akan tetap optimal. Oli yang tepat akan membantu shock depan bekerja dengan baik dalam menyerap guncangan dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kekurangan: Jika takaran oli tidak sesuai, maka kinerja shock depan Mio M3 bisa terganggu dan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Selain itu, penggunaan takaran oli yang tidak tepat juga bisa memperpendek usia pakai komponen suspensi.

Cara: Untuk mengganti oli shock depan pada motor Mio M3, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Lepaskan cover atau tutup suspensi depan dengan menggunakan obeng atau kunci pas yang sesuai.
  2. Lepaskan tutup vulkanisir yang melindungi baut pengikat shock depan.
  3. Kendurkan baut pengikat shock depan menggunakan kunci pas.
  4. Tarik keluar shock depan dari tangkai atas hingga terlepas dari motor.
  5. Kosongkan isi shock depan dan bersihkan dengan merendamnya dalam pelarut khusus untuk shockbreak atau disebut juga lube cleaner.
  6. Setelah itu, isi oli shock depan dengan takaran yang disarankan (135 cc) menggunakan alat pengisian oli khusus.
  7. Pasang kembali shock depan pada posisinya dengan memasukkan tangkai atas ke dalam lubang yang tersedia.
  8. Kencangkan baut pengikat dengan menggunakan kunci pas sehingga shock depan terpasang dengan baik dan tidak bergeser.
  9. Pasang kembali tutup vulkanisir dan cover suspensi depan.

Spesifikasi: Spesifikasi oli yang disarankan untuk shock depan Mio M3 adalah oli dengan viskositas SAE 10W-30 atau SAE 10W-40.

Merk dan Harga: Untuk merk oli shock depan pada motor Mio M3, Anda bisa menggunakan merk seperti Yamalube, Shell Advance, Motul, atau merk oli lainnya yang telah terpercaya. Harga oli shock depan Mio M3 berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 70.000 per botol, tergantung dari merk dan ukuran botol oli.

Vario 110

Ilustrasi Pengecekan Takaran Oli Shock Depan Motor Vario 110

Takaran Oli Shock Depan: 140 cc

Apa itu: Takaran oli yang disarankan pada shock depan motor Vario 110 adalah sebesar 140 cc.

Biaya: Biaya penggantian oli shock depan Vario 110 bisa bervariasi tergantung dari tempat dan bengkel yang Anda kunjungi. Namun, secara rata-rata biaya penggantian oli shock depan Vario 110 biasanya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Kelebihan: Dengan menggunakan takaran oli yang sesuai, performa shock depan Vario 110 akan tetap optimal. Oli yang tepat akan membantu shock depan bekerja dengan baik dalam menyerap guncangan dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kekurangan: Jika takaran oli tidak sesuai, maka kinerja shock depan Vario 110 bisa terganggu dan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Selain itu, penggunaan takaran oli yang tidak tepat juga bisa memperpendek usia pakai komponen suspensi.

Cara: Untuk mengganti oli shock depan pada motor Vario 110, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Lepaskan cover atau tutup suspensi depan dengan menggunakan obeng atau kunci pas yang sesuai.
  2. Lepaskan tutup vulkanisir yang melindungi baut pengikat shock depan.
  3. Kendurkan baut pengikat shock depan menggunakan kunci pas.
  4. Tarik keluar shock depan dari tangkai atas hingga terlepas dari motor.
  5. Kosongkan isi shock depan dan bersihkan dengan merendamnya dalam pelarut khusus untuk shockbreak atau disebut juga lube cleaner.
  6. Setelah itu, isi oli shock depan dengan takaran yang disarankan (140 cc) menggunakan alat pengisian oli khusus.
  7. Pasang kembali shock depan pada posisinya dengan memasukkan tangkai atas ke dalam lubang yang tersedia.
  8. Kencangkan baut pengikat dengan menggunakan kunci pas sehingga shock depan terpasang dengan baik dan tidak bergeser.
  9. Pasang kembali tutup vulkanisir dan cover suspensi depan.

Spesifikasi: Spesifikasi oli yang disarankan untuk shock depan Vario 110 adalah oli dengan viskositas SAE 10W-30 atau SAE 10W-40.

Merk dan Harga: Untuk merk oli shock depan pada motor Vario 110, Anda bisa menggunakan merk seperti Yamalube, Shell Advance, Motul, atau merk oli lainnya yang telah terpercaya. Harga oli shock depan Vario 110 berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 70.000 per botol, tergantung dari merk dan ukuran botol oli.

Takaran Oli Shock Depan pada Motor Yamaha dan Suzuki

Tiger New/Megapro New

Ilustrasi Pengecekan Takaran Oli Shock Depan Motor Tiger New/Megapro New

Takaran Oli Shock Depan: 180 cc

Apa itu: Takaran oli yang disarankan pada shock depan motor Tiger New/Megapro New adalah sebesar 180 cc.

Biaya: Biaya penggantian oli shock depan bisa bervariasi tergantung dari tempat dan bengkel yang Anda kunjungi. Namun, secara rata-rata biaya penggantian oli shock depan Tiger New/Megapro New biasanya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Kelebihan: Dengan menggunakan takaran oli yang sesuai, performa shock depan Tiger New/Megapro New akan tetap optimal. Oli yang tepat akan membantu shock depan bekerja dengan baik dalam menyerap guncangan dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kekurangan: Jika takaran oli tidak sesuai, maka kinerja shock depan Tiger New/Megapro New bisa terganggu dan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Selain itu, penggunaan takaran oli yang tidak tepat juga bisa memperpendek usia pakai komponen suspensi.

Cara: Untuk mengganti oli shock depan pada motor Tiger New/Megapro New, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Lepaskan cover atau tutup suspensi depan dengan menggunakan obeng atau kunci pas yang sesuai.
  2. Lepaskan tutup vulkanisir yang melindungi baut pengikat shock depan.
  3. Kendurkan baut pengikat shock depan menggunakan kunci pas.
  4. Tarik keluar shock depan dari tangkai atas hingga terlepas dari motor.
  5. Kosongkan isi shock depan dan bersihkan dengan merendamnya dalam pelarut khusus untuk shockbreak atau disebut juga lube cleaner.
  6. Setelah itu, isi oli shock depan dengan takaran yang disarankan (180 cc) menggunakan alat pengisian oli khusus.
  7. Pasang kembali shock depan pada posisinya dengan memasukkan tangkai atas ke dalam lubang yang tersedia.
  8. Kencangkan baut pengikat dengan menggunakan kunci pas sehingga shock depan terpasang dengan baik dan tidak bergeser.
  9. Pasang kembali tutup vulkanisir dan cover suspensi depan.

Spesifikasi: Spesifikasi oli yang disarankan untuk shock depan Tiger New/Megapro New adalah oli dengan viskositas SAE 10W-30 atau SAE 10W-40.

Merk dan Harga: Untuk merk oli shock depan pada motor Tiger New/Megapro New, Anda bisa menggunakan merk seperti Yamalube, Shell Advance, Motul, atau merk oli lainnya yang telah terpercaya. Harga oli shock depan Tiger New/Megapro New berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 70.000 per botol, tergantung dari merk dan ukuran botol oli.

Vario 125

Ilustrasi Pengecekan Takaran Oli Shock Depan Motor Vario 125

Takaran Oli Shock Depan: 210 cc

Apa itu: Takaran oli yang disarankan pada shock depan motor Vario 125 adalah sebesar 210 cc.

Biaya: Biaya penggantian oli shock depan bisa bervariasi tergantung dari tempat dan bengkel yang Anda kunjungi. Namun, secara rata-rata biaya penggantian oli shock depan Vario 125 biasanya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Kelebihan: Dengan menggunakan takaran oli yang sesuai, performa shock depan Vario 125 akan tetap optimal. Oli yang tepat akan membantu shock depan bekerja dengan baik dalam menyerap guncangan dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kekurangan: Jika takaran oli tidak sesuai, maka kinerja shock depan Vario 125 bisa terganggu dan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Selain itu, penggunaan takaran oli yang tidak tepat juga bisa memperpendek usia pakai komponen suspensi.

Cara: Untuk mengganti oli shock depan pada motor Vario 125, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Lepaskan cover atau tutup suspensi depan dengan menggunakan obeng atau kunci pas yang sesuai.
  2. Lepaskan tutup vulkanisir yang melindungi baut pengikat shock depan.
  3. Kendur

Tinggalkan komentar

https://technologi.site/