Tempat Wisata Tangkuban Perahu

Dadan Suradan Pratama

Berlibur ke tempat wisata selalu menjadi pilihan yang menyenangkan bagi kita semua. Salah satu tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Keindahan alam yang dimilikinya tentu saja tak perlu diragukan lagi. Tidak hanya itu, banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh tempat wisata ini yang membuat Anda harus melakukan perjalanan ke sana.

Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu, Anda akan merasakan keindahan alam yang luar biasa. Terdapat banyak tempat menarik yang dapat Anda kunjungi, seperti:

Gunung Tangkuban Perahu - Triptojogja.com

Apa Itu Gunung Tangkuban Perahu?

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung indah yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Lokasi gunung ini sangat dekat dengan kota Bandung, tepatnya sekitar 20 km ke arah utara. Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2084 meter dari permukaan laut.

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Ada beberapa rute yang dapat Anda ambil untuk menuju Gunung Tangkuban Perahu. Anda dapat menggunakan kendaraan umum, seperti bus, motor, maupun mobil. Dari Kota Bandung, Anda dapat menggunakan kendaraan umum dan melewati rute Dago – Lembang – Tangkuban Perahu. Jika Anda ingin menggunakan mobil pribadi, rute yang paling mudah adalah melalui Kota Cimahi – Lembang – Tangkuban Perahu.

Kelebihan Dari Gunung Tangkuban Perahu

Kelebihan yang dimiliki Gunung Tangkuban Perahu sangatlah banyak. Berikut beberapa kelebihan yang dapat Anda lihat:

  • Keindahan alam yang luar biasa
  • Banyak sekali kawasan yang dapat digunakan untuk piknik bersama keluarga atau teman
  • Tempat untuk menikmati kuliner khas daerah Jawa Barat
  • Mempunyai berbagai macam tempat wisata, seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, dan wisata sejarah.

Kekurangan Dari Gunung Tangkuban Perahu

Walau begitu, tidak hanya kelebihan yang dimiliki oleh Gunung Tangkuban Perahu saja. Ada juga sedikit kekurangan yang dihadapi oleh tempat wisata ini, seperti:

  • Letak gunung yang tinggi dan memiliki suhu yang sejuk membuat kita seringkali merasa kedinginan. Pastikan untuk membawa jaket atau pakaian tebal untuk menghindari masalah ini
  • Harga tiket masuk yang cukup mahal
  • Kepadatan orang saat akhir pekan atau hari libur menjadikan kita harus mengantri untuk bisa masuk ke beberapa kawasan wisata

Harga Dan Biaya Masuk Ke Gunung Tangkuban Perahu

Untuk masuk ke Gunung Tangkuban Perahu, Anda harus membayar tiket masuk dengan harga sekitar Rp. 200.000 untuk kendaraan pribadi dan Rp. 20.000 untuk kendaraan umum. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya parkir dengan harga berkisar antara Rp. 5.000 – Rp. 15.000/buah.

Cara Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Untuk menuju ke Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, carilah angkutan yang menuju ke Lembang dan turun di terminal Lembang. Setelah itu, Anda dapat menggunakan ojek atau kendaraan umum lainnya untuk menuju ke Gunung Tangkuban Perahu.
Jika menggunakan kendaraan pribadi, cari arah menuju ke Lembang dari kota Bandung. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga sampai di kawasan Gunung Tangkuban Perahu.

Itulah beberapa informasi mengenai Gunung Tangkuban Perahu yang wajib Anda ketahui sebelum berlibur ke sana. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar liburan Anda menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Liburan Tahun Baru 2021, Ini 21 Tempat Wisata di Kabupaten Subang

Saat ini, Kabupaten Subang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Tak heran jika banyak tempat wisata di sana yang menjadi favorit dikunjungi. Jika Anda sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Subang, berikut ini beberapa pilihan yang dapat Anda coba:

Tempat Wisata di Kabupaten Subang - Pikiran-rakyat.com

  1. Gunung Tangkuban Perahu
  2. Kawah Putih Ciwidey
  3. Curug Cikaso
  4. Kampung Sampireun Resort & SPA
  5. Gunung Gede Pangrango
  6. Karanghawu Beach
  7. Cibuaya Beach
  8. Puncak Darajat Pass Waterpark & Resort
  9. Dusun Bambu Family Leisure Park
  10. Taman Wisata Matahari
  11. Alun-Alun Kota Subang
  12. Kebun Mawar Situhapa
  13. Candi Surawana
  14. Benteng Indramayu
  15. Karang Setra Water Park
  16. Goa Lalay
  17. Taman Selamat Datang
  18. Bukit Tunggul
  19. Museum Sumpah Pemuda Subang
  20. Museum Batik Subang
  21. Makam Sunan Kalijaga

Jangan lupa selalu perhatikan protokol kesehatan dan ingat untuk menjaga kebersihan selama melakukan perjalanan. Selamat berlibur dan menjelajahi keindahan yang dimiliki oleh Kabupaten Subang!